Ilustrasi Toner (Sumber foto: Pexels/Polina Kovaleva)

5 Manfaat Toner untuk Wajah Berjerawat, Bisa Redakan Peradangan

02 March 2024   |   14:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Bagi Genhype pemilik wajah berjerawat pasti ngerasain banget ya dengan struggle-nya merawat wajah agar tampil tetap maksimal. Sudah mencoba untuk memakai segala cara agar jerawat tetap hilang, tapi nyatanya jerawat masih saja mendekap di wajah. 

Salah satu hal yang enggak bisa dilewatkan oleh orang dengan wajah berjerawat adalah melakukan rutinitas skincare. Dengan rutin melakukan perawatan wajah, maka jerawat diharapkan akan hilang secara perlahan. Biasanya orang dengan wajah berjerawat cukup menggunakan rangkaian basic skincare. Tak perlu menggunakan banyak produk agar wajah bisa tetap sehat. 

Baca juga: 4 Cara Mencegah & Mengatasi Jerawat di Wajah, Bikin Tampil Lebih Percaya Diri
 

Kulit Berjerawat (Sumber foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Ilustrasi Kulit Berjerawat (Sumber foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Urutan produk skincare yang paling basic digunakan adalah sabun cuci muka, toner, pelembab, dan sunscreen. Namun, biasanya kebanyakan orang melewatkan salah satu rangkaian skincare, yaitu toner. Padahal manfaatnya juga sama penting dengan produk perawatan wajah lainnya. Hanya saja, banyak orang sering mengabaikannya. 

Apalagi bagi kalian yang memiliki wajah berjerawat. Toner ternyata sangat direkomendasikan sebab memiliki formula untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mencegah munculnya jerawat di kemudian hari. Selain itu, toner memiliki banyak manfaat yang kandungannya dibutuhkan oleh pemilik wajah berjerawat. 

Apa saja manfaatnya? Dilansir melalui Dr. Bailey Skin Care, berikut adalah penjelasannya.
 

Manfaat toner


1. Mencegah pori-pori tersumbat

Bagi kalian yang belum tahu, toner dapat membantu membersihkan sisa-sisa kotoran dan minyak di wajah yang dapat menyumbat pori-pori. Kotoran ini adalah pemicu utama munculnya jerawat, sehingga toner dapat membantu mencegah timbulnya jerawat baru.


2. Membersihkan komedo 

Komedo yang tersumbat akan menyebabkan timbulnya jerawat baru. Nah, di sini toner berperan untuk membersihkan komedo pada wajah karena memiliki kandungan khusus yang bernama asam salisilat dan asam glikolat. Jadi wajah bisa terlihat lebih bersih dan kinclong. 


3. Meredakan peradangan 

Terkadang, Genhype merasa kalau kulit meradang karena jerawat, kan? Nah, toner memiliki bahan-bahan anti-inflamasi seperti ekstrak teh hijau atau aloe vera yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit, mengurangi kemerahan, dan mencegah jerawat meradang.


4. Memudarkan noda bekas jerawat

Setelah jerawat pergi, biasanya jerawat meninggalkan bekasnya di wajah. Namun tenang saja Genhype, ada toner yang bisa membantu memudarkan bekas jerawat, jadi kulit terlihat lebih mulus karena beberapa toner mengandung bahan-bahan seperti vitamin C atau niacinamide.


5. Menahan kelembaban kulit

Toner juga bisa membantu menjaga kelembaban kulit karena mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid atau glycerin. Jadi, dapat membantu kulit tetap lembab dan sehat, terutama saat sedang memakai obat jerawat yang kadang bikin kulit menjadi kering.
 

Kandungan toner yang membantu kulit berjerawat


1. Asam salisilat

Asam salisilat merupakan kandungan yang cocok untuk masalah kulit berjerawat. Kandungan ini dapat menembus ke dalam pori-pori berminyak secara mendalam sehingga dapat membantu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. 


2. Witch hazel

Witch hazel adalah bahan utama yang berasal dari salah satu jenis tanaman. Kandungan ini dapat membantu menghilangkan minyak dan residu produk tanpa membuat kulit menjadi kering. Witch hazel juga memiliki sifat antimikroba yang ringan sehingga dapat melawan bakteri penyebab jerawat.


3. Tea tree oil

Toner yang mengandung tea tree oil dikenal ampuh dalam mengatasi kulit berjerawat, menyamarkan pori, menyeimbangkan pH, dan mengurangi minyak berlebih. 


4. Glikolat 

Glikolat adalah jenis asam alfa hidroksi (AHA) yang membantu membersihkan pori-pori dan mencerahkan kulit. Toner yang mengandung asam glikolat cocok untuk kulit yang berjuang melawan jerawat.


5. Glycerin & asam hialuronat 

Kedua kandungan ini berfungsi untuk bahan pelembap yang menjaga kelembapan kulit. Bahan-bahan ini mencegah kulit menjadi kering dan menjaga tampilan kulit agar tetap sehat. 

Baca juga: Cuma Pakai 4 Skincare, Begini Rangkaian Perawatan Kulit Berjerawat yang Simpel

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mengenal Budaya Hanami dan Maknanya Bagi Masyarakat Jepang

BERIKUTNYA

Netflix Rilis Trailer Baru Drakor Chicken Nugget, Cek Sinopsisnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: