Apartemen The Interlace di Singapura. (Sumber gambar: The Office for Metropolitan Architecture)

Megah dan Keren, Intip 10 Apartemen dengan Desain Terunik di Dunia

16 July 2024   |   13:50 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Apartemen menjadi pilihan tempat tinggal sebagian masyarakat terutama mereka yang menetap di perkotaan. Kebanyakan apartemen memiliki desain bergaya konvensional, sehingga kerap membuat pemiliknya kurang puas dan harus merenovasi huniannya.

Kendati begitu, sejumlah apartemen di berbagai dunia juga hadir dengan desain yang unik dan menarik. Berbeda dengan rumah konvensional, apartemen merupakan hunian dengan luas dan fasilitas yang lebih terbatas. Dalam apartemen biasanya hanya ada kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang duduk yang berada pada satu lantai bangunan bertingkat. 

Baca juga: Melihat Rumah-rumah Berlanggam Arsitektur Tropis ala Mustafa Pamuntjak

Tak seperti rumah pada umumnya, para pemilik apartemen biasanya menemui keterbatasan untuk merenovasi huniannya lantaran ruang yang sempit. Begitupun dengan bentuk bangunan apartemen yang kebanyakan memiliki desain monoton, ruang sempit berbentuk kotak, dan arsitekturnya hanya berupa bangunan lurus menjulang ke atas tanpa ornamen artistik.

Namun, di berbagai belahan dunia, ada banyak apartemen dengan konsep desain yang unik dan menarik, yang menambah nilai seni pada bangunan, alih-alih hanya sebagai tempat tinggal. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah deretan apartemen dengan desain terunik di dunia.


1. The Interlace (Singapura)

The Interlace merupakan apartemen dengan kapasitas 1.000 unit yang berlokasi di Singapura. Sekilas, strukturnya tampak seperti puluhan batu bata yang ditumpuk satu sama lain dengan sejumlah celah. Struktur heksagonal yang unik ini memastikan bahwa setiap unit mendapatkan ruang pandang yang luas dan aliran angin/ventilasi udara bersirkulasi secara merata di setiap unit ruangan di dalam gedung tersebut.

Strukturnya memiliki enam blok yang ditumpuk di atas satu sama lain, dan setiap unit apartemen di 6 blok ini menghadap ke banyak taman dengan pemandangan estetis yang mengelilingi apartemen.  

Berkat desainnya yang unik dan megah, bangunan yang memiliki tinggi 24 lantai dan luas bangunan 170.000 meter persegi ini berhasil memenangkan penghargaan World Building of the Year 2015. Adapun, desain dan konsepnya dikerjakan oleh OMA & Ole Scheeren dan pembangunannya selesai pada 2013. 


2. Cayan Tower (Dubai, Uni Emirat Arab)

Cayan Tower atau yang sebelumnya disebut Infinity Tower merupakan salah satu dari 10 daftar bangunan hunian tertinggi di dunia. Cayan Tower adalah gedung pencakar langit dengan 73 lantai yang terletak di Kota Dubai. Struktur heliksnya yang ikonik banyak dibicarakan di seluruh dunia dan bahkan menarik perhatian banyak wisatawan.

Saat dibuka, Cayan Tower menjadi bangunan hunian bertingkat tertinggi dengan lengkungan 90 derajat. Bangunan ini dirancang oleh perusahaan bernama Skidmore, Owings & Merill SOM Architectural Group dan dikembangkan oleh Cayan Real Estate Company. Bangunan ini dibuka pada 2013 dan memiliki total 73 lantai, di mana 5 lantai di antaranya berada di bawah tanah, sehingga menjadikannya salah satu bangunan hunian yang unik.
 
 


3. HSB Turning Torso (Swedia)

Sering digambarkan sebagai neo-futuristik, HSB Turning Torso adalah salah satu bangunan paling populer di Swedia. Turning Torso juga disebut-sebut sebagai bangunan bengkok pertama di dunia, termasuk merupakan yang tertinggi di seluruh Skandinavia. Penelitian mengatakan bahwa bangunan ini terinspirasi oleh sebuah patung yang disebut Twisting Tower.

HSB Turning Torso memiliki total 54 lantai dan luas bangunan 27.500 meter persegi. Bangunan ini dirancang oleh arsitek Santiago Calatrava dan dimiliki oleh HSB Swedia.


4. Reversible Destiny Lofts (Jepang)

Reversible Destiny Lofts adalah kompleks apartemen di Mitaka Tokyo yang bangunan utamanya memiliki unit-unit dalam tiga bentuk yakni kubus, bola, tabung dan disusun dalam bentuk tumpukan. Bangunan ini dirancang oleh pasangan suami istri arsitek Arakawa dan Gins, yang juga seorang penyair. Bagi mereka, arsitektur yang baik dan menarik dapat memperpanjang umur, sehingga mendorong mereka untuk membuat apartemen yang unik ini.

Karena berbentuk loteng, setiap unit dari apartemen ini memiliki struktur jadul dan memiliki dapur serta beberapa kamar. Satu hal yang menonjol pada bangunan ini adalah penggunaan warna-warna cerah. Seluruh bangunan tampak seperti terbuat dari mainan anak-anak, berwarna cerah dan berbentuk unik.
 
 


5. Apartemen VM (Kopenhagen, Denmark)

Apartemen VM adalah bangunan hunian di Kopenhagen, Denmark yang memiliki ciri khas dua menara yang berdekatan, yang masing-masing diberi nama rumah V dan rumah M. Setiap bangunan memiliki struktur yang menjorok keluar dari setiap unit dalam bentuk huruf V dan M, tergantung apakah mereka berada di rumah V atau M.

Struktur yang menjorok keluar ini biasanya berupa balkon tertutup, yang memberi penghuninya ruang pandang/area rekreasi. Sekilas, bangunan itu tampak seperti memiliki paku di sekujur strukturnya. 

Bangunan ini dirancang oleh JDS Architects & Bjarke Ingels Group. Rumah M memiliki sekitar 95 unit dan rumah V memiliki 114 unit. Bangunan ini dibuka pada tahun 2004 dan pada tahun 2006, memenangkan Penghargaan Forum AID untuk "Bangunan Terbaik di Skandinavia".


6. Container City 1 & 2 (Inggris)

Container City adalah koloni perumahan di London Timur dengan unit hunian yang dibangun dari kontainer pengiriman sebagai bagian dari skema Manajemen Ruang Perkotaan. Ide di balik bangunan ini adalah untuk menghasilkan pengaturan perumahan dan kantor yang dekat dan fleksibel dengan harga terjangkau. 

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Bandara Internasional Dhoho Kediri, Usung Desain Arsitektur Budaya Lokal

Komplek apartemen ini terdiri dari dua tahap, yakni City 1 yang diselesaikan tahun 2001 dan City 2 pada 2002. Sebagian besar unit apartemen memiliki luas seperti unit studio, rendah dalam hal estetika dan ruang tetapi tinggi dalam hal fungsionalitas. Pengaturan ini kemudian mengarah pada pengembangan banyak proyek serupa yang semuanya menggunakan kontainer pengiriman untuk ruang kantor/hunian yang modular, sehingga tampak bergaya namun ramah anggaran.
 
1
2


SEBELUMNYA

Resep Lumpia Semarang yang Gurih dan Renyah

BERIKUTNYA

4 Rekomendasi Drakor Mirip Parasyte: The Grey, Penuh Monster Mengerikan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: