Doodle Hari Perempuan Internasional 2022 (Dok. Google)

Google Buat Doodle Spesial Hari Perempuan Internasional, Simak Maknanya!

08 March 2022   |   10:05 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Google ikut merayakan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada hari ini, Selasa (8/3/2022) dengan doodle menarik di laman utama situs pencarian tersebut. Dalam sebuah doodle animasi, Google menampilkan peran perempuan dalam berbagai bidang kehidupan.

Doodle Hari Perempuan Internasional yang diusung Google tahun ini adalah tayangan slide animasi yang akan membawa kita ke seluruh dunia, untuk melihat sekilas kehidupan sehari-hari para perempuan di berbagai budaya.

Dari seorang ibu yang bekerja dari rumah hingga montir sepeda motor yang mengajarkan keterampilannya kepada generasi berikutnya. Setiap ilustrasi yang digambarkan dalam doodle ini dihubungkan oleh sebuah benang merah tentang bagaimana perempuan tampil untuk diri mereka sendiri, keluarga, dan komunitas mereka.

Pada gambar pertamanya, doodle Hari Perempuan Internasional menampilkan potret perempuan yang beragam dari seluruh dunia. Hal ini seolah menjadi pengingat bahwa standar kecantikan pada perempuan harus dihilangkan dari pemikiran kolektif kita.

Slide berikutnya menampilkan seorang ibu yang sedang bekerja di rumah sambil menggendong sekaligus menemani anaknya yang sedang belajar. Hal ini menjadi gambaran bahwa banyak perempuan yang bisa sukses dalam meniti karirnya sekaligus menjalankan perannya sebagai ibu.
 

r

Doodle Hari Perempuan Internasional 2022 (Dok. Google)

g

Doodle Hari Perempuan Internasional 2022 (Dok. Google)

(Baca juga: #BreakTheBias Jadi Tema Hari Perempuan Internasional 2022)

Untuk semakin menegaskan peran perempuan di berbagai bidang, pada beberapa slide berikutnya ditampilkan para perempuan dengan lintas profesi seperti dokter, tukang kebun, pembuat sepatu, perancang busana , montir, hingga fotografer. 

Doodle spesial Hari Perempuan Internasional ini dibuat oleh seorang Art Director perempuan yang berbasis di Kota New York, Thoka Maer. Mengutip laman Google Doodle, Maer menjelaskan latar belakangnya membuat konsep Doodle tersebut. Menurutnya, kehidupan selama pandemi terasa sulit bagi semua orang tak terkecuali perempuan.

Jika pada Doodle tahun-tahun sebelumnya dia cenderung merayakan pencapaian para perempuan yang luar biasa serta menginspirasi gadis-gadis muda untuk bermimpi besar, saat ini realitas telah memaksa perempuan untuk mengalihkan fokus, menyesuaikan prioritas dan berkorban untuk orang lain yang membutuhkannya. 

“Saya sangat berharap bahwa perempuan merasa dilihat dan dihargai untuk apapun yang mereka lakukan saat ini. Bangun di pagi hari dan menjalani hari. Mencuci piring, mempertahankan pekerjaan atau melepaskannya, mengurus diri sendiri dan orang lain. Hal-hal yang sangat mendasar itu telah menjadi pekerjaan besar sejak awal pandemi,” katanya.

Maer juga berharap bahwa semua perempuan dapat benar-benar memilih kehidupan yang ingin mereka jalani dan menerima semua rasa hormat yang layak mereka dapatkan.

Editor: Nirmala

SEBELUMNYA

#BreakTheBias Jadi Tema Hari Perempuan Internasional 2022

BERIKUTNYA

Samsung Akui Ada Serangan Keamanan Siber Terkait Smartphone Galaxy 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: