Apartemen The Interlace di Singapura. (Sumber gambar: The Office for Metropolitan Architecture)

Megah dan Keren, Intip 10 Apartemen dengan Desain Terunik di Dunia

16 July 2024   |   13:50 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

7. Nakagin Capsule Tower (Tokyo, Jepang)

Didesain oleh arsitek Kisho Kurokawa, Nakagin Capsule Tower merupakan contoh apartemen berbentuk kapsul pertama di Jepang. Terdiri dari bangunan hunian dan perkantoran sebanyak 140 kapsul, dimana sekitar 30 kapsul digunakan sebagai apartemen, sedang lainnya digunakan untuk area kantor. Sampai Agustus 2017, kapsul-kapsul ini masih disewakan, tapi daftar tunggunya sangat panjang.

Bangunan apartemen ini terdiri dari dua menara yang saling terhubung, masing-masing memiliki 11 dan 13 lantai.  Kapsul bisa digabungkan untuk menciptakan ruang lebih luas. Meski kapsul dibuat dalam produksi masal, tak ada unit yang diganti sejak awal pembangunannya.


8. Habitat 67 (Montreal, Kanada)

Dibangun tahun 1967, Habitat 67 dirancang oleh arsitek keturunan Israel-Kanada bernama Moshe Safdie. Awalnya apartemen ini merupakan bagian dari projek tesis untuk gelar masternya di jurusan arsitektur di McGill University yang kemudian dibangun sebagai pafiliun untuk acara EXpo 67, sebuah perhelatan yang diadakan dari April hingga Oktober 1967.

Lokasi Habitat 67 berada di 2600 Avenue Pierre-Dupuy, bersebelahan dengan sungai Saint Lawrence. Habitat 67 dianggap sebagai landmark arsitektur dan menjadi bangunan yang sangat spektakuler baik di Montreal maupun kanada. Bangunan ini terdiri dari 354 balok beton yang disusun satu di atas yang lain dalam berbagai sudut. Setiap unit hunian di bangunan ini memiliki teras pribadi dan pemandangan lingkungan sekitar yang indah.

Pembangunan apartemen ini didanai oleh pemerintah federal. Habitat 67 memiliki 146 unit hunian yang dilengkapi teras, dengan luas bisa mencapai 83 meter persegi. Dengan ketinggian mencapai 12 lantai, terdapat unit dengan ukuran bervariasi di apartemen ini. Awalnya apartemen terdiri dari 158 unit tapi beberapa unit digabungkan menjadi satu untuk menciptakan unit yang lebih luas.


9. Cubic Houses (Rotterdam, Belanda)

Cubic Houses jadi apartemen unik berikutnya. Apartemen ini dirancang oleh Piet Blom dan dibangun di atas jembatan. Bagian atasnya berbentuk segi enam dan miring 45 derajat dari dasarnya. Disebut juga Kubuswoningen, total luas unit apartemen mencapai 100 meter persegi tapi sekitar seperempat dari luas ini tidak bisa digunakan karena dindingnya bersudut miring.


10. Hundertwasserhaus (Vienna, Austria)

Hundertwasserhaus adalah bangunan apartemen yang didesain oleh seniman Friedensreich Hundertwasser dan Joseph Krawina. Banguan apartemen ini terbilang unik lantaran dikelilingi oleh pepohonan hingga masuk ke dalam bangunan. 

Bagian atap bangunan ini ditutupi oleh rumput, begitupun dengan pohon besar yang tumbuh dari dalam apartemen, serta batang pohon keluar dari jendela. Di dalam bangunan terdapat 53 unit apartemen, 4 kantor, 16 teras pribadi, dan 3 teras umum dengan total 250 pohon. Apartemen ini merupakan gedung yang paling banyak dikunjungi dan telah menjadi bagian dari warisan budaya Austria.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Resep Lumpia Semarang yang Gurih dan Renyah

BERIKUTNYA

4 Rekomendasi Drakor Mirip Parasyte: The Grey, Penuh Monster Mengerikan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: