TWICE (Sumber Foto: x/JYPETSWICE)

6 Girl Group K-Pop Masuk Daftar 21 Grup Wanita Terbaik Sepanjang Masa Versi Teen Vogue

02 June 2024   |   18:18 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Majalah Teen Vogue baru saja merilis daftar 21 girl grup terbaik sepanjang masa versi mereka. Diketahui, 6 di antaranya merupakan girl group K-Pop populer yang namanya dikenal secara global. Selain itu, lagu-lagu dan albumnya juga banyak menduduki tangga lagu global.

Mengutip dari Soompi, 21 grup wanita tersebut mencakup grup-grup legendaris yang berjaya dalam beberapa dekade, Destiny's Child, Spice Girls, Girls Aloud, TLC, The Point Sisters, The Shirelles, The Ronettes, The Saints, Fifth Harmony, The Pussycat Doll, En Vogue, Sugababes, dan lainnya.

Baca juga: 9 Jadwal Konser & Fan Meeting K-Pop Juni 2024 di Jakarta, Ada BabyMonster hingga WayV

Teen Vogue sendiri mengungkapkan, girl grup terbaik bukanlah grup yang hanya sekadar mengikuti tren budaya pop. Merekalah yang menciptakan dan mempopulerkan tren tersebut untuk beberapa tahun kedepan. Nah Genhype, yuk simak 6 girl grup K-Pop yang ada dalam daftar tersebut.
 

1. Wonder Girls

 

Wonder Girls. (Sumber foto: JYP Entertainment)

Wonder Girls. (Sumber foto: JYP Entertainment)

Wonder Girls adalah grup wanita asal Korea Selatan yang dibentuk oleh JYP Entertainment. Mereka debut pada February 2007 dengan lagu berjudul Irony. Di awal debutnta, Wonders Girls terdiri dari lima anggota, yakni Yeeun, Sunye, Sunmi, Hyuna and Sohee. Sayangnya Hyuna's memutuskan untuk keluar. Kemudian Yubin ditambahkan ke dalam grup.

“Wonder Girls adalah salah satu pelopor K-pop global pertama, yang menjadi pembuka tur Jonas Brothers di akhir tahun,” tulis Teen Vogue.

Wonder Girls yang dijuluki Retro Queens tersebut menjadi grup Korea pertama yang masuk Billboard Hot 100 pada 2009 dengan lagu andalannya Nobody. Yeeun, Sunye, Sunmi, Sohee, dan Yubin memberikan penghormatan kepada grup klasik dari masa kejayaan label Amerika.
 

2. Twice

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by TWICE (@twicetagram)

 

TWICE merupakan grup wanita yang dibentuk oleh JYP Entertainment. Mereka memulai debutnya pada 20 Oktober 2015 dengan merilis album mini bertajuk The Story Begins dan lagu utamanya Like Ooh-Aah. Mereka mencapai popularitas global setelah meluncurkan lagu Cheer Up pada 2016.

“TWICE mencuri hati kami sejak awal, kesembilan anggotanya, yang terdiri dari Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu, telah mematangkan konsep mereka, tapi tetap tidak pernah kehilangan ciki khasnya," tulis Teen Vogue.


3. 2NE1

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by CL (@chaelincl)

 

2NE1 merupakan girl group besutan YG Entertainmant. Mereka debut dengan lagu FIRE yang dirilis pada 6 Mei 2009. Sejauh ini lagu-lagu mereka yang populer mulai dari I'm The Best, Lonely, Go Away, I Don't Care, dan masih banyak lagi.

“Bicara soal girl grup K-pop yang paling ikonik, 2NE1 menyatakan diri mereka sebagai ‘yang terbaik’, dan sulit untuk membantah hal tersebut. Bom, CL, Dara, dan Minzy memikat pasar musik western dan memecahkan rekor sebagai girl grup K-pop pertama yang memulai tur dunia” tulis Teen Vogue.

Meskipun 2NE1 bubar pada 2016, CL membawa tiga anggota 2NE1 lainnya ke Coachella pada 2022, serta mempersembahkan panggung reuni mereka. Ini merupakan momen yang sangat berkesan bagi penggemar dan penikmat musik di seluruh dunia.
 

4. Blackpink

 

BLACKPINK merupakan girl grup yang debut di bawah naungan YG Entertainment pada 2016. Mereka merilis album debut bertajuk Square One pada 8 Agustus 2016. Kedua lagunya yang berjudul Whistle dan Boombayah menempati nomor satu dan dua tangga lagu Billboard World Digital Songs.

"Mengusung konsep girl crush, seperti seniornya (2NE1), BLACKPINK percaya diri membawa penggemarnya ke tingkat global," tulis Teen Vogue.
 

5. Red Velvet

 

Red Velvet terdiri dari lima anggota, yaitu Irene, Seulgi, Wendy, Yeri, dan Joy. Mereka memulai karier bermusiknya di bawah naungan SM Entertainment pada 1 Agustus 2014 dengan merilis singel Happiness. Nama Red Velvet memiliki gabungan arti, yakni red (merah) melambangkan warna yang menyala serta bergairah dan velvet (sutra) melambangkan citra feminin dan lembut.

“Musik Red Velvet bisa berupa pop yang cerah atau R&B yang lembut, saat mendengarkannya, kita siap untuk merasakan daya tarik girl grup ini,” tulis Teen Vogue.
 

6. Girls Generation

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by (@girlsgeneration)

 

Girls Generation adalah girl grup besutan SM Entertainment pada 2007. Mereka juga dikenal dengan nama SNSD yang merupakan singkatan dari nama grup ini dalam bahasa Korea. Girls Generaton terdiri dari Taeyeon, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun. Sementara Jessica memutuskan untuk keluar pada 2014 lalu.

“Dari I Got a Boy hingga Gee, kita akan sulit sekali menemukan girl grup K-pop dengan nuansa musik yang lebih kuat daripada Girls’ Generation," tulis Teen Vogue.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cara Memilih Hewan Kurban yang Sehat dan Layak untuk Hari Raya Iduladha

BERIKUTNYA

4 Ide Desain Rumah Tanpa Pagar yang Estetis, Dihiasi Tanaman dan Kolam Ikan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: