Wakatobi dikenal karena keindahan koleksi karangnya yang berada di posisi kedua setelah Great Barrier Reef di Australia (Dok. Visit Wakatobi/Instagram)

8 Rekomendasi Destinasi Wisata Bawah Laut Terbaik di Indonesia

30 October 2021   |   15:41 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki lautan yang sangat luas yang menjadikan alam bawah lautnya pun begitu beragam. Dengan keberagaman alam bawah laut yang mengagumkan, tak heran jika Indonesia disebut-sebut sebagai surga diving dunia. Hal itu juga yang menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia.

Kalau kamu adalah seorang penggemar wisata bawah laut seperti snorkeling atau diving, berikut ini adalah rekomendasi wisata bawah laut di Indonesia yang wajib kamu kunjungi.
 

1. Pulau Weh, Aceh

Ada beberapa spot diving di Pulau Weh yang bisa kamu kunjungi seperti Batee Tokong. Spot satu ini menjadi habitat bagi banyak populasi makhluk laut yang jarang ditemui seperti hiu.

Ada juga spot diving Pantee Peunateng yang menyimpan ribuan makhluk bawah laut yang indah dan rumah bagi banyak terumbu karang dan batuan koral yang cantik.

Baca juga7 Tip Diving untuk Pemula agar Menyelam dengan Aman
 

2. Pantai Tulamben, Bali

Sebagai destinasi yang dijuluki pulau seribu pantai, tak heran jika Bali juga memiliki banyak keindahan wisata bawah lautnya. Salah satu spot diving terindah di Bali adalah di Pantai Tulamben yang merupakan incaran para wisatawan dalam dan luar negeri.

Di spot ini, kamu bisa melihat biota laut yang masih sangat terjaga dan banyak terumbu karang cantik. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat langsung bangkai kapal USS Liberty yang karam di spot ini lho.

(Baca juga: Kangen Berat Liburan Memunculkan Fenomena Revenge Travel)
 

3. Pulau Komodo, NTT

Terletak di jantung segitiga terumbu karang Asia Pasifik, Taman Nasional Komodo menjadi salah satu surga bawah laut terkaya di dunia. Kamu akan melihat keindahan terumbu karang tiada dua, hingga beragam spesies ikan yang cantik di bawah permukaan airnya.

Menariknya, di Taman Nasional Komodo kamu bisa berinteraksi dengan ikan pari manta, hiu, hingga dugong yang memiliki habitat di sana. Tidak heran jika Taman Nasional Komodo menjadi spot diving favorit di Indonesia.
 

4. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Spot satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi para divers. Sebagai salah satu spot diving terbaik di Indonesia, Wakatobi dikenal karena keindahan koleksi karangnya yang berada di posisi kedua setelah Great Barrier Reef di Australia. Ini juga yang menjadikan Wakatobi sebagai kawasan Karang Penghalang (Barrier Reef) terbesar di Indonesia.

Di bawah laut Wakatobi, setidaknya hidup sekitar 942 spesies ikan dan 750 spesies terumbu karang yang bisa kamu lihat, termasuk salah satu habitat dari lumba-lumba, penyu, hingga paus.
 

Taman laut Bunaken terletak di wilayah perairan ‘segitiga emas’  atau berada di perairan yang menghubungkan laut Filipina, Laut Papua, dan Indonesia (Dok. Tour Bunaken/Instagram)

Taman laut Bunaken terletak di wilayah perairan ‘segitiga emas’ atau berada di perairan yang menghubungkan laut Filipina, Laut Papua, dan Indonesia (Dok. Tour Bunaken/Instagram)

1
2


SEBELUMNYA

Menelisik Kehidupan Amerika Serikat Tahun 1957 di Teaser Film West Side Story

BERIKUTNYA

Dua Film Horor Last Night in Soho dan Antlers Ramaikan Hollywood

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: