Ilustrasi penggunaan masker (Freepik)

Begini Tahapan Menggunakan Masker Wajah Biar Hasilnya Maksimal

03 October 2022   |   21:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Memiliki kulit wajah yang sehat dan cerah adalah impian semua orang. Namun, aktivitas di luar rumah yang padat membuat seseorang menjadi rentan terkena paparan polusi, sinar matahari, dan debu yang membuat wajah jadi kusam serta berjerawat.

Oleh karena itu, perawatan wajah secara rutin menjadi kebiasaan yang penting agar wajah terhindar dari kusam. Salah satu perawatan kulit yang bisa mengembalikan kecerahan dan kesegaran wajah ialah masker.

Baca juga: 5 Faktor Ini Jadi Penyebab Utama Wajah Beruntusan

Penggunaannya yang mudah membuat masker jadi perawatan muka yang gampang dilakukan di rumah. Namun, ternyata ada beberapa orang yang masih salah dalam tahapan penggunaan masker. Lantaran salah tahapan, hasil yang diinginkan pun jadi kurang maksimal.

Meski penggunaan masker atau perawaran wajah harus rutin dilakukan, bukan berarti kamu bisa melakukannya setiap hari. Sebab, penggunaan masker yang dilakukan setiap hari justru bisa membuat kulit kering karena minyak alami tubuh sulit keluar, apalagi ketika kamu menggunakan masker jenis bubuk dan clay.

Beberapa masker, seperti masker eksfoliasi, juga berpotensi merusak kulit jika digunakan setiap hari. Penggunaan masker yang berlebihan bisa mengikis permukaan kulit bawah. Hasilnya, skin barrier jadi rusak, padahal fungsinya penting untuk melindungi kulit.

Umumnya, penggunaan masker hanya diperkanankan 1 kali sampai dua kali per minggu. Pada saat penggunaan, kamu hanya perlu menunggu 15 menit sampai 20 menit sebelum akhirnya dibilas.

Selain soal waktu, kamu juga perlu memperhatikan tahapan-tahapan sebelum dan sesudah memakai masker wajah. Dilansir dari berbagai sumber, berikut tahapan masker wajah yang perlu kamu lakukan.


1. Bilas Muka

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah membilas muka. Kamu bisa mencuci muka dengan sabun yang mengandung scrub agar sel kulit mati ikut terangkat.

Wajah yang bersih membuat manfaat masker jadi lebih berpengaruh. Sebab, wajah bisa menyerap kandungan bermanfaat dari masker secara lebih maksimal.
 

2. Membuka Pori-pori Wajah

Sebelum menggunakan masker, alangkah baiknya kamu mencoba untuk membuka pori-pori wajah terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menggunakan uap steam untuk membuka pori-pori wajah.

Uap panas berfungsi mengeluarkan kotoran dan minyak yang masih menempel di wajah. Jika tidak memiliki uap steam, kamu bisa menggunakan air panas yang ditaruh di mangkuk. Lalu, dekatkan wajah ke area mangkuk supaya uap panas bisa menyentuh kulit.


3. Gunakan Masker dengan Alat

Sebaiknya kamu tidak mengoles masker ke wajah menggunakan tangan. Sebab, tangan yang dipakai untuk mengoles masker bisa saja belum bersih maksimal dan masih menyimpan kotoran.

Tentu kamu tak ingin kandungan masker yang steril jadi terkontaminasi. Oleh karena itu, gunakanlah kuas khusus masker supaya kebersihan lebih terjaga.
 

4. Diamkan Sejenak

Masker yang telah diaplikasikan ke wajah tidak boleh langsung dibilas. Umumnya, masker dibiarkan mengering di wajah dengan sendirinya atau sekitar 15 menit. Setelah itu, kamu bisa membilas wajah dengan air hangat dan pastikan tidak ada sisa masker yang menempel.

Baca juga: Skin Cycling, Perawatan Wajah Viral Sejagat Tiktok


5. Pakai Toner

Jangan lupakan toner setelah memakai masker. Toner penting untuk membantu melembapkan kulit. Selain itu, toner juga bisa membantu menjaga kandungan manfaat pada masker tidak hilang. Jadi, toner adalah rangkaian perawatan pelengkap setelah kamu menggunakan masker.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Penyanyi Niki Akan Tur Konser di Sejumlah Kota di Asia pada Desember 2022

BERIKUTNYA

7 Film Horor yang Tayang di Genflix, Awas Bergidik!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: