Drama Korea Reply 1988 (Sumber foto: IMDb)

List Drama Korea yang Bikin Gagal Move On, Dijamin Tak Menyesal Menontonnya

13 March 2024   |   05:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Selama bulan puasa, terdapat sedikit kesempatan untuk melakukan kegiatan karena tubuh sedang beradaptasi dengan asupan energi yang terbatas. Kita jadi cenderung untuk tidak menghabiskan banyak energi. Namun, selain bekerja atau beribadah, ada waktu luang yang dapat dimanfaatkan untuk hiburan.

Salah satu opsi yang populer adalah menonton drama Korea atau drakor di televisi. Drakor bisa menjadi alternatif Genhype jika kalian sudah bosan dengan aktivitas yang dilakukan. Selain itu, drakor juga bisa menjadi jalan ninja untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Drakor Queen of Tears, Comeback Kim Soo-hyun hingga Song Joong-ki Jadi Cameo

Ada banyak genre pada serial drama Korea yang bisa kalian tonton. Namun, kali ini kita akan bahas drakor yang dijamin membuat kalian gamon alias gagal move on setelah menontonnya. 

Pasalnya, drakor ini mengangkat jalan cerita yang sangat menyentuh hati dan membuat penonton sulit untuk melupakan ceritanya setelah menonton. Berikut ada list drakor yang bisa membuat Genhype gamon setelah menontonnya. 


1. Reply 1988

Urutan teratas drama Korea yang paling membuat penonton gagal move on jatuh kepada Reply 1988. Drakor yang diperankan oleh Lee Hyeri dan kawan-kawan berhasil membuat penonton sulit untuk melupakan kenangan yang tejadi pada drama tersebut. Drama dengan latar belakang tahun 1988 ini bercerita tentang kehidupan lima orang sahabat yang tumbuh bersama di lingkungan tempat tinggal yang sama. 
 

Pada drama ini semua kehidupan pemerannya diceritakan satu persatu. Mulai dari kisah cinta, karir, dan permasalahan yang dihadapi. Alur dari Reply 1988 bisa dikatakan sangat relate bagi sebagian orang. Seperti halnya lika-liku yang terjadi dalam keluarga, kisah cinta segitiga yang membingungkan, sulitnya mengejar pendidikan dan karir dimasa itu, hingga kisah persahabatan remaja yang menguras air mata. 

Drakor ini juga memiliki jalan cerita yang sangat ringan. Dengan gabungan humor dan kisah sedih didalamnya, drakor Reply 1988 sukses membuat penonton terkesan selama menontonnya. Walaupun sudah tayang 8 tahun lalu, tapi Reply 1988 masih tetap dikenang hingga saat ini.

Apalagi dengan kisah cinta antara Lee Hyeri dan Ryu Jun-yeol yang menjadi kenyataan di dunia asli. Selain itu, drama Korea Reply 1988 berhasil mencetak rating tertinggi dalam sejarah, yaitu sebesar 18,8%. 
 

2. Twenty Five Twenty One (2521)

Selanjutnya ada drama Korea dengan judul Twenty Five Twenty One atau 2521. Bagi kalian pecinta drama dengan alur cerita yang sedih menyayat hati, 2521 adalah pilihan yang tepat. Drama ini bercerita tentang pertemanan dan kisah cinta antara Baek Yi Jin (Nam Joo Hyuk) yang berusia 25 tahun dan Na Hee Do (Kim Tae Ri) yang berusia 21 tahun. Latar pada drama Korea ini mengangkat isu krisis moneter pada tahun 1998. 
 

Kisah ini bermula ketika Baek Yi Jin dan Na Hee Do yang masih duduk dibangku SMA. Pada saat itu keluarga dari Baek Yi Jin mengalami kebangkrutan akibat krisis moneter yang terjadi. Ia pun harus bekerja paruh waktu hingga menjadi reporter olahraga untuk tetap menjalani hidup.

Di sisi lain, Na Hee Do merupakan seorang atlet anggar yang mengalami kekecewaan karena tim anggarnya harus dibubarkan akibat krisis moneter juga. Keduanya sama-sama tidak menyerah untuk menggapai mimpi walaupun harus dipatahkan karena krisis moneter yang terjadi. 

Di tengah krisis moneter yang terjadi di Korea, kisah percintaan mereka pun dimulai. Namun sayangnya, penonton harus menerima kenyataan bahwa kisah mereka tak seindah yang dibayangkan. Banyak masalah yang terjadi pada lika-liku percintaannya hingga mereka memutuskan untuk berpisah. 

Para penonton pun merasa hancur dan hampa usai menonton drakor tersebut hingga habis. Tak sedikit dari mereka yang masih berharap keduanya terus bersama. Twenty Five Twenty One sukses membuat penonton merasa nyesek sampai mengurungkan niat untuk rewatch karena saking sedihnya. Drakor dengan 16 episode ini sukses meraih rating sebesar 11,5% pada episode terakhir. 


3. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

Drama Korea Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo merupakan drama yang mengangkat tema kolosal dan melodrama yang dibintangi para aktris dan aktor papan atas Korea Selatan seperti IU, Lee Jong Gi, Kang Ha Neul, Nam Joo Hyuk, hingga Baekhyun EXO. 

Drama ini bermula ketika Go Ha Jin (IU) yang merupakan wanita modern dari abad ke 21 harus kembali ke masa lalu. Kisahnya bermula ketika sedang terjadi gerhana bulan total, Go Ha Jin yang sedang meratapi nasibnya dipinggir danau tiba-tiba melihat seorang anak kecil yang tenggelam.

Ia pun lantas membantu anak kecil tersebut namun ia justru tenggelam dan hanyut. Ketika terbangun secara misterius, Ha Jin sudah berada di sebuah istana raja Taejo, raja yang memerintah di masa awal Dinasti Goryeo ribuan tahun silam. 
 

Anehnya, saat Ha Jin terbangun, ia terjebak dalam tubuh Hae Soo, seorang gadis berusia 16 tahun yang juga merupakan anggota keluarga istana. Kisahnya pun dimulai saat itu, di mana Ha Jin juga ikut merasakan kehidupan seorang putri di istana yang melibatkan dirinya pada konflik perebutan takhta. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo berhasil mencuri perhatian dan menjadi perbincangan para penggemar drama Korea. 


4. Vagabond

Drama aksi yang diperankan oleh Lee Seung Gi dan Bae Suzy satu ini sangat menarik perhatian penggemar. Pasalnya, drama yang mengangkat kisah mengenai pengungkapan kasus kecelakaan pesawat ini memiliki banyak kejanggalan.

Ceritanya bermula dari Cha Dal-gun (Lee Seung-gi) yang merupakan seorang stuntman mulai menyelidik kecelakaan pesawat yang ditumpangi oleh keponakannya, Cha Hoon (Moon Woo-jin). Dal-gun merasa bahwa kecelakaan pesawat tersebut sangat janggal dan telah direncanakan. 
 

Sementara itu, Go Hae-ri (Bae Suzy) yang merupakan seorang agen rahasia dari National Intelligence Service (NIS) juga bekerja untuk mengungkap kasus yang sama. Keduanya pun menemukan titik terak terhadap kasus kecelakaan pesawat tersebut. Namun, banyak hal janggal ketika mereka sedang mencari pentunjuk seperti kasus korupsi yang melibatkan petinggi-petinggi negara.

Tak hanya itu, banyak juga plot twist yang terjadi pada drama Vagabond karena tidak ada yang bisa dipercaya dalam drama ini. Drama ini menjadi favorit para penggemar drama Korea dan merupakan salah satu drakor yang sukses membuat penontonnya gagal move on.


5. Hospital Playlist

Hospital Playlist merupakan salah satu drama Korea yang paling populer. Menceritakan tentang kehidupan lima sahabat yang berprofesi sebagai dokter spesial di rumah sakit Yulje Medical Center. Kelimanya merupakan teman semasa kuliah di universitas yang sama. Pertemuannya yang unik membuat mereka berlima menjadi seorang sahabat.

Kelima sahabat tersebut yaitu Lee Ik Jun (Jo Jung Suk), Chae Song Hwa (Jeon Mi Do), Ahn Jeong Won (Yoo Yeon Seok), Kim Jun Wan (Jung Kyung Ho), dan Yang Seok Hyeong (Kim Dae Myung).
 

Drama ini menceritakan tentang bagaimana kehidupan seorang dokter yang jarang diketahui oleh banyak orang. Karena peran seorang dokter bergantung pada nasib pasiennya, maka banyak drama dan lika-liku yang terjadi. Selain itu, Hospital Playlist juga menceritakan bagaimana pahitnya seorang dokter yang sedang magang. 

Di sisi lain, drakor ini juga menceritakan serunya persahabatan diantara mereka. Banyak sekali komedi dan sifat lucu yang dibawakan oleh mereka berlima sehingga drakor ini tidak memiliki jalan cerita yang terlalu tegang.

Selain itu, rasa kekeluargaan yang besar antar pemeran juga menjadi nilai tambah jika drakor ini sangat disukai oleh banyak orang. Penonton juga dibuat nangis karena terbawa suasana pada drakor Hospital Playlist. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Menangkap Peluang Rezeki Lewat Bisnis Jasa Ilustrasi

BERIKUTNYA

3 Rekomendasi Anime Berlatar Belakang Dunia Kriminal Bawah Tanah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: