Industri kecantikan dan perawatan masih terus mengalami pertumbuhan hingga tahun 2024. (Sumber gambar: Sora Shimazaki/Pexels)

8 Produk Kecantikan & Perawatan Terlaris di E-Commerce Awal 2024

05 June 2024   |   09:46 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Industri kecantikan dan perawatan terus mengalami pertumbuhan tahun ini. Menurut laporan perusahaan riset pasar Compas, nilai penjualan bisnis kecantikan dan perawtan pada kuartal I 2024 mencapai Rp8,9 triliun. Angka ini meningkat sebesar 42 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan angka Rp6,1 triliun.

Data yang dihimpun Compas juga menunjukkan beberapa sub kategori produk kecantikan dan perawatan yang mengalami pertumbuhan tinggi. Sunscreen menjadi produk yang paling pesat pertumbuhan penjualannya pada kuartal I 2023 yakni sebesar Rp424 miliar.

Angka ini meningkat 2 kali lipat atau mencapai 99 persen dari penjualan pada kuartal I 2023 yang hanya mencapai Rp213 miliar. Hanindia Narendrata selaku Co-Founder & CEO Compas.co.id menuturkan pertumbuhan penjualan sunscreen salah satunya dilatar belakangi fenomena heatwave atau cuaca panas yang melanda Indonesia. 

Baca juga: Tren Skincare: Perempuan dan Laki-laki Butuh Produk Perawatan Kulit Simpel untuk Sehari-hari

Banyak orang yang tampaknya sudah mulai sadar akan pentingnya menggunakan sunscreen untuk menjaga kesehatan kulit mereka dari paparan sinar matahari. Adapun, Compas mencatat tren peningkatan penjualan sunscreen secara signifikan terjadi pada Oktober 2023 yang mampu menembus di angka Rp171 miliar, terpaut jauh pada nilai penjualan kuartal I 2023 yang mencatatkan Rp70 miliar.

"Terdapat beberapa brand yang mengalami  peningkatan penjualan sangat tajam, bahkan salah satu brand mengalami pertumbuhan hingga 1.860 persen pada Q1 2024 jika dibandingkan dengan Q1 2023, dari rata-rata nilai penjualan sekitar Rp1 miliar, meroket hingga hampir menembus Rp20 miliar per bulan," jelas Narendrata.

Kategori produk kecantikan dan perawatan lain yang juga mengalami pertumbuhan penjualan cukup besar yakni paket kecantikan. Kategori ini tercatat mengalami pertumbuhan hingga 90 persen di angka Rp914 miliar pada kuartal I 2024, dari yang sebelumnya hanya mencapai Rp481 miliar pada kuartal I 2023.

Lalu, berada di posisi ketiga yakni masker wajah yang mencatatkan penjualan sebesar Rp233 miliar pada kuartal I 2024. Angka ini tercatat meningkat sebesar 64 persen dari nilai penjualan kuartal I 2023 yang hanya mencapai Rp142 miliar. 

Adapun, Compas melakukan riset dengan mengumpulkan data nilai penjualan produk perawatan dan kecantikan di tiga e-commerce terbesar di Indonesia, yaitu Shopee, Tokopedia, dan Blibli. Data dikumpulkan menggunakan metode online crawling yang merekam seluruh aktivitas penjualan toko, baik dari penjualan dari toko resmi maupun nonresmi sepanjang Januari-Maret 2024.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah 8 produk kecantikan dan perawatan terlaris di e-commerce awal 2024, atau kuartal I tahun ini, dihimpun dari laman Dataindonesia.id.


1. Sunscreen

Sunscreen menjadi produk yang paling pesat pertumbuhan penjualannya pada kuartal I 2024 yakni sebesar Rp424 miliar. Angka ini meningkat 2 kali lipat atau mencapai 99 persen dari penjualan pada kuartal I 2023 yang hanya mencapai Rp213 miliar.

Sunscreen atau tabir surya adalah produk perawatan kulit berfungsi untuk melindungi kulit dari pengaruh sinar UV dari matahari yang dapat merusak kulit. Sunscreen sendiri memiliki banyak tekstur atau jenis, mulai dari losion, semprotan, gel, hingga foam
 

2. Paket kecantikan

Kategori paket kecantikan tercatat mengalami pertumbuhan hingga 90 persen di angka Rp914 miliar pada kuartal I 2024, dari yang sebelumnya hanya Rp481 miliar pada kuartal I 2023. Paket kecantikan biasanya berupa paket beberapa produk makeup atau perawatan kulit dari satu brand, yang biasanya ditawarkan untuk mendapatkan formulasi maksimal dengan harga yang terjangkau.


3. Masker wajah

Kategori produk kecantikan dan perawatan ketiga yang mengalami pertumbuhan yakni masker wajah yang mencatatkan penjualan sebesar Rp233 miliar pada kuartal I 2024. Angka ini tercatat meningkat sebesar 64 persen dari nilai penjualan kuartal I 2023 yang hanya mencapai Rp142 miliar. 

Masker wajah biasanya digunakan untuk memberikan nutrisi pada kulit dan membersihkan sisa kotoran serta kulit mati. Namun, manfaat yang ditawarkan bergantung dengan jenis dan bahan yang digunakan dalam masker wajah. Ada masker wajah bentuk bubuk yang perlu diencerkan dengan air, ada yang berbentuk krim siap pakai, serta ada pula yang berupa lembaran atau sheet mask

Baca juga: Begini Tahapan Menggunakan Masker Wajah Biar Hasilnya Maksimal
 

Ilustrasi masker wajah (Sumber gambar: Unsplash/Engin Akyurt)

Ilustrasi masker wajah (Sumber gambar: Unsplash/Engin Akyurt) 

4. Pelembab wajah

Pelembab wajah juga tercatat mengalami penjualan yang signifikan pada kuartal I 2024 yakni sebesar Rp106,3 miliar, dan secara kuantitas terjual sebanyak 849.600 unit. Pelembap wajah atau lebih dikenal moisturizer adalah salah satu rangkaian perawatan kulit yang tidak boleh dilewatkan.

Produk pelembab wajah bermanfaat untuk menjaga kulit wajah tetap lembab. Dengan begitu, kulit akan menjadi lebih sehat, lembut, dan halus. Menjaga kulit tetap lembap juga bisa menghambat munculnya tanda-tanda penuaan. 
 

5. Serum wajah

Menurut data Compas, produk serum wajah mencatatkan penjualan sebesar Rp61,5 miliar pada kuartal I 2024, dan secara kuantitas terjual sebanyak 429.900 unit. Serum wajah merupakan produk perawatan kulit yang kaya akan nutrisi atau bahan aktif tertentu. 

Dengan sifatnya yang ringan di wajah dan mudah menyerap, serum wajah menjadi salah satu produk perawatan kulit yang banyak digemari terutama para wanita. Ada beragam manfaat serum wajah bagi yang rutin menggunakannya, mulai dari melembabkan kulit, menghilangkan noda hitam, hingga mengatasi kerutan. 
 

6. Krim BB CC 

Tak hanya perawatan kulit, produk kecantikan BB CC Cream juga mengalami penjualan yang signifikan pada kuartal I 2024 yakni mencapai Rp36,7 miliar. Adapun, secara kuantitas, telah terjual sebanyak 334.200 unit. Secara umum, krim BB dan krim CC merupakan produk kosmetik multifungsi yang tidak hanya dapat digunakan sebagai produk makeup, melainkan juga untuk merawat kulit wajah. 

Berdasarkan bahan kandungannya, krim BB dan krim CC dapat memiliki beberapa manfaat sekaligus. Contohnya, satu produk krim BB atau krim CC bisa berfungsi sebagai alas bedak sekaligus mengandung pelembap wajah dan tabir surya. 
 

7. Pembersih wajah

Menurut data Compas, kategori produk pembersih wajah mencatatkan penjualan hingga Rp27,5 miliar pada kuartal I 2024, dan secara kuantitas telah terjual sebanyak 307.100 unit. Pembersih wajah merupakan salah satu produk yang penting dalam rangkaian perawatan wajah. Hal ini karena kulit yang sehat dimulai dari kulit yang bersih. 

Jika kulit wajah yang bersih, seseorang bisa terbebas dari berbagai masalah kulit, seperti wajah berminyak atau berjerawat. Pembersih wajah digunakan untuk membersihkan dan memberikan kesegaran pada wajah.

Umumnya, pembersih wajah digunakan 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari. Namun, jika memiliki kulit kering atau sensitif, produk ini cukup digunakan 1 kali dalam sehari. 
 

8. Toner

Toner dikenal sebagai produk perawatan kulit yang fungsinya untuk mengangkat sisa kotoran dari wajah. Toner merupakan produk perawatan kulit yang digunakan pada wajah menggunakan kapas. Teksturnya encer, berbahan lembut, dan tidak iritatif, sehingga cukup aman digunakan untuk membersihkan wajah. 

Selain mengangkat sisa kotoran di wajah, toner juga berfungsi untuk melembabkan kulit, mengatasi jerawat, menghilangkan bekas jerawat, menghilangkan minyak di kulit, hingga menyeimbangkan pH kulit. Menurut data dari Compas, toner mencatatkan penjualan sebesar Rp21,7 miliar pada kuartal I 2024, dan secara kuantitas telah terjual sebanyak 225.700 unit. 

Baca juga: 5 Manfaat Toner untuk Wajah Berjerawat, Bisa Redakan Peradangan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Ramai Film Adaptasi Utas Media Sosial, Ini Kata Pengamat

BERIKUTNYA

Rekomendasi 5 Brand Kaos Polo Retro, Bikin Tampilan Makin Manly

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: