Christopher Reeve (Dok. Google Doodle)

Masuk Google Doodle, Ini 5 Fakta Menarik Sosok Superman Christopher Reeve

26 September 2021   |   10:57 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Aktor Amerika Serikat Christopher Reeve ditampilkan dalam Google Doodle pada Sabtu (25/9) tepat di hari ulang tahunnya yang ke-69. Bukan hanya dikenal sebagai peran utama dalam film Superman 1978, Reeve justru betul-betul menjadi sosok ‘pahlawan’ bagi para penyandang disabilitas.

Kehidupan Reeve berubah drastis sejak tahun 1995, saat dirinya lumpuh dari leher ke bawah akibat kecelakaan sewaktu mengikuti perlombaan olahraga berkuda di Virginia. Kecelakaan itu akhirnya menjadi titik awal Reeve untuk memperjuangkan masalah sosial khususnya yang dialami oleh para penderita cedera tulang.

Untuk lebih mengenal sosok Reeve, simak yuk beberapa fakta menarik tentangnya seperti yang sudah dirangkum Hypeabis.id berikut ini.

1. Aktor terbaik untuk peran Superman
Reeve mengawali debutnya pada tahun 1976 ketika menjadi salah satu pemeran sandiwara A Matter of Gravity dan namanya mulai melejit ketika memerankan karakter Superman pada tahun 1978. Dia dianggap sebagai aktor yang paling pantas memerankan Superman karena dinilai  mampu menghidupkan sosok anak desa dari Smallville Kansas bernama Clark Kent dengan sempurna.

Berkat penampilannya itu, dia banyak dipuji oleh para kritikus dan membuat dirinya memerankan Superman di 4 film sekaligus.
 

Christopher Reeve (Dok. IMDb)

Christopher Reeve (Dok. IMDb)

2. Kalahkan 199 aktor lain untuk peran Superman
Reeve bukan pilihan pertama untuk peran Superman karena dia sebenarnya ditolak oleh produser film tersebut. Produser Ilya dan Alexander Salkind kala itu sedang mencari bintang film mapan seperti Pacino, Steve McQueen atau James Caan. Pasalnya, Reeve lebih dikenal sebagai pemain panggung dan pekerjaan TV, sehingga dianggap tidak mampu mengangkat pamor film. Namun, begitu dia bertemu dengan sutradara Richard Donner pada satu kesempatan casting, Donner langsung tahu bahwa Reeve adalah pilihan yang tepat.

3. Jadi aktivis untuk penyandang disabilitas
Kecelakaan yang membuat Reeve lumpuh dari leher sampai ke tulang belakang membuat perubahan drastis dalam hidupnya. Dia akhirnya menjadi sosok penting bagi para penderita cedera tulang belakang dan beberapa upaya melobi pemerintah untuk mendanai penelitian sel induk embrionik.

Dia juga memperjuangkan peningkatan cakupan asuransi dan pembayaran untuk penyandang disabilitas termasuk menggalang dana untuk para penderita cedera tulang belakang.

Dalam pidatonya di Academy Awards 1996, Reeve juga mendesak komunitas Hollywood untuk lebih banyak membuat film tentang masalah sosial.
 

Christopher Reeve dan Dana Reeve (Dok. Yayasan Christopher & Dana Reeve)

Christopher Reeve dan Dana Reeve (Dok. Yayasan Christopher & Dana Reeve)

1
2


SEBELUMNYA

TWICE Siap Debut Single Bahasa Inggris The Feels dalam Tonight Show Jimmy Fallon

BERIKUTNYA

Perhatikan 7 Hal Ini Buat Mencegah Mobil Terbakar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: