EAFC 24 (Sumber Gambar: EAFC24.com)

10 Video Game Bertema Olahraga Terlaris Sepanjang Masa

23 May 2024   |   11:49 WIB
Image
Enrich Samuel Mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

Bermain video game merupakan salah satu pilihan dalam mengisi waktu luang Genhype apabila sedang stress. Namun ternyata manfaat dan fungsinya tidak sesederhana itu saja, karena dapat dijadikan karir loh. Beberapa game populer nyatanya memiliki penikmat dengan jumlah yang sangat tinggi.

Baca juga :  5 Rekomendasi Game Terbaik Rilis Mei 2024: Homeworld 3 hingga F1 24

Video game ini mampu terjual hingga puluhan bahkan ratusan juta kopi, dan menjadi game dengan penjualan terlaris sepanjang masa. Berikut 10 Video game bertema olahraga yang memiliki penjualan dengan angka yang fantastis.
 

1. FIFA/EAFC (325 Juta Kopi)

EAFC24 (Sumber gambar: EAFC.com)

EAFC24 (Sumber gambar: EAFC.com)

Game simulasi olahraga ini mendapat gelar sebagai game sepak bola terbaik dan terlaris didunia oleh Guinners World Record. FIFA sendiri juga merupakan salah satu game tertua yang memulai debut pada tahun 1995 dengan tajuk FIFA 95. Awalnya game ini dikembangkan oleh Extended Play Production dan kemudian dilanjutkan oleh EA Vancouver dan EA Romania.

Seri FIFA ini juga telah di terjemahkan kedalam 18 bahasa dan rilis secara resmi pada 51 negara. Namun tampaknya sebentar lagi kita akan berhenti menyebut game ini dengan sebutan FIFA, pasalnya kontrak antara FIFA dan EA berakhir di tahun 2024 dan berganti nama menjadi EAFC 24. Beberapa perbedaan antara FIFA dan juga Pro Evolution Soccer juga dapat dilihat pada kelengkapan mode.
 

2. Mario Cart (178 Juta Kopi)

Mario Kart (Sumber Gambar: Nintendo.com)

Mario Kart (Sumber Gambar: Nintendo.com/MarioKart)

Game dengan kisah cerita dari waralaba Super Mario ini merupakan serangkaian game balapan dengan spin off dari Super Mario. Balapan yang dimaksud juga menggunakan jenis kendaraan bertipe Go-kart dengan item power beraneka ragam sehingga juga menyuguhkan beberapa adegan pertarungan.

Mario Kart sendiri berasal dari pengembang Nintendo EAD yang diterbitkan langsung oleh Nintendo, game ini debut pada tahun 1992 dengan tajuk Super Mario Kart. Game degan genre Kart Racing telah memiliki 14 edisi serta dapat dimainkan di 3 konsol Nintendo yaitu SNES, Gameboy , dan juga Arcade.
 

3. Need For Speed (150 Juta Kopi)

Need For Speed Unbound (Sumber Gambar: ea.com)

Need For Speed Unbound (Sumber Gambar: ea.com/NeedForSpeed)

NFS salah satu waralaba EA tersukses dan juga tertua yang diterbitkan oleh EA dikembangkan oleh Criterion Games. Meskipun seperti itu, dari awal debutnya, NFS tidak diterbitkan dibawah naungan merk EA Sports. Game ini merupakan simulasi balapan mobil jalanan yang dilakukan secara illegal, dengan beberapa model permainannya melakukan kejar-kejaraan dengan polisi.

Serial Need For Speed sendiri diawasi banyak pengembang yang juga turut serta bergabung seperti EA Canada, EA Black Box, Slightly Mad Studios, dan Ghost Game. Karena merupakan salah satu game paling populer sepanjang masa, waralaba ini juga masuk kedalam media lain seperti film, dan produk yang bekerjasama secara resmi dengan Hotwheels.
 

4. Madden NFL (130 Juta Kopi)

Madden NFL 24 (Sumber Gambar : ea.com/MaddenNFL))

Madden NFL 24 (Sumber Gambar : ea.com/MaddenNFL))

Merupakan game simulasi olahraga sepak bola Amerika, yang awalnya bernama John Madden Football pada tahun 1988. Madde NFL merupakan karya dari pengembang EA Orlando yang diterbitkaa oleh EA Sports. Debutnya dimulai pada tahun 1990 dengan nama Madden NFL, hal ini terjadi karena desakan dari John Madden sendiri yang meminta agar game diciptakan serealistis mungkin.

Sejak tahun 2004 video game ini juga menjadi game pertama dan satu-satuny yang berlisensi resmi sebagai video game simulasi dari NFL. Asal usul nama Madden sendiri rupanya merupakan seorang pensiunan Legenda pelatih NFL. Madden NFL sendiri memiliki banyak variasi mode pertandingan dan karir yang sangat menyerupai kenyataan.
 

5. WII Sports (114 Juta Kopi)WII Sports (Sumber Gambar: Nintendo.com/wiisports)

WII Sports (Sumber Gambar: Nintendo.com/wiisports)

Game simulasi olahraga garapan Nintendo Entertainment and Analysis & Development Division ini diterbitkan oleh Nintendo pada 2006. WII Sports dikhususkan sebagai game eksklusif yang hanya bisa dimainkan pada konsol Wii. Game ini juga merupakan game olahraga pertama yang terbit berbarengan dengan konsol Wii pada 2006.

WII Sports juga memiliki 5 jenis permainan mencakup Tinju, Tennis, Baseball, Bowling, dan Golf. Cara permainan menggunakan sistem Motion Sensing dari Wii Remote. Sehingga menjadikannya game semi virtual reality pertama di dunia.
 

6. Pro Evolution Soccer (111 Juta Kopi)

E-Football PES (Sumber Gambar: Konami.com/efootball)

E-Football PES (Sumber Gambar: Konami.com/efootball)

E-Football PES merupakan video game simulasi permainan sepak bola yang dikembangkan oleh Konami Digital Entertainment dan didistribusikan oleh KONAMI. Game ini juga diterbitkan dalam beberapa edisi dengan total 18 edisi sejak awal mula debut pada tahun 1995 dengan judul Winning Eleven.

E-Football PES sendiri menjadi saingan terbesar dari FIFA yang juga disebutkan dalam artikel The Guardian. Persaingan ini bahkan di sebut sebagai The Greatest Rivalry of Video Game. Game simulasi sepak bola ini dapat dimainkan di berbagai platform bahkan di ponsel pintar kamu.
 

7. NBA 2K (90 Juta Kopi)

NBA2K (Sumber Gambar: NBA2K.com)

NBA2K (Sumber Gambar: NBA2K.com)

Video game simulasi olahraga basket yang lebih muda dari NBA LIVE ini memulai debut nya pada tahun 1999 dan dikembangkan oleh Visual Concept Entertainment, Saber Interactive, dan Cat Daddy Games. Secara khusus game ini meniru sistem dari National Basketball Association, serial awalnya diterbitkan oleh SEGA yang kemudian dilanjutkan oleh 2K dengan edisi NBA 2K6 pada tahun 2006.

Sejak debutnya, NBA 2K sudah mengeluarkan 24 edisi sampai saat ini, hingga 2018 saingan utama dari game ini adalah NBA LIVE. Menariknya game ini memiliki banyak variasi mode, serta teknis yang sangat menyerupai aslinya.
 

8. Gran Turismo (90 Juta Kopi)

Gran Turismo (Sumber Gambar: GranTurismo.com)

Gran Turismo (Sumber Gambar: GranTurismo.com)

Gran Turismo (GT) merupakan game simulasi balapan mobil yang memulai debutnya pada tahun 1997. Hasil dari pengembang Polyphony Digital dan diterbikan Sony Interactive Entertainment, GT merupakan karya eksklusif yang hanya bisa dimainkan di Sony PlayStasion. Game ini sebenarnya merupakan simulasi realistis dari penampilan dan juga kinerja beragam jenis kendaraan. Sebagian jenis kendaraan ini merupakan produk virtual dari kendaraan di dunia nyata.

Berangkat dari karya Kazunori Yamauchi bersama tim nya yang kemudian disempurnakan menjadi sebuah game dalam waktu 5 tahun. Game ini menjadi populer karena grafis dan juga detail kendaraan yang dibarengi dengan emulasi fisika yang sangat akurat dengan dunia dunia nyata. Gran Turismo bahkan mendapatkan adaptasi film berdasarkan kisah nyata dari karir Jann Mardenborough. Game ini bahkan memiliki alat simulasinya berdasarkan situasi di dunia nyata.
 

9. WWE 2K (60 Juta Kopi)

John Cena WWE 2K24 (Sumber Gambar:wwe2k.com

John Cena WWE 2K24 (Sumber Gambar:wwe2k.com

Video game simulasi gulat professional WWE 2K awalnya berjudul WWF Smackdown, WWE SmackDown, WWE SmackDown vs RAW, WWE, dan, Excisting Pro Wrestling. Game garapan pengembang Visual Concept Entertainment dan Yuke’s Co. Ltd kemudian diterbitkan oleh THQ  sampai tahun 2012 dan dilanjutkan oleh 2K sampai saat ini.

WWE 2K memulai debutnya pada tahun 2000 dengan nama WWE SmackDown yang menjadi seri eksklusif dari Sony Playstasion. Beberapa tahun berselang, game ini melebarkan sayap ke platfform lain dan berganti nama menjadi WWE 2K14. Game ini menjadi populer ditahun 2000an dan menyebabkan beberapa kasus karena ditiru oleh anak-anak.
 

10. NBA LIVE (33 Juta Kopi)

NBA LIVE 19 (Sumber Gambar: ea.com/nbalive19)

NBA LIVE 19 (Sumber Gambar: ea.com/nbalive19)

NBA LIVE menempati peringkat ke 10 dengan total penjualan mencapai 33 juta kopi untuk semua seri game dimulai sejak debut seri pertama nya yaitu NBA LIVE 95. Game ini merupakan karya dari developer EA Canada dan EA Tiburon yang kemudian di distribusikan oleh EA Sports. NBA LIVE sendiri sudah memiliki 20 edisi game yang telah rilis setiap tahunnya, namun sayang 2 edisi mengalami kegagalan yaitu NBA LIVE 13 dan NBA LIVE 20. Mulanya memiliki nama NBA Playoffs dan NBA Showndown, game ini merupakan yang pertama di dunia yang menunjukan secara resmi olahraga NBA.

Itu dia 10 video game bertema olahraga terlaris sepanjang masa, GenHype dapat memainkan video game ini dengan cara membelinya lewat situs resmi para penerbit.

Baca juga : 4 Game Offline Android Terbaik 2024, Cocok Dimainkan Berjam-jam

Editor : Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Poster Teaser Film Paddington 3 Muncul di Acara Licensing Expo

BERIKUTNYA

Game Wuthering Waves Diunduh Lebih dari 1 Juta Pengguna

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: