ilustrasi menggunakan skincare (Kalos Skincare on Unsplash)

Ikuti 8 Langkah Sebelum Membeli Produk Skincare

02 September 2021   |   17:02 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Selama masa pandemi, skincare dan perawatan kecantikan menjadi salah satu produk yang cukup diminati. Pasalnya, banyak masyarakat yang makin sadar pentingnya merawat diri dan menjaga kebersihan kulit. Namun, harus tetap berhati-hati dalam memilih skincare agar hasilnya sesuai dengan harapan.

Agar Genhype tidak salah memilih produk skincare yang saat ini banyak dijual di pasaran, ada beberapa hal yang harus dipahami terlebih dahulu seperti disampaikan oleh Claudia Christin, Ph,D. Dermatology dalam BincangShopee 9.9 Super Shopping Day: Potensi Produk Kecantikan Lokal di Era Modern.

1. Ketahui jenis kulitmu
Apakah jenis kulitmu? Pertanyaan pertama yang perlu ditemukan jawabannya saat ingin mengawali perjalanan skincare mu! Terdapat tiga jenis kulit yaitu berminyak, kering ataupun kombinasi. Untuk mengetahui ini, kalian bisa mencoba metode The Bare-faced, Mid-day check, atau Photo check. Tidak lupa untuk perhatikan apakah kulitmu mudah bereaksi terhadap beberapa bahan dalam produk (sensitif) atau tidak mudah bereaksi (resilient)

2. Ketahui kebutuhan kulit
Setiap individu memiliki permasalahan kondisi kulit serta tujuan  yang berbeda. Temukan apa permasalahan kulitmu antara lain seperti berjerawat, hyperpigmentation, kulit tampak kusam, kulit kemerahan, kulit kering atau kerutan halus. Setelah itu, tentukan apa tujuan yang ingin kamu dapatkan untuk kulitmu melalui perawatan yang dilakukan.

3. Cari solusi yang sesuai
Dengan perkembangan zaman, varian produk, bahan baku serta aktif hingga teknologi yang digunakan semakin beragam. Pelajari terlebih dahulu aspek dari produk yang cocok untuk jenis kulit serta goal yang ingin didapatkan. Mulai dari bahan hingga tekstur.

“Jika memiliki kulit berminyak, disarankan untuk memilih produk dengan tekstur yang ringan dan tidak terlalu melembabkan. Apabila kamu memiliki kulit kering, produk yang cocok adalah produk dengan tekstur yang lebih tebal atau creamy,” ujarnya.

4. Tentukan kandungan yang sesuai dengan kondisi kulitmu
Saat ingin memilih produk, perhatikan bahan aktif yang ada dalam produk tersebut. Setiap bahan aktif dapat menjawab permasalahan kulit yang berbeda. Untuk menghilangkan jerawat, kamu bisa mencari produk skincare yang mengandung Salicylic Acid (BHA), AHA, atau Retinol. Jika kamu ingin melembabkan kulit yang dehidrasi, produk skincare dengan kandungan Hyaluronic Acid, Ceramides, atau Propolis akan cocok untuk kulitmu.

5. Ketahui lebih dalam mengenai bahan aktif tersebut
Setelah menentukan bahan aktif apa yang dapat menjawab permasalahan atau kondisi kulit mu, kalian harus mempelajari lebih dalam. Hal ini perlu dilakukan karena terdapat bahan-bahan yang tidak boleh dikombinasikan atau dapat menyebabkan iritasi kulit.

Seperti jangan menggunakan produk yang memiliki bahan aktif Retinoids, Vitamin C, AHA, BHA & Benzoyl Peroxide secara bersamaan. Hal ini karena setiap kandungannya memiliki potensi untuk mengiritasi kulit.

6. Tentukan rutinitas perawatan kulit pagi & malam
Perawatan kulit atau skincare adalah hal yang personal, maka dari itu rutinitas yang dimiliki setiap individu itu biasanya berbeda. Tidak hanya berangkat dari jenis, kondisi kulit serta tujuan nya, tetapi preferensi skincare step layering pun berbeda-beda.

“Skincare step yang basic adalah cleanser, toner, serum, eye cream dan moisturizer. Untuk siang jangan lupa untuk menambahkan sunscreen di akhir ya! Perbedaan skincare routine setiap individu terdapat dalam teknik layering hingga perbedaan kandungan toner maupun serum yang disesuaikan dengan kondisi kulit masing – masing,” terangnya.

7. Cari rekomendasi produk lokal yang sesuai dengan kebutuhanmu
Produk-produk lokal saat ini sangat beragam dan mengandung berbagai bahan aktif dengan kualitas terbaik. Setelah mengetahui bahan aktif yang cocok untuk jenis kulitmu hingga skincare rutin saat pagi dan malam hari, coba cari tahu rekomendasi produk lokal yang cocok dengan kebutuhanmu.

8. Atur pengeluaran untuk perawatan kulit setiap bulannya
Kebutuhan perawatan kulit memang tidak sedikit. Berbagai produk-produk inovatif terus hadir untuk menjawab setiap kebutuhan kulit. Merawat kulit memang penting, tetapi harus disesuaikan dengan bujet yang dimiliki. 


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Yuk Kenali Karakter Kamu dari Jam Tangan yang Dipakai

BERIKUTNYA

Pengguna Nintendo Switch Online Bakal Bisa Mainkan Game Boy & Game Boy Color

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: