Pameran seni rupa dan fesyen Yayasan Jantung Indonesia, Show Your Heart. (Dok. Instagram Yayasan Jantung Indonesia)

Yayasan Jantung Indonesia Gelar Pameran Amal Show Your Heart

27 September 2021   |   18:09 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Yayasan Jantung Indonesia merayakan Hari Jantung Sedunia yang jatuh pada 29 September 2021 serta 40 tahun kehadirannya di Indonesia dengan menyelenggarakan pameran seni dan penggalangan dana bertema Show Your Heart.

Pameran seni rupa dan fesyen ini diikuti oleh 30 perupa dan perancang seperti Angki Purbandono, Davy Linggar, Eddie Hara, Mulyana, Syagini Ratna Wulan, Chitra Subyakto, Ghea Panggabean, Sebastian Gunawa, Major Minor, Tulola Jewelry dan lain lain.

Totalnya ada 11 seniman dengan 21 karya; 19 karya dua dimensi dan 2 karya tiga dimensi; 11 perancang dengan 27 karya; 21 karya fesyen, 3 karya tas, 2 karya perhiasan dan 1 set tableware.

Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia Esti Nurjadin menyampaikan tema Show Your Heart mengeksplorasi makna ganda dari jantung sebagai metafora emosi atau perasaan. 

Sementara makna literalnya, sebagai jantung yang merupakan organ penting untuk manusia.

"Jantung hanya sebesar kepalan tangan, tetapi merupakan otot terkuat di dalam tubuh dan merupakan pusat kelangsungan hidup manusia," ujarnya pada konferensi pers virtual.

Selama berabad-abad, manusia telah menggunakan art (seni) sebagai alat untuk mengekspresikan emosi dan perasaannya. Jantung berfungsi lebih dari sekedar memompa darah tetapi juga mengirimkan pesan ke otak manusia. Proses ini memegang peran yang sangat penting dalam pengalaman emosional seseorang. 

"Pameran dan penggalangan dana ini dimaksudkan untuk mengajak masyarakat untuk menggunakan art untuk meningkatkan kesadaran dan membuat semua orang menjaga kesehatan jantung mereka," tambahnya.

Menurut Deputy Head of Fundraising Yayasan Jantung Indonesia, Cynthia Kemalawati, pameran seni rupa dan fesyen ini juga mengajak para pecinta seni dan desain agar lebih peduli terhadap kesehatan jantung dan kardiovaskular, mendukung ekonomi kreatif.

Adapun seluruh dana yang diperoleh dari pameran ini akan disalurkan untuk membantu tindakan intervensi, pencegahan dini, serta rehabilitasi anak-anak dengan penyakit jantung dari keluarga pra sejahtera.

Pameran amal Show Your Heart akan dilaksanakan secara virtual pada 9 November 2021 dari Museum Nasional.

"Meskipun kondisinya masih di tengah pandemi, tapi tidak berarti kita tidak bisa menghadirkan ambience pameran sesungguhnya. Kami upayakan agar pameran ini memperlihatkan visual sedekat mungkin dengan aslinya," kata Esti.

Yayasan Jantung Indonesia juga berencana untuk merilis buku dengan format art book yang dikemas dengan visual karya seni dan rancangan fesyan serta pesan untuk hidup sehat.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Melihat DC Extended Universe, dari Man of Steel hingga Sekarang

BERIKUTNYA

Buat Girl Group Baru, HYBE & Mnet Mulai Buka Rangkaian Acara I-LAND 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: