Ilustrasi (dok. Pexels)

Ini Manfaat Posisi Tidur Telentang

16 September 2021   |   09:57 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kualitas tidur sangat penting untuk menunjang aktivitas pada esok hari dan memberikan efek yang baik untuk kesehatan tubuh. Sayangnya, tidak sedikit orang yang kesulitan mendapatkannya. Berguling kesana-kesini namun tidak kunjung terlelap hingga fajar. 

Melansir Times of India, Kamis (16/9/2021), ternyata posisi tidur telentang dapat membantu mengatasi masalah tidur di malam hari loh. Posisi ini nyatanya juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. 

Tidur telentang secara konsisten membantu menyelaraskan tulang belakang, meredakan ketegangan pada otot, mengurangi penumpukan di sinus, dan mengurangi tekanan pada dada, semua masalah yang dapat membuat kamu tetap terjaga hingga larut malam.

Melatih tubuh untuk tertidur telentang mungkin sulit pada awalnya, tetapi seiring waktu kamu akan terbiasa kok. Tidak apa-apa jika kamu berguling ke samping kanan atau kiri setelah tertidur. 

Secara umum, semua posisi tidur baik kecuali tidur tengkurap, namun tidur telentang dapat mengurangi refluks asam lambung. Tidur telentang dapat mencegah hal ini dan meningkatkan pencernaan makanan yang lebih baik. Saat tidur, pastikan untuk mengangkat kepala kamu cukup tinggi sehingga posisi kerongkongan berada di atas perut ya.

Selain itu, tidur telentang dapat mengurangi kerutan dan garis halus di wajah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa saat kamu tidur dengan wajah menempel bantal, risiko munculnya kerutan lebih tinggi. Tidur telentang juga mencegah retensi air dan terlalu banyak darah berkumpul di bawah mata loh.

Mengubah posisi tidur hanya salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tidur. Ada beberapa faktor lain yang dapat menunjang kenyamanan saat tidur seperti kasur, bantal, dan lingkungan tidur kamu. 

Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan kualitas tidur, sebaiknya pilih kasur yang nyaman untuk berbaring, begitu pula dengan bantal yang empuk. Selain untuk menunjang leher atau kepala, kamu bisa menaruh bantal di bawah lutut atau punggung bawah. 

Sebelum tidur, lakukan peregangan, ambil napas dalam-dalam, dan cobalah tidur pada waktu yang sama setiap malam.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Screen Time Bikin Mata Lelah, Begini Cara Mencegahnya

BERIKUTNYA

Simak 3 Tips Desain Interior Minimalis khas Skandinavia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: