Game Wuthering Waves (Sumber gambar: Kuro Games)

4 Game Open World Mirip Wuthering Waves & Genshin Impact 

26 May 2024   |   14:59 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Judul-judul permainan video dunia terbuka (open world) belakangan tengah menjadi spotlight di industri gim global. Hal ini terlihat dari banyaknya gim bergenre tersebut yang beredar di semua platform dan konsol. Bahkan beberapa di antaranya disambut antusias sejak awal perilisan dan sukses besar hingga sekarang. 

Genshin Impact adalah satunya. Gim besutan HoYoverse ini memang terkesan sudah lawas sebab dirilis pada 2020. Akan tetapi, sampai saat ini, video game open world tersebut masih digandrungi banyak gamer. Statistik dari activeplayer.io mencatat bahwa gim ini dimainkan oleh lebih dari 63 juta orang pada April 2024. 

Baca juga: 10 Video Game Bertema Olahraga Terlaris Sepanjang Masa

Terbaru, perusahaan gim asal China, Kuro Games juga mengembangkan gim open world berjudul Wuthering Waves. Permainan tersebut baru saja dirilis, tepatnya pada 22 Mei 2024 untuk platform komputer (Microsoft dan MacOS) dan seluler (iOS dan Android). 

Gim bertema dunia pasca-apokaliptik futuristik itu telah dinantikan oleh para penggemar karena menampilkan cuplikan gameplay yang menarik, ditambah grafis yang ciamik. Tak ayal, dikutip dari Gamesradar, jumlah gamer yang melakukan pra-registrasi Wuthering Waves mencapai lebih dari 30 juta orang. 

Selain dua judul tersebut, ada banyak permainan dengan format dunia terbuka yang menarik untuk dimainkan. Apa saja? Yuk cek game-game open world mirip Wuthering Waves dan Genshin Impact yang bisa Genhype coba. 
 

1. The Legend of Zelda

  

The Legend of Zelda merupakan salah satu pionir open world dalam sejarah industri gim. Sampai sekarang, sudah banyak judul-judul menarik dalam seri ini yang dikembangkan, menyesuaikan dengan teknologi yang ada pada saat proses dilakukan. 

Dua judul terakhir yang dibuat adalah The Legend of Zelda: Breath of the Wild (BotW) dan sekuelnya  The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom (TotK). Zelda BotW pertama kali dirilis pada 2017 untuk konsol Nintendo Switch dan Wii U. Ini bahkan dianggap sebagai inspirasi dari gim populer Genshin Impact. 

The Legend of Zelda, baik BotW maupun TotK, mengusung konsep permainan aksi penjelajahan dengan dunia yang luas. Gim ini punya semua elemen dasar dari sebuah gim open world seperti menjelajah, memanjat, berenang, mengumpulkan item makanan, senjata sampai memecahkan teka-teki yang menarik untuk diikuti. 
 

2. Tower of Fantasy 


Hotta Studio, anak perusahaan dari perusahaan gim China Perfect World, juga membuat game open world yang ketika itu disebut-sebut sebagai Genshin Impact killer. Judulnya adalah Tower of Fantasy, yang rilis pertama kali di China pada 2021 dan resmi meluncur secara global pada Agustus 2022. 

Tower of Fantasy merupakan gim MMORPG yang dapat dimainkan gratis (tapi ada sistem in app purchase) di dalamnya. Gim ini dibandingkan dengan Genshin Impact karena mengusung konsep utama yang mirip seperti tampilan karakter berbasis anime, sistem gacha untuk mendapatkan karakter, dan pertarungan hack and smash di dunia terbuka luas. 
 

3. Immortals Fenyx Rising 


Immortals Fenyx Rising dari Ubisoft pertama kali dirilis pada 2020. Sama seperti Genshin Impact, gim ini juga selalu dikaitkan dengan The Legend of Zelda: Breath of the Wild karena konsep aksi petualangan dan dunia terbukanya. 

Namun, berbeda dengan keduanya yang hadir dengan setting dunia fantasi yang sama sekali baru, judul ini mengangkat tema tentang mitologi Yunani Kuno. Untuk itu, pemain akan banyak menemukan referensi mitos-mitos itu mulai dari karakter monster Typhon/Typheus serta tokoh seperti Zeus dan Ares. 

Di sini, pemain akan mengendalikan karakter tunggal untuk bereksplorasi menjalankan misi mengalahkan monster, mengumpulkan berbagai item, hingga menaikkan level dan kemampuan. Bedanya dengan gim online Genshin Impact dan Wuthering Waves, gim ini lebih berfokus pada satu karakter ketimbang banyak karakter dari sistem gacha
 

4. Granblue Fantasy: Relink 


Gim ini datang dari pengembang asal Jepang, Cygame. Granblue Fantasy: Relink merupakan entri terbaru mereka dari franchise Granblue Fantasy yang cukup populer di kalangan gamer RPG. Judul ini juga terbilang anyar, karena baru dirilis pada Februari 2024. 

Mirip seperti Genshin Impact dan Wuthering Waves, gim ini memungkinkan para pemainnya menjadi berbagai karakter yang punya keterampilan dan gaya bertarung unik. Namun, gim premium ini tidak mengusung konsep gacha untuk mendapatkan mereka, melainkan dengan memajukan ceritanya. 

Pemain bisa mem-build karakter yang dimiliki agar menjadi lebih kuat, sehingga memudahkan untuk menjalankan misi. Hal ini termasuk menaikkan level tiap-tiap karakter sampai mengelola skill tree mereka. Gim ini juga hadir dengan fitur multiplayer online untuk bermain bersama teman-teman. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Game Terbaik Rilis Mei 2024: Homeworld 3 hingga F1 24

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Lebih Dekat dengan Snoh Aalegra, Headliner Hari Ketiga di BNI Java Jazz Festival 2024

BERIKUTNYA

Daftar Musisi yang Jadi Highlight Hari Terakhir BNI Java Jazz Festival 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: