TWICE, BTS, Epik High. (Dok. JYP Entertainment, BIGHIT Music, Instagram/Tablo @blobyblo)

BTS, Epik High & TWICE Masuk Daftar 50 Lagu Terbaik 2021 versi Rolling Stone

07 December 2021   |   12:41 WIB

Tiga artis dan grup penyanyi Korea Selatan yaitu BTS, Epik High, dan TWICE masuk dalam daftar lagu terbaik tahun 2021 versi majalah Rolling Stones. Mereka menempati jajaran 50 lagu terbaik dalam The 50 Best Songs of 2021 yang dirilis pada Senin (6/12/2021).

Dalam laporan yang disusun oleh tim dari Rolling Stones ini membuka berbagai alasan dan penilaian dari beberapa lagu yang dirilis artis-artis di seluruh dunia, mulai dari aliran lagu hingga makna lagu yang disampaikan oleh para artis di dalamnya.

Daftar ini dimulai dari urutan ke-50 yang ditempati oleh lagu berbahasa Inggris pertama TWICE, The Feels. Dirilis pada 1 Oktober 2021, lagu yang dirilis sebagai single ini dinilai sebagai lagu terbaik karena aliran disko yang digunakan dan lirik yang adiktif yang perlu diperhatikan oleh pasar musik Barat.

"The Feels adalah lagu dengan ledakan energi disko yang bersinar dengan suara bass yang apik, aransemen vokal yang cerdik," tambah perwakilan tim Rolling Stones.

Berselang 10 angka, ada lagu Rosario milik Epik High bersama dengan solois CL dan ZICO. Salah satu lagu utama dari album full-length Epik High Is Here, Pt.1 ini dinilai berbeda secara kedalaman musikalitas jika dibandingkan dengan lagu-lagu K-pop pada umumnya.

Musik dari Rosario diketahui memiliki variasi aliran dalam satu lagu meski lagu ini memiliki basis irama trap yang umum di dalam musik-musik hip-hop.

"Dengan irama trap yang ringan dan lantunan gitar bergaya flamenco, ketiga artis menyanyikan lirik lagu tentang penetapan standar yang bisa diikuti oleh penampilan K-pop," tambahnya.

Terakhir ada lagu Butter dari BTS yang merupakan single berbahasa Inggris pertama dari grup dengan tujuh anggota itu. Rolling Stones mendeskripsikan lagu ini sebagai selebrasi dari berbagai variasi irama, harmonisasi, dan lirik yang membuat orang-orang tertarik untuk mendengarnya.

"Butter menggunakan irama disko yang mirip dengan lagu Dynamite yang hits. Dengan lagu tentang kemenangan mereka sebagai grup, lagu ini memberikan semua orang kesempatan untuk bisa bersinar - dan penambahan remix Megan Thee Stallion membuatnya semakin baik," tuturnya.

Pencapaian ini merupakan yang pertama bagi Epik High dan TWICE, sedangkan ini merupakan yang kedua bagi BTS di majalah tersebut. Sebelumnya pada September tahun ini, BTS tercatat sebagai artis dengan urutan lagu ke-346 dari 500 lagu terbaik sepanjang masa dalam daftar The 500 Greatest Songs of All Time.

Kala itu, lagu Dynamite terpilih menjadi lagu terbaik sepanjang masa karena dinilai menjadi momen penting yang menghancurkan hegemoni bagi BTS dalam upaya memperluas pasarnya ke tingkat dunia.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Wow, Stanford University Punya Kelas Berbasis Realitas Virtual

BERIKUTNYA

Abdulrazak Gurnah Menerima Penghargaan Nobel Bidang Sastra

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: