Ilustrasi produk ramah lingkungan. (Dok. Anna Oliinyk dari Unsplash)

Ikuti 3 Langkah Ini untuk Beralih ke Produk Perawatan Ramah Lingkungan

25 August 2021   |   21:22 WIB

Buat Genhype yang mempertimbangkan untuk mulai mengganti produk yang selama ini digunakan, terutama produk kecantikan dan  perawatan diri seperti sabun dan shampoo, mungkin akan mengalami sedikit kendala dalam proses peralihan dari yang berbasis kimia ke berbasis ramah lingkungan.

Produk berbasis ramah lingkungan atau clean product didefinisikan sebagai produk yang dibuat tanpa jejak bahan berbahaya yang diformulasikan dengan pertimbangan tidak adanya kejahatan selama pembuatan, serta menggunakan bahan-bahan alami yang didapat secara etis mulai dari bahan produk sampai pengemasan.

Untuk beralih atau berganti produk dari berbasis kimia ke berbahan ramah lingkungan, simak tipsnya yuk!

1. Kenali kulit terlebih dahulu
 

Ilustrasi deskripsi kemasan. (Dok. kevin laminto dari Unsplash)

Ilustrasi perawatan kulit. (Dok. kevin laminto dari Unsplash)

Bagi Genhype yang memiliki masalah kulit akibat penggunaan produk berbasis kimia, hal pertama yang dilakukan adalah mengenal kondisi kulit beserta dengan kebutuhan kulit. Ini bisa dimulai dari mengenal jenis kulit hingga menentukan kondisi kulit melalui pengamatan pribadi dan/atau konsultasi ke dokter kulit atau dermatologis jika ternyata ada masalah kesehatan kulit.

2. Cek bahan pembuatan
 

Ilustrasi deskripsi kemasan. (Dok. Rio Lecatompessy dari Unsplash)

Ilustrasi deskripsi kemasan. (Dok. Rio Lecatompessy dari Unsplash)

Sebelum membeli produk, ada baiknya Genhype melihat bahan pembuatan terlebih dahulu karena ada beberapa jenis bahan yang harus dihindari seperti paraben, sulfat, phthalates, pewangi, dan toluene. 

Bahan produk bisa dilihat dari deskripsi produk pada katalog (jika berbelanja secara daring) dan juga bisa dilihat pada kemasan produk terutama pada kotak pembungkus dan stiker pada kontainer. Jangan lupa juga untuk cek keamanan produknya melalui lisensi atau registrasi produk ke institusi keamanan produk ya!

3. Lakukan secara perlahan
 

Ilustrasi produk ramah lingkungan. (Dok. Toa Heftiba dari Unsplash)

Ilustrasi produk ramah lingkungan. (Dok. Toa Heftiba dari Unsplash)

Penggantian produk kimia ke produk ramah lingkungan membutuhkan penyesuaian karena dalam beberapa kasus ada produk alami yang juga tidak cocok dengan kulit. Jika ingin mulai peralihan, Genhype bisa melakukannya dalam beberapa tahap yang dimulai dari mengganti satu produk yang dilanjutkan dengan produk berikutnya.

??????Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Notebook Angkat Dilema Kisah Cinta dalam Sinopsis Terbaru

BERIKUTNYA

Peneliti AS Temukan Enzim Pemicu Kematian saat Terinfeksi Covid-19

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: