Man of Steel. (Dok. Warner Bros/DC Comics)

Melihat DC Extended Universe, dari Man of Steel hingga Sekarang

27 September 2021   |   17:16 WIB

Film Superman merupakan salah satu film adaptasi dari komik DC Comics yang populer di kalangan penggemar karakter superhero. Beberapa instalasinya yang terkenal adalah Superman tahun 1978 yang menghadirkan aktor Amerika Serikat Christopher Reeve dan Man of Steel tahun 2013 yang dimainkan oleh aktor Inggris Henry Cavill.

Man of Steel, film reboot yang berfokus pada karakter Superman, telah menarik perhatian karena merupakan instalasi pertama dari semesta DC Extended Universe (DCEU).

Film ini bercerita tentang Clark Kent yang menyadari akan kemampuan supernya setelah mengetahui bahwa dia adalah alien dari planet Krypton dan setelahnya dia mengambil peran sebagai pelindung manusia dari serangan Jenderal Zod yang ingin merusak kehidupan di bumi.

Sebagai bagian dari semesta DC Extended Universe, Man of Steel memulai cerita yang saling berhubungan dengan film atau serial lainnya layaknya apa yang sedang terjadi di dalam semesta Marvel Cinematic Universe. Sebab, setelah film ini ada beberapa film lanjutan yang masih menghadirkan karakter Superman seperti Batman v Superman: Dawn of Justice (2016), Justice League (2017), dan Zack Snyder's Justice League (2021).

 
Superman dalam film Batman v Superman: Dawn of Justice. (Dok. Warner Bros/DC Comics)
Man of Steel sendiri berfokus pada bagaimana Clark Kent atau Kal-El datang ke Bumi saat masih bayi dengan alasan yang tidak bisa dijelaskan. Dia kemudian diadopsi oleh pasangan Jonathan dan Martha Kent dan mengambil persona Superman setelah menyadari kemampuan supernya beserta dengan identitasnya.

Kala itu, Zack Snyder memegang posisi sutradara, Christopher Nolan sebagai produser, dan David S. Goyer sebagai penulis naskah untuk film ini. Sedangkan pemerannya melibatkan Henry Cavill, Amy Adams, dan Michael Shannon sebagai tokoh utamanya.

Setelah itu, karakter Superman kembali hadir dalam film Batman v Superman: Dawn of Justice yang merupakan sekuel dari Man of Steel sekaligus reboot dari serial film Batman. Menariknya, Snyder, Nolan, dan Goyer kembali berkolaborasi dalam film ini dengan beberapa penyesuaian seperti Nolan yang mengisi posisi produser eksekutif dan masuknya Chris Terrio sebagai penulis naskah bersama Goyer.

Berbeda dengan Man of Steel, film ini melihat upaya Batman yang sudah dimanipulasi oleh Lex Luthor untuk mencegah Superman yang diklaim berbahaya bagi masyarakat. Ini menjadi kesempatan di mana Batman ingin mencoba mengalahkan Superman dan Lex Luthor yang ingin memanfaatkan kesempatan melawan superhero yang dijuluki 'Man of Steel' itu.
 
1
2


SEBELUMNYA

Sambut Liga 2 2021, AHHA PS Pati FC Luncurkan 4 Jersey Baru

BERIKUTNYA

Yayasan Jantung Indonesia Gelar Pameran Amal Show Your Heart

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: