Cristiano ROnaldo (Sumber gambar: Instagram/cristiano)

Cetak Rekor Baru, Cristiano Ronaldo Buktikan Diri Jadi GOAT EURO 2024

23 June 2024   |   11:12 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Dalam kejuaraan EURO, Cristiano Ronaldo adalah Greatest of All Time alias GOAT sejati. Belum pernah ada pesepak bola manapun di Benua Biru yang bisa tampil gemilang sepertinya, yang konsisten mencetak rekor-rekor baru. Dalam EURO 2024, pemain yang identik dengan nomor punggung tujuh itu kembali membuktikannya.

Pada pertandingan antara timnas Portugal vs Turki pada Sabtu (22/6/2024) Ronaldo sukses mengukir tinta emas. Bukan hanya karena ikut andil membawa Portugal lolos ke babak 16 besar, dia juga mencatatkan rekor pribadi yang fantastis.

Baca juga: Fakta Menarik EURO 2024: Turnamen Eropa ke-6 Bagi Cristiano Ronaldo

Dalam pertandingan tersebut, Portugal berhasil meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 3-0 atas Turki. Gol-gol kemenangan Portugal masing-masing dicetak Bernardo Silva (21'), gol bunuh diri Samet Akaydin (28'), dan Bruno Fernandes (55').

Ronaldo memang tidak mencetak gol. Namun, dia turut andil menyumbang satu assist tehadap gol ketiga Portugal yang dicetak Bruno Fernandes.

Semua bermula ketika penyerang berusia 39 tahun ini berhasil menerima umpan dari tengah dan lepas dari perangkap offside. Hal itu sebenarnya membuat Ronaldo berada di posisi bebas dan tinggal berhadapan dengan kiper Turki Altay Buyindir.

Ronaldo yang kerap kali bernafsu membuat gol kali ini bermain tidak egois. Alih-alih menjebloskan bola ke gawang, dia justru menyodorkan bola ke Bruno Fernandes yang berada di sampingnya. Gelandang Manchester United (MU) itu dengan baik menuntaskan sodoran bola Ronaldo menjadi gol.
 

Assist ini rupanya menjadi milestone baru dalam kariernya di dunia sepak bola. Sebab, hal itu membuat Ronaldo menjadi pemegang rekor assist terbanyak sepanjang Piala Eropa digelar.

Ronaldo telah berhasil menyamai rekor Karel Poborsky yang juga mengemas delapan assist sepanjang kariernya. Namun, Ronaldo masih bisa melampaui catatan Poborksy karena dia masih bermain, setidaknya dua laga lagi di EURO 2024. Dia pun bisa menambah pundi-pundi assistnya.

Sebelum meraih rekor assist terbanyak sepanjang masa dalam EURO, Ronaldo sudah terlebih dahulu menasbihkan diri menjadi pemain tersubur. Total, ada 14 gol yang telah berhasil diciptakan pemain Portugal ini sepanjang keikutsertaannya di EURO.

Jumlah ini jauh melampaui Michel Platini, pemain Prancis yang hanya mampu mencetak 9 gol sepanjang kariernya. Di bawah itu, ada nama Antoine Grizmann, Alan Sharer, hingga Alvaro Morata yang hanya mencetak 7 gol.

Lagi-lagi, rekor Ronaldo masih belum berhenti. Sebab, dia masih bisa mencetak gol pada pertandingan EURO yang masih berjalan ini.

Namun, di luar rekor pribadi, pada usianya yang beranjak kepala empat, apa yang masih dilakukan Ronaldo memang luar biasa. Dia masih memberi kontribusi yang signifikan kepada tim dan membuat Portugal lolos ke 16 besar.

Baca juga: Selain Cristiano Ronaldo, Ini 4 Pemain Pencetak Rekor Pertandingan Terbanyak

Ronaldo dan kawan-kawan bahkan berhak menduduki puncak klasemen Grup F dengan koleksi enam poin. Tim berjuluk Selecao ini unggul tiga angka dari Turki yang menempati peringkat kedua. Dua tim lainnya, Republik Ceko dan Georgia, berada di posisi ketiga dan keempat dengan raihan satu poin.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

7 Makanan yang Cepat Memulihkan Energi Setelah Lari Maraton

BERIKUTNYA

7 Film Indonesia Tayang Juli 2024 di Bioskop, Didominasi Horor

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: