Scuba diving adalah kegiatan yang memberikan pengalaman berbeda dengan menikmati keindahan bawah laut. (Sumber gambar: Unsplash/Sebastian Pena Lambarri)

7 Tip Diving untuk Pemula agar Menyelam dengan Aman

18 October 2022   |   15:52 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Selain berenang, kegiatan menyelam atau scuba diving belakangan ini mulai diminati banyak orang. Aktivitas  ini memang menyenangkan untuk dilakukan, apalagi Indonesia adalah surganya taman laut dengan terumbu karangnya yang indah.

Scuba diving adalah kegiatan yang memberikan pengalaman berbeda dengan menikmati keindahan bawah laut lewat biotanya yang beragam. Kata scuba merujuk pada alat bantu pernapasan yang digunakan selama menyelam.

Nah, bagi Genhype yang ingin melancong ke taman wisata bawah laut, yuk simak tip-tip diving yang dirangkum Hypeabis.id berikut agar nantinya saat menyelam tinggal mengikuti perintah instruktur dan tidak kaku memasang alat bantu diving.

Baca juga8 Rekomendasi Destinasi Wisata Bawah Laut Terbaik di Indonesia


1. Dengarkan arahan pemandu

Mendengarkan arahan pemandu diving wajib hukumnya saat sedang menyelam ke dasar laut. Meski sudah merasa mampu, tapi yang mengetahui medan tempat menyelam adalah pemandu. Jadi, perhatikan arahan yang diberikan agar kegiatan diving tetap aman dan terendali.


2. Biasakan diri berada di dalam air

Kegiatan diving biasanya dilakukan dalam jangka waktu tertentu saat berada di dalam laut. Karenanya, penting bagi Genhype untuk membiasakan diri bergerak di dalam air. Untuk menyiasatinya kalian dapat melakukan latihan di kolam renang sebelum menyelam di laut.


3. Hafalkan cara memasang perlengkapan

Menghafal cara memasang peralatan menyelam juga penting dilakukan. Ikuti arahan instruktur lewat langkah-langkah yang berurutan  agar tidak terjadi kesalahan saat memamasang alat diving. Sebelum menyelam minta mereka untuk mengecek kembali apakah pemasangan sudah tepat atau belum.


4. Latih pernapasan

Cara bernapas di air dengan mengunakan alat bantu tentunya berbeda dengan cara bernapas kita sehari-hari. Maka, berlatih pernapasan sebelum menyelam juga penting dilakukan. Hal itu dilakukan agar selama diving Genhype bisa dengan nyaman menikmati pemandangan laut.


5. Hafalkan isyarat tangan

Saat berada di dalam air tentu kita tidak bisa berbicara dengan normal. Maka dari itu digunakanlah bahasa isyarat yang digunakan untuk berkomunikasi selama diving. Hafalkan isyarat tersebut baik-baik, karena setiap isyarat berbeda artinya.

Misalnya, jempol ke atas artinya diminta naik ke permukaan. Sedangkan jempol ke bawah diisyaratkan untuk menyelam lebih dalam. Telapak tangan membentuk gelombang berarti ada masalah. Telapak tangan menarik garis horizontal di leher berarti oksigen habis dan harus cepat naik ke permukaan.


6. Jangan terlalu jauh dengan pemandu

Bagi penyelam profesional sah-sah saja menikmati keindahan taman laut dengan berjalan lebih jauh dari pemandu. Tapi bagi pemula, hal ini akan lebih riskan karena saat terjadi masalah akan sulit dijangkau oleh pemandu. Jadi, tetap jagalah jarak aman dengan mereka.


7. Sadari kedalaman laut

Menyadari kedalaman laut juga penting dilakukan karena keindahan taman laut mungkin akan membuat Genhype terpana dan lupa memperhatikan sekitar. Jadi, jangan lupa untuk terus mengecek kedalaman menyelam kalian dan tetap hati-hati saat diving.

Nah, itulah dia Genhype 7 tip diving yang harus diperhatikan  pemula  saat menyelam di bawah laut. Jadi, sudah berencana mengunjungi taman wisata laut mana nih?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Jin Jadi Anggota Pertama yang Pergi Wajib Militer, BTS Janji Kembali di 2025

BERIKUTNYA

Simak Sinopsis 6 Film Pilihan dari Science Film Festival Edisi ke-13

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: