Ilustrasi junk food. (Dok. NeONBRAND dari Unsplash)

7 Tips Mudah Mengurangi Makan Junk Food

11 November 2021   |   09:32 WIB

Like
Keinginan untuk mengonsumsi junk food menjadi salah satu kekhawatiran yang selalu muncul, ketika Genhype memutuskan melakukan cheating dalam pola makan sehari-hari. Meski kadang memuaskan keinginan akan makanan tertentu, konsumsi yang terlalu sering bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Konsumsi junk food tidak hanya mengganggu kesehatan tubuh karena adanya ketidakseimbangan kandungan yang masuk ke dalam tubuh, tetapi juga bisa mencegah tubuh untuk melakukan pola makan yang sehat. Jika sulit untuk mengurangi konsumsi junk food, berikut tujuh tips yang bisa diaplikasikan.
 

1. Konsumsi Protein

Makanan dengan kandungan protein bisa menjadi salah satu alternatif yang lebih sehat, karena protein bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi adanya keinginan untuk makan makanan tertentu. Beberapa opsi protein bisa didapatkan dari sayuran, kacang-kacangan, dan ikan.
 

2. Jaga Hidrasi

Minum air putih diketahui memiliki sensasi atau rasa yang sama terhadap tubuh yang sedang lapar, sehingga konsumsi air putih bisa dilakukan jika Genhype mengalami keiginan akan makan makanan yang tidak sehat. Selain itu, air putih juga bisa meredakan rasa haus.
 

3. Makan Lebih Sering

Keinginan untuk makan makanan tertentu adalah wujud dari rasa kenyang yang belum terpuaskan. Coba untuk konsumsi makanan yang sehat seperti sayuran dan buah dengan tambahan makanan pendamping yang sehat. Makan-makanan ringan bisa mengurangi keinginan tersebut.
 

4. Tidur Cukup

Layaknya konsumsi air putih yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh, tidur dengan durasi yang cukup setidaknya 6-8 sehari bisa mengurangi keinginan untuk makan junk food atau makanan manis.
 

5. Kunyah Makanan Dengan Menyeluruh

Mengunyah makanan dengan menyeluruh hingga halus bisa mengurangi rasa kenyang, sehingga berdampak pada rasa kenyang yang lebih lama dan tidak adanya keinginan untuk menambah makanan tertentu.
 

6. Tambahkan Camilan Sehat

Cara yang bisa dilakukan dalam merancang menu harian adalah menyisipkan beberapa opsi camilan sehat, misalnya popcorn, kacang-kacangan dan biji-bijian, hingga keripik panggang buatan sendiri. Camilan ini bisa dibuat sendiri dengan durasi yang tidak lama dan dengan bahan yang mudah diakses.
 

7. Hindari Makanan Pemicu Craving

Setiap orang memiliki makanan yang memicu keinginan untuk makan makanan tertentu yang tidak sehat. Beberapa di antaranya merasa bahwa makanan manis seperti donat dan bubble tea adalah pemicunya, lainnya merasa bahwa makanan asin dan pedas seperti burger dan kentang goreng adalah pemicunya. Pastikan untuk tidak membawa pulang makanan-makanan tersebut.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Riset dari TikTok Ini Menunjukkan Indonesia Adalah Negara Kpopers

BERIKUTNYA

Bahaya, Polusi Air Ini Sebabkan Kerusakan Saraf dan Paru-paru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: