Para desainer muda yang berpartisipasi di ajang Indonesia Teen Fashion Week 2022 di Hotel Aston Kartika, Jakarta, Sabtu (2/7/2022)-Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Indonesia's Girl & Indonesia Teen Fashion Week 2022 Jadi Ajang Unjuk Bakat Anak Muda di Bidang Fesyen

05 July 2022   |   06:25 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tak dipungkiri, Indonesia memiliki banyak talenta muda berbakat di berbagai bidang, tak terkecuali di bidang fesyen. Indonesia's Girl 2022 & Indonesia Teen Fashion Week (ITFW) 2022 pun menjadi ajang unjuk bakat para desainer muda dan modeling remaja. 

Puluhan remaja dari berbagai daerah di Indonesia berlenggak-lenggok menunjukkan kepiawaiannya menjadi model dalam kompetisi modeling, yang dilanjutkan dengan acara fashion show koleksi busana dari para desainer muda yang digelar di Hotel Aston Kartika, Grogol, Jakarta Barat, Sabtu (2/7/2022).

Derry Dahlan selaku Founder Indonesia's Girl & ITFW mengatakan bahwa Indonesia's Girl memiliki visi untuk dapat membantu dalam membangun karakter para generasi muda, dengan menyalurkan bakat mereka pada awal karier mengarungi dunia hiburan, khususnya dunia modeling di Tanah Air.

Baca jugaNafa Salvana Jadi Model Kelas Dunia Berawal dari Warung Pecel Lele

"Mereka nanti bisa jadi model catwalk, photo model, presenter, atau model iklan. Saya lihat makin kesini itu sedikit sekali event yang betul-betul menggali potensi anak, mereka hanya lomba terus selesai sedangkan kita itu ada karantina," ujar Derry kepada Hypeabis.id.
 

g

Para pemenang ajang Indonesia's Girl 2022 di Hotel Aston Kartika, Jakarta, Sabtu (2/7/2022)-Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Indonesia's Girl tahun ini merupakan penyelenggaraan ketiga yang diikuti oleh 60 peserta dari seluruh Indonesia. Mereka adalah peserta yang telah lolos audisi di daerahnya masing-masing. Ajang ini pun terbagi menjadi dua kategori yakni kategori Indonesia's Girl Junior untuk usia 9-12 tahun, dan Indonesia's Girl untuk usia 13-17 tahun.

Derry pun menjelaskan para peserta Indonesia's Girl menjalani model's camp atau karantina selama 5 hari yang diisi oleh para mentor dari berbagai bidang mulai dari model, koreografer modeling, hingga psikolog. Selama karantina, para peserta juga saling menilai satu sama lain, di mana penilaian itu menjadi penting untuk menentukan pemenang kompetisi.

"Jadi kita rekap dari itu semua, kita lihat di hari H-nya, eksekusinya bagaimana, apakah itu sesuai dengan yang mereka pilih. Kalau pas, berarti itu juaranya," imbuh Derry.

Jika Indonesia's Girl adalah ajang untuk mencari bakat modeling di kalangan remaja,  ITFW justru menjadi ajang unjuk bakat bagi para desainer muda yang ingin memamerkan koleksi busana rancangannya.

Baca jugaGelar Fashion Show di Paris, Perancang Ini Beberkan Proses Kurasi yang Harus Dilewati
 

fg

Para peserta ajang Indonesia's Girl 2022 di Hotel Aston Kartika, Jakarta, Sabtu (2/7/2022)-Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Tahun ini, ITFW menampilkan koleksi busana dari 26 desainer muda yang telah lolos proses kurasi, yang dibagi menjadi 3 slot fashion show dan masing-masingnya diisi oleh 10-12 desainer. 

Derry menuturkan bahwa ajang ITFW merupakan inisiasi dirinya untuk menciptakan wadah berkreasi bagi para desainer muda Indonesia yang ingin meniti kariernya sebagai seorang profesional di bidang fesyen Tanah Air. 

"ITFW menjadi acara khusus yang dinanti para desainer pemula Indonesia untuk menampilkan beragam kreasi dan koleksi terbaru mereka," ucap Derry.

Selain sebagai wadah bagi para desainer muda untuk mempresentasikan karyanya, ITFW juga menjadi ajang untuk memperluas jaringan bisnis mereka khususnya di industri fesyen Tanah Air. Derry mengatakan bahwa penyelenggaraan ITFW pada tahun kedua ini pun kian mengukuhkan ajang bergengsi itu bagi para desainer muda Indonesia untuk menampilkan karya terbaik mereka.

"Sudah merupakan cita-cita saya agar para perancang muda yang masih minim pengalaman dapat ikut menjadi bagian dari perkembangan industri kreatif Indonesia, khususnya di bidang fesyen yang makin luas," tambah Derry.

Adapun, berikut adalah daftar pemenang 5 besar Indonesia's Girl 2022.


Indonesia's Girl Junior ( 9-12 tahun)

1. Winner : Princess Kimiko Heldey (Palu)
2. Runner-up 1 : Cantika Pardede (Jakarta)
3. Runner-up 2 : Victoria Anita Sandin (Jakarta)
4. Runner-up 3 : Lovely Gloriella (Ambon)
5. Runner-up 4 : Viyona Nur Bintang (Medan)


Indonesia’s Girl ( 13-17 tahun)

1. Winners : Isabelle Christy Putri Rinaldo (Tangerang Selatan)
2. Runner-up 1 : Jenar Sasikirana (Tangerang Selatan)
3. Runner-up 2 : Putri Widhiasari (Jakarta)
4. Runner-up 3 : Damayanta (Medan)
5. Runner-up 4 : Joyce Auguluera S. (Sukoharjo)


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Keren, 3 Mahasiswi Ini Jadi Juara Inovasi Bidang Kecantikan Tingkat Dunia

BERIKUTNYA

10 Artis K-pop dengan Penghargaan Terbanyak hingga 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: