Marcel Sabtizer adalah salah satu pencetak gol bagi tim nasional Austria (Sumber gambar: Tangkapan layar unggahan akun IG EURO 2024)

Ulasan Pertandingan EURO 2024, Kegigihan Austria Bikin Belanda Bertekuk Lutut

26 June 2024   |   08:51 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kompetisi sepak bola antara negara-negara Eropa, yakni UEFA EURO 2024 tengah berlangsung. Ajang yang sedang memasuki babak kualifikasi grup ini menyajikan berbagai macam kejutan bagi para pencinta sepak bola yang ada di dunia. 

Kejutan paling anyar datang dari tim nasional Belanda yang kandas dari Austria. Tim berjuluk Oranje itu kalah dengan skor 2-3 dalam pertandingan yang berlangsung selama 90 menit, sehingga berada di posisi tiga Grup D.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada Selasa, 25 Juni 2024 tengah malam itu, Austria yang berada di posisi tiga sementara tampil agresif. Mereka langsung menggempur pada menit-menit awal pertandingan. Tidak hanya itu, selama 90 menit pertandingan, Austria juga menunjukkan daya juang yang tinggi. 

Keinginan mereka untuk lolos dari babak kualifikasi grup begitu besar. Meskipun Belanda beberapa kali berhasil menyamakan kedudukan, mereka tidak putus asa. Selain itu, para pemain Austria juga tidak terpengaruh dengan nama-nama besar penggawa Oranje. 

Baca juga: Cetak Rekor Baru, Cristiano Ronaldo Buktikan Diri Jadi GOAT EURO 2024

Kegigihan para pemain yang mengenakan seragam putih itu membuat unggul lebih dahulu. Tekanan yang diberikan sejak awal berbuah manis. Austria mampu unggul 1-0 lewat gol bunuh diri pemain Donyell Malen. Proses gol berawal dari pemain depan Marko Arnautovic yang melihat Marcel Sabitzer berada di sisi kanan pertahanan Oranje dan memberikan umpan.

Sabitzer yang mendapatkan umpan langsung menggiring bola ke depan dan berusaha mencoba melepaskan umpan rendah ke dalam kotak penalti dengan tujuan Marko Arnautovic.

Pemain Belanda, Donyell Malen datang untuk menghalang laju bola. Sayang, bola justru mengarah ke gawang tim sendiri yang dijaga oleh Bart Verbruggen. Gol pun terjadi pada menit 5:46, dan membuat Austria unggul 1-0.

Para pemain Belanda berusaha membalas gol yang terjadi dengan terus melakukan serangan. Malen dengan nomor punggung 18 hampir menebus kesalahannya ketika mendapatkan umpan terobosan dari tengah. Namun, bola tendangannya ke sisi sudut bawah tiang jauh gawang Austria masih melebar.

Di sisi lain, Austria juga tidak mengendurkan serangannya dan berusaha menambah gol. Berbagai peluang diciptakan oleh kedua tim. Namun, tidak ada gol lain yang tercipta sampai wasit meniup peluit dengan panjang sebagai tanda babak pertama usai.

Pada babak kedua, jual dan beli serangan terus terjadi. Tensi tinggi membuat pertandingan ini menjadi sangat menarik untuk ditonton. Pada menit 46:11, Cody Gakpo yang bernomor punggung 11 berhasil membobol gawang Austria, sehingga membuat skor menjadi 1-1.

Gol Gakpo bermula dari keberhasilan pemain Belanda merebut bola dari pemain Austria yang tengah membangun serangan di daerah Oranje. Xavi Simons yang mendapatkan bola segera berlari menggiringnya sampai ke daerah pertahanan Austria untuk melakukan serangan balik. 

Saat hendak memasuki kotak pertahanan Austria, Simons mengoper bola ke Gakpo yang berada di sisi kiri. Gakpo dengan tenang menendang bola dengan keras ke gawang yang dijaga oleh Patrick Pentz.

Austria yang berusaha mencari kemenangan dan lolos ke babak 16 besar tidak tinggal diam dengan skor imbang 1-1. Tim berjuluk Das Team itu pun terus menekan pertahanan Oranje dengan berbagai cara dari berbagai sisi. 

Baca juga: Pepe Pecahkan Rekor Jadi Pemain Tertua di EURO 2024

Usaha para pemain Austria menambah gol membuahkan hasil pada menit 58:29 setelah pemain bernomor punggung 18, yakni Romano Schmid mencetak gol dengan sundulan dan membuat kedudukan menjadi 2-1.

Gol Schmid tercipta setelah Austria berusaha membangun serangan dari sisi kanan pertahanan Belanda. Para pemain yang Austria dengan sabar berusaha menarik pemain Belanda ke sisi kanan pertahanan mereka sebelum salah satu pemain melepaskan umpan terobosan ke Florian Grillitsch. 

Pemain bernomor punggung 10 itu berhasil meraih umpan dan segera mengirimkan bola ke depan gawang. Schmid yang berada di dalam kotak pertahanan Belanda dan tidak terkawal berhasil memanfaatkan operan yang diberikan dengan menyundul bola.

Lagi, Belanda yang tertinggal berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit 74:52. Pemain bernomor punggung 10, yakni Memphis Depay adalah orang yang berhasil memasukkan bola ke gawang Austria.

Gol bermula dari umpan lambung Gakpo ke dalam kotak pertahanan Austria. Kemudian, bola diterima oleh Wout Weghorst dan mengirimkannya ke Depay lewat sundulan. Di depan gawang, pemain yang berposisi sebagai penyerang itu berhasil memasukkan bola.

Perayaan gol sempat tertunda lantaran wasit harus melihat VAR untuk mengecek keabsahannya. Hasilnya, wasit memutuskan bahwa gol yang diciptakan oleh Depay sah. Para pendukung tim nasional Belanda kembali tertunduk ketika tim kesayangan mereka kemasukan lagi pada menit 79:55. Kali ini, pemain Austria Marcel Sabitzer yang menggetarkan jala gawang Belanda.

Sabitzer yang menerima umpan terobosan dari sisi kanan pertahanan Belanda berhasil memasukkan bola dengan tendangan kerasnya dari sudut sempit. Skor 3-2 untuk kemenangan Austria bertahan hingga wasit meniup peluit dengan panjang.

Kemenangan ini membuat Austria lolos ke babak 16 besar dan menjadi pemimpin klasemen Grup D. Sementara itu, Belanda yang sebelum pertandingan berada di posisi dua harus puas mengakhiri babak kualifikasi di posisi 3.

Di pertandingan lain, Prancis yang melawan Polandia hanya mampu bermain imbang, sehingga memiliki poin 5 dan berada di posisi 2. Belanda tetap melaju ke babak 16 besar lantaran menjadi salah satu tim dengan posisi 3 terbaik. Sementara itu, Austria dan Prancis dipastikan sudah mendapatkan tiket untuk bertanding di babak 16 besar ajang ini.

Baca juga: 5 Pemain dengan Nilai Pasar Termahal di EURO 2024: Ada Mbappe dan Florian Wirtz

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resep Udon Kaldu Gurih ala Rumahan, Rasanya Mirip Menu Restoran Jepang

BERIKUTNYA

Daftar Harga Tiket Fan Meeting Kim Ji-won di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: