Ilustrasi makanan Belanda (Sumber: Dutch Kitchen)

3 Jajanan Unik Khas Belanda yang Mesti Kalian Coba

28 May 2021   |   14:04 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, sudah jadi rahasia umum bila masyarakat Indonesia tuh paling senang dengan hal-hal berbau luar negeri. Tak terkecuali makanan ringan. Lihat saja bagaimana populernya makanan ringan dari negara Korea, Taiwan, China, Jepang, Amerika Serikat, dan lainnya. 

Tetapi, Genhype tahu enggak sih kalau negara-negara Eropa juga memiliki jajanan atau cemilan yang enggak kalah lezat? Belanda salah satunya. Negeri yang terkenal dengan julukan negeri kincir ini punya beberapa jajanan yang lezat loh. Tidak kalah dengan kudapan dari negara-negara lain. 

Dutch Kitchen, salah satu dari sedikit gerai yang menjual jajanan khas Belanda di Indonesia membagikan rekomendasi jajanan khas Belanda yang mesti kamu coba nih.

1. Bitterballen
 

Dok. Dutch Kitchen

Bitterballen (Dok. Dutch Kitchen)

Bitterballen merupakan camilan yang umumnya terdiri atas bahan dasar daging, tepung terigu, bubuk pala, cincangan parsley, garam, dan merica. Seperti halnya jajanan kekinian saat ini, Bitterballen juga dilapisi dengan tepung roti dan kemudian digoreng untuk menjadikannya renyah.

Bitterballen di Dutch Kitchen tersedia dalam berbagai isi, mulai dari Chicken Cheese Ballen, Smoke Beef Cheese Ballen, Mushroom Bitterballen hingga Real Beef Bitterballen. Ada juga pilihan Bitterballen berisikan Mozarella.

Kudapan ini disajikan dengan rangkaian makanan pendamping seperti golden finger (seperti nugget) hingga kentang goreng. Uniknya, pengunjung bisa memilih empat varian saus seperti spicy bolognese, spicy maybe, cheesy chiz, hingga smokey BBQ. Harganya terjangkau, mulai dari Rp25.000.

2. Patatje Oorlog/Kentang Goreng Perang
 

Loaded Fries (Dok. Dutch Kitchen)

Loaded Fries (Dok. Dutch Kitchen)

Meskipun kerap disebut berasal dari Perancis atau Belgia, Belanda juga terkenal dengan olahan kentang. Orang Belanda menamai kentang goreng versi mereka dengan nama patatje oorlog atau kentang goreng perang. Nama unik ini didasari oleh banyaknya toping yang bercampur dalam kentang goreng ini yang ramai bercampur seperti layaknya perang.
 
Sedikit berbeda dengan nama di Belanda, Dutch Kitchen menamainya “Loaded Fries” yang berisi kentang goreng, tortilla chips, saus mayonaise, dan parsley. Sama seperti Bitterballen, pengunjung bisa memilih empat varian saus seperti spicy bolognese, spicy maybe, cheesy chiz, hingga smokey BBQ. Harganya terjangkau, mulai dari Rp20.000 saja. 
 
3. Macaroni Schotel
 

Mac n Cheese (Dok. Dutch Kitchen)

Mac n Cheese (Dok. Dutch Kitchen)

Beberapa sumber menyebutkan bahwa schotel erat kaitannya dengan kata schaal yang dalam bahasa Belanda berarti wadah atau mangkok. Oleh karena itu, Macaroni Schotel bisa diartikan hidangan makaroni yang disajikan dalam wadah. Sedikit berbeda, Dutch Kitchen menamai Macaroni andalannya sebagai Mac n Cheese. Satu set Mac N Cheese dihargai Rp36.000 dan disertai kentang goreng.

So, Genhype lebih tertarik untuk cobain yang mana nih?

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Tips Sukses Kencan Pertama Sama Gebetan Online

BERIKUTNYA

Lezatnya Ragam Kuliner khas Osaka Jepang di Momokino

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: