Qianhai New City Center Landmark (Dok. Sou Fujimoto Architects)

Wow, Desain Menara Terbang Sou Fujimoto Bakal Hiasi Landmark Kota Shenzhen

20 June 2021   |   15:35 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Sebuah kompetisi diadakan untuk merancang menara tengara di distrik Qianhaiwan, daerah yang baru-baru ini mengalami perkembangan perkotaan dan arsitektur yang besar.

Para juri memilih desain dari arsitek terkenal Jepang Sou Fujimoto merancang menara dengan desain yang datang seperti dari masa depan ini terdiri dari 99 pulau terapung, yang akan berfungsi sebagai landmark baru daerah tersebut.
 

 Qianhai New City Center Landmark (Dok. Sou Fujimoto Architects)

Qianhai New City Center Landmark (Dok. Sou Fujimoto Architects)


Usulan desain ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan "Apa arti 'menara' baru di abad ke-21? Bagaimana sebuah menara dapat berevolusi sambil terus menarik perhatian, seperti yang dilakukan Menara Eiffel dan menara mana yang harus menghadap ke teluk?"

Dengan tinggi 268 meter, gugusan menara akan dibangun seolah-olah melayang di udara jika dilihat dari bawah.

Menara ini sebagian besar dibangun dengan baja, serat karbon, kabel kevlar dan beton, sedangkan keseimbangan inti dijaga oleh sistem rangka baja yang terletak di tepi dengan kabel tegangan Kevlar. 

Seluruh struktur disatukan dengan inti terpusat, yang dijaga seimbang dengan kabel bertegangan di seluruh bagian.

Selain lantai yang dibuat khusus untuk pengunjung melihat lanskap dari viewing platform, proyek mendatang juga akan menampilkan restoran dan kafe.

Baru-baru ini, firma arsitektur Jepang itu bersama dengan Donghua Chen Studio di China telah merancang kompleks pameran berskala besar di jantung Distrik Futian berjudul The Shenzhen Reform and Opening-up Exhibition Hall. 

Proyek ini mengadopsi karakteristik kota sebagai pusat kewirausahaan kontemporer, menyambut bisnis internasional yang inovatif dalam struktur yang terinspirasi taman yang dibungkus dengan fasad berlubang putih.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Tips Memilih Laptop yang Pas buat Belajar Daring Anak

BERIKUTNYA

Peringati World Refugee Day, Ini 5 Fakta Penting tentang Sejarah Pengungsi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: