Pepe. (Sumber foto: X/officialpepe)

Pepe Pecahkan Rekor Jadi Pemain Tertua di EURO 2024

19 June 2024   |   18:02 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kompetisi sepak bola negara-negara Eropa, yakni UEFA EURO kian seru. Selain pertandingan yang membuat banyak pencinta sepak bola tegang, berbagai rekor juga telah tercipta. Salah satu di antaranya datang dari bek tim nasional Portugal, Pepe, yang menjadi pemain paling tua.

Dikutip dari laman resmi UEFA, pemain belakang bernama lengkap Kepler Laveran de Lima Ferreira itu memasuki lapangan pada usia 41 tahun 113 hari. Penampilannya di atas lapangan hijau memecahkan rekor yang ada.

Baca juga: Jadwal UEFA EURO 2024: Jerman Bertemu Skotlandia pada Laga Pembuka

“Bek Portugal Pepe menjadi pemain tertua yang tampil di turnamen final UEFA EURO, memecahkan rekor Gabor Kiraly,” demikian tertulis.

Kiraly yang merupakan penjaga gawang asal Hungaria pernah menjadi pemain paling tua di ajang EURO. Dia menjadi yang tertua dengan usia 40 tahun 86 hari ketika tim nasional Hungaria berhadapan dengan tim nasional Belgia di babak 16 besar EURO 2016.

Sebelum Pepe, sebenarnya Lothar Matthaus pernah menjadi pemain dengan usia paling tua pada EURO 2000. Pada saat itu, pemain asal tim nasional Jerman itu berusia 39 tahun 91 hari dengan 150 caps. Namun, usianya belum mempu mengalahkan rekor Kiraly. Kini, Pepe berhasil menjadi yang tertua di ajang kompetisi EURO dan menciptakan rekor baru. 

Pepe mencetak gol pertama di ajang EURO pada edisi 2008 ketika berlangsung di Turki. Pada saat itu, tim nasional Portugal berhasil mencapai perempat final. Pada edisi selanjutnya, yakni EURO 2012, dia berhasil membawa tim nasional Portugal mencapai semifinal ajang yang sama.

Tim nasional Portugal berhasil mencapai final di ajang EURO 2016. Dalam pertandingan itu, dia mendapatkan predikat sebagai pemain terbaik.

Pepe berpotensi menjadi pemain yang kian tua di ajang ini mengingat tim nasional Portugal sejauh ini berhasil mencatatkan hasil positif. Saat bersua dengan Repulik Ceko, Pepe dan kawan-kawan berhasil meraih kemenangan, sehingga menempatkan tim berjuluk Selecao itu di posisi dua Grup F dengan mengantongi nilai 3.

Di posisi pertama, tim nasional Turki yang memimpin Grup F juga tercatat memiliki poin yang sama dengan Portugal, yakni 3 poin. Tim nasional Portugal akan bertemu dengan tim nasional Turki saat pada 22 Juni 2024 dalam lanjutan babak kualifikasi grup.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Sering Dianggap Sepele, Kenali 7 Penyebab Migrain di Tempat Kerja 

BERIKUTNYA

EV Race Simulation 2024 Jadi Ajang Balapan Motor Konversi Pertama di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: