Kunto Aji. (Sumber gambar: Kunto Aji/Instagram)

Kunto Aji Gelar Tur Perjalanan Menawar Racun di 6 Kota 2 Negara, Cek Harga Tiketnya

05 August 2024   |   13:09 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Penyanyi Kunto Aji akan menggelar tur konser bertajuk Perjalanan Menawar Racun. Tur itu akan diadakan di enam kota di dua negara sepanjang Agustus 2024. Dalam tur ini, sang musisi akan membawakan materi-materi dalam Pengantar Purifikasi Pikir, album ketiganya yang dirilis pada September 2023.

Tur Perjalanan Menawar Racun akan dibuka di Malang tepatnya di Preston Coffee pada 14 Agustus 2024, berlanjut di Gor Lembah UGM Yogyakarta pada 16 Agustus 2024, lalu di Ballroom MG Setos Hotel Semarang pada 18 Agustus 2024. 

Dari Semarang, Kunto Aji akan bertandang ke Cornerstone Auditorium Bandung pada 20 Agustus 2024, lalu ke Kuningan City Ballroom Jakarta pada 22 Agustus 2024. Adapun, rangkaian turnya akan ditutup di Zepp Kuala Lumpur Malaysia pada 28 Agustus 2024. 

Baca juga: Rizky Febian Gelar Tur Konser di 10 Kota, Rayakan Satu Dekade Berkarya

Kunto Aji mengatakan berbeda dari konser-konser sebelumnya, tur Perjalanan Menawar Racun akan mengusung konsep pertunjukan musik yang lebih hangat dan intens. Tidak banyak menampilkan sisi teatrikal, dan akan dibawakan secara bersama laiknya bercerita dengan para penonton untuk tumbuh bersama-sama.

"Sebenarnya prototipnya muncul ketika saya main di Krapela, Jakarta Selatan. Kayaknya enak kalau nge-band aja, enggak banyak aksi teatrikal, tidak banyak gimmick seperti era [album] Mantra Mantra. Ya sudah, main band saja, sing along dan macam-macam. Lebih sederhanalah intinya,” ucap musisi kelahiran Yogyakarta itu. 
 

Tur Perjalanan Menawar Racun akan didominasi oleh materi dari album Pengantar Purifikasi Pikir, kendati tidak meninggalkan materi-materi favorit pendengar dari album Generation Y (2015) dan Mantra Mantra (2018).

Rencananya, di setiap titik konser, Kunto akan memainkan sekitar 20 lagu untuk penonton.Tidak melulu soal musik, tapi tur ini juga hendak menyebarluaskan ide penting yang dikandung oleh album Pengantar Purifikasi Pikir.

"Saya ingin sekali pendengar melihat album ini dimainkan live. Karena masih belum banyak yang bisa menyaksikannya dimainkan dengan utuh. Penting untuk bisa memperkenalkannya secara live, supaya bisa sing along bersama-sama," kata musisi berusia 37 tahun itu.

Pengantar Purifikasi Pikir, album ketiga Kunto Aji, mengandung tema tentang proses bertumbuh sebagai manusia. Ide besar itulah yang ingin dibawa dan coba dipresentasikan oleh Kunto Aji lewat serangkaian acara yang menyertai pertunjukan musik di setiap kota yang didatangi.

“Kita dikelilingi oleh kesendirian, kendati sebenarnya sangat terkoneksi lewat media sosial, jadi hyper-connected. Selain konser, saya juga bikin Ruang Tumbuh Bersama untuk jadi menu lain di rangkaian tur ini. Supaya kita semua bisa punya koneksi yang nyata antara satu sama lain,” katanya.

Baginya, interaksi media sosial tidak bisa memuaskan kebutuhan untuk berinteraksi langsung. Salah satu solusinya bisa diatasi dengan melakukan kegiatan di luar rutinitas yang kita punya. Termasuk, tergabung dengan komunitas-komunitas kecil, volunteering, komunitas hobi atau kembali ke keluarga.

Berangkat dari ide itu, nantinya di masing-masing kota yang akan disambangi, Kunto Aji akan mengajak berbagai komunitas lokal untuk mengadakan kegiatan bersama. Satu kota dan lainnya punya konsep kegiatan yang berbeda-beda.

“Kelokalan itu bagian dari jati diri dari pencarian makna. Makanya pencarian terdekat adalah bagaimana kita bisa bermanfaat di lingkungan yang dekat. Mungkin kita menemukan akar kita di situ. Akhirnya jadi melokalkan diri,” ucapnya. 

Baca juga: Aerosmith Pensiun dari Kegiatan Tur Imbas Steven Tyler Cedera Vokal
 

Tur Perjalanan Menawar Racun dibuka di kota-kota besar di Pulau Jawa. Namun, Kunto Aji sebenarnya ingin pengalaman tur konser ini bisa dirasakan oleh pendengarnya di banyak daerah di Indonesia. Akan tetapi, lantaran terkendala masalah logistik, sementara turnya diawali di lima kota besar di Indonesia dan di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Tadinya juga ingin sekali tur ke kota-kota seperti Banyuwangi atau Cirebon. Namun kita juga sama-sama tahu bahwa perekonomian sedang turun. Jadi, secara logistik agak susah. Makanya, diawali di kota-kota ini. Nyempil satu di belakang ada Kuala Lumpur, karena memang demand ada dan sekalian saja ditambahkan di penghujung," katanya.

Untuk mengawali Tur Perjalanan Penawar Racun, Kunto Aji baru saja merilis video musik "Jernih", salah satu lagu di album Pengantar Purifikasi Pikir. Video extended experience  ini berdurasi kurang lebih sepuluh menit dan sudah bisa disaksikan di kanal YouTube resmi Kunto Aji.

"Kalau ketemu, saya pengen ngobrol. Kita bisa bicara apa saja. Saya ingin merasakan banyak pikiran, kenapa kalian bisa mendengarkan musik saya, ingin terkoneksi dengan kalian. Jangan lupa untuk datang ke kegiatan di luar konsernya. Karena kegiatan itu justru yang bikin saya tertarik menjalankan tur ini,” kata Kunto Aji. 
 

Harga Tiket Tur Perjalanan Menawar Racun

Harga tiket tur Perjalanan Menawar Racun pun telah diumumkan. Harga tiketnya dibanderol berbeda-beda di beberapa kota. Untuk konser di Malang, Yogyakarta, dan Semarang  dibanderol dengan harga yang sama, sementara di Bandung, Jakarta dan Kuala Lumpur dipatok dengan harga yang berbeda.

Adapun, tiketnya bisa dibeli di aplikasi Goers untuk tur di Indonesia, dan tur di Kuala Lumpur tiketnya bisa dibeli di situs www.malamgalau.com. Berikut adalah informasi lengkap harga tiketnya. 
 

Malang

Regular: Rp200.000
Berdua: Rp185.000/orang
Berempat: Rp175.000/orang


Yogyakarta

Regular: Rp200.000
Berdua: Rp185.000/orang
Berempat: Rp175.000/orang


Semarang

Regular: Rp200.000
Berdua: Rp185.000/orang
Berempat: Rp175.000/orang


Bandung

CAT 1: Rp250.000
CAT 1-Berdua: Rp232.500/orang
CAT 2: Rp200.000
CAT 2-Berdua: Rp185.000/orang
CAT 2-Berempat: Rp175.000/orang


Jakarta

Regular: Rp250.000
Berdua: Rp232.500/orang
Berempat: Rp200.000/orang


Kuala Lumpur

Standing 1: RM 148
Standing 2: RM 108
Premium Upper Level: RM 198
Diamond Upper Level: RM 168
Royal Box: RM 1.988 

Baca juga: Jelang Rilis Debut Solo, Chanyeol EXO Umumkan Tur Solo Asia Perdana

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

7 Serial Superhero Terbaik di Netflix yang Wajib Ditonton

BERIKUTNYA

Eksklusif Komika Mo Sidik: Pentingnya Special Show di dalam Ekosistem Stand up Comedy

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: