Aktris Kim Ji-won dalam drakor Queen of Tears. (Sumber gambar: tvN)

5 Drama Korea dengan Rating Tertinggi, Terbaru Ada Queen of Tears

17 April 2024   |   14:38 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Drama Korea Selatan Queen of Tears menjadi tontonan favorit pemirsa di dunia. Drama romantis yang dibintangi Kim Soo-hyun dan Kim Ji-won ini mencatatkan rating rata-rata nasional lebih dari 20 persen. Pencapaian ini membuat drama ini menempati rating tertinggi kedua dalam sejarah jaringan televisi tvN.

Menurut data dari Nielsen Korea per 15 April 2024, episode terbaru drakor Queen of Tears mencetak rata-rata rating nasional sebesar 20,7 persen, menandai rekor tertinggi baru sepanjang masa untuk drama tersebut, sebagaimana dilaporkan Soompi.

Hal itu membuat Queen of Tears kini menyalip posisi Goblin (2016) sebagai drama dengan rating tertinggi kedua dalam sejarah tvN. Posisinya berada di belakang Crash Landing on You (2019) yang memecahkan rekor dengan memperoleh rata-rata rating nasional sebesar 21,7 persen. 

Baca juga: 5 Drama Terbaik yang Dibintangi Kim Soo-hyun selain Queen of Tears

Perolehan tersebut juga mengukuhkan Queen of Tears sebagai drama paling populer yang sedang tayang saat ini, mengalahkan beberapa judul seperti Beauty and Mr. Romantic yang memperoleh 16,8 persen, Hide (4,7 persen), dan Missing Crown Prince (1,1 persen).

Sementara itu, Good Data Corporation juga melaporkan bahwa Queen of Tears menjadi drakor nomor 1 dalam daftar mingguan drama televisi yang paling banyak menarik perhatian selama 5 minggu berturut-turut. Begitupun dengan para pemain drakor tersebut yang mendominasi daftar pemeran drama paling menarik pemirsa. 
 

Aktris Kim Ji-won dalam drakor Queen of Tears. (Sumber gambar: tvN)

Aktor Kim Soo-hyun dalam drakor Queen of Tears. (Sumber gambar: tvN)

Lembaga riset itu mencatat bahwa aktris Kim Ji-won menjadi pemeran drama paling mencuri perhatian dan menduduki puncak daftar. Posisinya diikuti oleh lawan lainnya di Queen of Tears, aktor Kim Soo-hyun yang berada di posisi kedua. Disusul Park Sung-hoon, Kwak Dong-yeon, Kim Jung-nan, dan Lee Joo-bin.

Selain Queen of Tears, ada juga beberapa judul drakor besutan rumah produksi tvN yang mencetak rata-rata rating nasional yang tinggi selama penayangannya. Bahkan, beberapa judul di antaranya masih menjadi tontonan favorit di sejumlah platform streaming. Apa sajakah itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.


5. Mr. Sunshine (2018)

Mr. Sunshine adalah drama yang mengambil latar di Hanseong (sekarang Seoul) pada awal 1900-an yang berfokus pada kisah seorang aktivis yang memperjuangkan kemerdekaan Korea. Drama yang ditulis oleh Kim Eun-sook dan disutradarai oleh Lee Eung-bok ini dibintangi oleh jajaran pemain papan atas seperti Lee Byung-hun, Kim Tae-ri, Yoo Yeon-seok, Kim Min-jung, dan Byun Yo-han.

Drama ini pun sukses secara komersial dan mencatatkan rating rata-rata nasional sebesar 18,12 persen. Pencapaian ini menempatkan Mr. Sunshine sebagai serial dengan rating tertinggi ketiga dalam sejarah televisi kabel Korea. Meski demikian, drama ini juga mendapatkan kritik karena dianggap sebagai representasi fakta sejarah yang tidak akurat, di mana sejumlah pihak menilai drama ini pro-Jepang.
 

Poster Goblin. (Sumber gambar: tvN)

Poster Goblin. (Sumber gambar: tvN)


4. Guardian: The Lonely and Great God (2016)

Film Guardian: The Lonely and Great God atau yang lebih dikenal dengan judul Goblin adalah drama yang dibintangi oleh sejumlah bintang papan atas Korea seperti Gong Yoo, Kim Go-eun, Lee Dong-wook, Yoo In-na, dan Yook Sung-jae. Drama yang ditulis oleh Kim Eun-sook ini mencatatkan rating pemirsa nasional sebesar 18,68 persen.

Hal itu menjadikan Guardian: The Lonely and Great God sebagai drama tvN dengan rating tertinggi ketiga, sekaligus drama dengan rating tertinggi ketujuh dalam sejarah televisi kabel Korea. Drama ini juga mendapatkan pujian kritis dari sejumlah kritikus hingga menjadi fenomena budaya di negeri asalnya.

Baca juga: 5 Film dan Drama Korea Tayang di Viu April 2024, Cobweb sampai Secret Secret Ingredient

Goblin juga memenangkan banyak penghargaan, salah satunya penghargaan utama Daesang untuk penulis Kim Eun-sook dan Aktor Terbaik untuk Gong Yoo di Baeksang Arts Awards ke-53.

Mengusung genre drama fantasi romantis, drama Goblin berfokus pada kisah seorang jenderal militer dari Dinasti Goryeo bernama Kim Shin (Gong Yoo) yang dikutuk oleh dewa untuk menjadi Goblin yang hidup abadi selamanya. Dia dikisahkan tidak akan bisa pergi ke alam baka sebelum menemukan cinta sejatinya.
 

Poster Reply 1988. (Sumber gambar: tvN)

Poster Reply 1988. (Sumber gambar: tvN)


3. Reply 1988 (2015)

Seperti judulnya, drakor Reply 1988 berkisah tentang lima sahabat dan keluarga yang tinggal di lingkungan yang sama di Ssangmun-dong, Distrik Dobong, Seoul Utara berlatar tahun 1988. Drama yang ditulis oleh Lee Woo-jung ini dibintangi oleh sederet bintang kenamaan seperti Lee Hye-ri, Ryu Jun-yeol, Go Kyung-pyo, Park Bo-gum, dan Lee Dong-hwi.

Reply 1988 menerima pujian kritis dari penonton dan sejumlah kritikus serta mencatat rating pemirsa nasional sebesar 18,8 persen. Raihan ini menjadikan Reply 1988 sebagai drama dengan rating tertinggi keenam dalam sejarah televisi kabel Korea dan drama televisi dengan rating tertinggi pada 2015. Bahkan drama Reply 1988 masih kerap menjadi trending topic di media sosial sampai saat ini.


2. Queen of Tears (2024)

Drama Korea Queen of Tears langsung menarik perhatian publik sejak tayang di Netflix pada 9 Maret 2024. Episode perdana drama yang dibintangi oleh Kim Ji-won dan Kim Soo-hyun ini langsung mencetak rata-rata rating nasional sebesar 5,9 persen, dan langsung melonjak di angka 8,7 persen untuk episode keduanya yang tayang pada 10 Maret 2024. 

Kini, Queen of Tears meraih rating rata-rata nasional sebesar 20,7 persen dan diprediksi akan terus melonjak hingga episode terakhirnya.

Baca juga: 5 Drama Korea Terbaru Tayang April 2024, dari Parasyte hingga Lovely Runner

Dari segi cerita, drama Queen of Tears mengikuti kisah cinta pasangan suami istri Hong Hae-in (Kim Ji-won), putri konglomerat sekaligus pewaris pusat perbelanjaan Queens Group, dan Baek Hyun-woo (Kim Soo-hyun), putra kepala desa Yongduri. Drama ini mengikuti kisah mereka yang secara ajaib bersatu kembali setelah menghadapi krisis pernikahan selama 3 tahun.
 

Poster Crash Landing On You. (Sumber gambar: tvN)

Poster Crash Landing On You. (Sumber gambar: tvN)


1. Crash Landing on You (2019)

Drama tvN dengan rating tertinggi sepanjang sejarah ditempati oleh Crash Landing on You. Drama yang ditulis oleh Park Ji-eun dan disutradarai oleh Lee Jeong-hyo ini menampilkan sejumlah bintang papan atas Korea seperti Hyun Bin, Son Ye-jin, Seo Ji-hye dan Kim Jung-hyun. 

Baca juga: List Drama Korea yang Bikin Gagal Move On, Dijamin Tak Menyesal Menontonnya

Kisah drama ini mengikuti seorang pengusaha wanita kaya raya bernama Yoon Se-ri (Son Ye-jin) yang terjebak di daerah perbatasan Korea Utara setelah tertiup angin puting beliung saat sedang melakukan paralayang di Seoul. Dia akhirnya bertemu dengan Ri Jeong-hyeok (Hyun Bin), anggota elite Korea Utara dan kapten Tentara Rakyat Korea yang sedang berpatroli. Jeong-hyeok pun diminta untuk menyembunyikan Se-ri dan membantunya kembali ke Korea Selatan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Resep Beef Bowl Sat Set Kurang Dari 20 Menit Ala Chef Martin Natadipraja

BERIKUTNYA

Cek Performa Prosesor Anyar AMD AI Ryzen Pro 8040 dan Ryzen Pro 8000 Series

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: