Disya Arinda, Evi Mariani & Kalis Mardiasih (Dok. Twitter)

Intip Profil 5 Perempuan Inspiratif dari Kreator Konten hingga Peneliti Konservasi

08 March 2022   |   20:10 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

5. Evi Mariani-Redaktur Senior, Direktur dan Co-founder Projectmultatuli.org 
 

Dok. Twitter

Dok. Twitter



Evi Mariani Sofian, atau Evi, adalah seorang redaktur senior yang telah lama malang-melintang di dunia jurnalisme Indonesia dan banyak memberikan “suara” bagi mereka yang membutuhkannya. Sebagai seorang wartawan senior, Evi memiliki pengalaman tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Amerika Serikat saat terpilih menjadi salah satu penerima beasiswa Hubert Humphrey Fellowship pada tahun 2011 - 2012.

Karya tulis jurnalistiknya telah diterbitkan di berbagai media terkenal di Indonesia dan di luar negeri, seperti The Jakarta Post and The Guardian. Saat ini, dia menjabat sebagai direktur dan co-founder dari Project Multatuli (@Projectm_org), sebuah inisiatif jurnalisme yang melayani publik dengan mengangkat suara-suara yang dipinggirkan, komunitas-komunitas yang diabaikan, dan isu-isu mendasar yang disisihkan. 
 
Menurut Evi, banyak perempuan sepanjang hidupnya akan pernah merasakan menjadi seseorang yang dicap ‘subversif’, atau semacam pemberontak, hanya karena mereka bicara. Cap pemberontak dan subversif ini, katanya, mungkin menakutkan buat banyak orang karena merasa akan mengalami serangan verbal dari orang-orang yang enggan berubah, orang-orang yang selama ini mendapatkan keuntungan dari ketidakadilan gender ini.

Untuk menghadapi hal tersebut, kata Evi, para perempuan tidak bisa sendirian. Mereka perlu mencari komunitas sebanyak-banyaknya dari berbagai kalangan, apapun gendernya, apapun kelas sosialnya. 

“Perempuan selama ribuan tahun telah menjadi saksi perubahan-perubahan yang dipimpin oleh perempuan yang mendapatkan dukungan dari banyak orang. Perempuan muda harus memimpin perubahan ini, dengan sebanyak-banyaknya sekutu yang berderap marching bersama,” tutur Evi.

Editor: Fajar Sidik

1
2
3
4
5


SEBELUMNYA

Simak Tips Mencegah Obesitas Menurut Ahli Gizi

BERIKUTNYA

Ladies Mau Sukses Berkarier di Startup? Ikuti 5 Tips Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: