Contoh beragam jenis junk food. (Sumber gambar : Unsplash/randyfath)

Waspada! 5 Kebiasaan Ini Mengancam Kesehatan Mental

03 July 2022   |   11:14 WIB

Kesehatan mental menjadi hal yang tidak boleh diabaikan. JIka mental terganggu, ini dapat mempengaruhi kesehatan fisik hingga mengganggu kualitas hidup penderitanya. Bahkan jika tidak tertangani dengan baik hingga muncul depresi, keinginan untuk bunuh diri bisa saja muncul.

Ada beragam penyebab kesehatan mental terganggu. Paling banyak terjadi karena peristiwa kekerasan, pelecehan, atau stres berat jangka panjang. Namun demikian, beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari ini juga memicu kesehatan mental, lho Genhype. 
 

Kecanduan media sosial

Menggunakan perangkat teknologi, terutama smartphone sepanjang hari dapat merugikan kesehatan mental kamu. Apalagi kamu sampai kecanduan media sosial, gundah jika tertinggal dari tren, hingga akhirnya membandingkan hidup dengan orang lain. Perbandingan ini menimbulkan rasa kecemasan hingga dan depresi. 

Baca juga4 Cara Jitu Atasi Kecanduan Media Sosial, Coba Yuk!

Coba  lepas dari kecanduan itu. Nikmati keindahan dunia nyata dan berkegiatan untuk membuat mental lebih kuat, ketimbang berselancar di dunia maya yang semu, belum tentu menggambarkan kehidupan yang sebenarnya. 
 

Jarang olahraga

Menurut penelitian yang terbit di jurnal medis JAMA, aktivitas fisik yang kurang dapat menyebabkan demensia dan depresi. Dalam studi yang melibatkan 11.000 orang, mereka yang rutin berolahraga tiga kali seminggu, menurunkan risiko depresi sebanyak 19 persen.

Baca jugaOlahraga Bikin Otak & Mental Sehat, Begini Penjelasannya

Dengan berolahraga, hormon serotonin dan endorfin yang membuat suasana hati kamu bahagia akan meningkat. Oleh karena itu, bergeraklah. Setidaknya jalan santai di pagi hari keliling lingkungan rumah. 


Makan junkfood

Ayam bertepung, pizza, pasta, burger, kebab, donat, kue cokelat, boba, atau makanan siap saji lainnya mungkin pernah atau sering kamu pesan. Dalih lebih praktis dan rasa yang enak dengan beragam inovasi kuliner ini ternyata berdampak pada kesehatan mental.

Baca jugaMau Kurangi Risiko Demensia? Konsumsi 10 Makanan Ini

Biasanya jenis makanan ini tinggi gula, garam, dan lemak yang memperburuk kesehatan mental karena menyebabkan gejala depresi. Pertimbangkan makanan bergizi yang mengandung serat, vitamin, dan minetal untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik kamu. 


Kurang tidur

Tidur kurang dapat membahayakan kesehatan mental kamu. Kurang tidur membuat sel-sel otak sulit berkomunikasi sebagaimana mestinya. “Tidur mempengaruhi segalanya," kata Profesor bidang Psikologi di Bastyr University Diedra L. Clay.

Baca jugaIni Manfaat Posisi Tidur Telentang

Kata Clay tidur mempengaruhi emosi, kesehatan mental, fungsi tubuh, dan regenerasi sel. Kamu harus mendapatkan tidur berkualitas 7-8 jam setiap harinya untuk menjaga kesehatan mental. 


Terjebak hubungan toxic

Hubungan yang toxic karena saling egois, dipenuhi kekerasan, maupun merugikan secara finansial pastinya menguras emosi jiwa. Ini pada gilirannya menimbulkan kecemasan hingga depresi. 

Baca jugaIkuti 4 Tips Ini Buat Membangun Hubungan yang Lebih Sehat

Oleh karena itu, sebaiknya keluar dari zona tersebut jika ingin mental kamu tetap sehat dan sejahtera. Hubungan toxic ini bukan hanya terjadi antara pasangan kekasih namun juga pertemanan bahkan keluarga.  


Baca juga: Gita Carla
SEBELUMNYA

Unik, Desainer Prettycia Haqni Tampilkan Koleksi Bertema Zodiak di Ajang Indonesia Teen Fashion Week 2022

BERIKUTNYA

Mengenal Eksotisme Dubai & Abu Dhabi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: