Ilustrasi (Dok. Ketut Subiyanto/Pexels)

4 Cara Jitu Atasi Kecanduan Media Sosial, Coba Yuk!

29 December 2021   |   08:57 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ponsel pintar kini berfungsi untuk banyak kebutuhan, seperti jejaring sosial dan layanan keuangan. Meski memiliki banyak manfaat yang bisa memudahkan aktivitas harian, nyatanya terlalu sering menggunakan gawai juga bisa menimbulkan perilaku kecanduan, salah satunya terhadap media sosial.

Sebuah penelitian di Amerika pada tahun 2018 menemukan bahwa orang-orang di seluruh dunia mengakses internet rata-rata menghabiskan waktu 144 menit di media sosial setiap hari. 

Padahal, penelitian lain menunjukkan bahwa hanya dengan membatasi penggunaan media sosial selama 30 menit setiap hari bisa menjadi cara optimal untuk menjaga kesehatan mental.

Untuk menghilangkan kecanduan media sosial, sebenarnya tidak perlu meninggalkan sepenuhnya. Kamu hanya perlu konsisten untuk menerapkan batasan penggunaan. 

Seorang konselor kesehatan mental berlisensi di Family Addiction Specialist, Lin Sternlicht, memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kecanduan media sosial seperti dilansir dari Insider, Rabu (29/12/2021).


1. Biasakan tanpa media sosial


Cobalah menantang diri kamu sendiri untuk tidak memeriksa media sosial untuk jangka waktu tertentu, seperti selama beberapa jam, seharian, bahkan seminggu penuh.

Menurut Sternlicht, sebuah studi pada tahun 2019 menemukan bahwa beberapa siswa yang beraktivitas selama lima hari tanpa media sosial mengalami ketenangan, meskipun beberapa yang lainnya masih ada yang merasa takut ‘ketinggalan’.


2. Matikan notifikasi


Kebanyakan orang membuka media sosial tanpa berpikir, sehingga kamu perlu membuat penghalang kecil dengan mematikan notifikasi.

Jika kamu tidak melihat ikon atau peringatan media sosial setiap kali mengangkat telepon, kemungkinan kecil kamu akan menghabiskan waktu untuk berselancar di media sosial.

(Baca juga: Intip 5 Tren Media Sosial untuk Bisnis yang Relevan Diterapkan)
 

Ilustrasi  (Dok. Mikotoraw Photographer/Pexels)

Ilustrasi (Dok. Mikotoraw Photographer/Pexels)


3. Tetapkan batasan dan patuhi


Sebagian besar ponsel memiliki fitur untuk melihat berapa lama waktu yang dihabiskan untuk aplikasi tertentu. Dengan begitu, kamu bisa mulai menetapkan batasan waktu untuk bermain media sosial dan mematuhinya.

American Academy of Pediatrics bahkan merekomendasikan kepada anak-anak remaja, agar penggunaan media sosial mereka tidak mengganggu beberapa aktivitas seperti makan bersama keluarga, olahraga, dan istirahat.


4. Gunakan waktu untuk hobi


Sternlicht mengatakan hobi atau aktivitas baru dapat membantu mengurangi hasrat untuk bermain sosial media. Dengan begitu, kamu waktu untuk bermain sosial media akan berkurang karena aktivitas bersosialisasi dengan orang lain secara langsung.

“Dengan begitu, kamu bisa mengisi waktu luang dengan hal-hal yang kamu nikmati dan tentunya baik untuk dirimu,” kata Sternlicht.



Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Tak Perlu Renovasi, Ini 4 Trik Bikin Rumah Tampak Berkelas

BERIKUTNYA

Yuk Simak Investasi yang Punya Prospek Positif pada 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: