Serial drama Alice in Borderland 2020 (Netflix)

Ini Lho Bedanya K-Drama dan J-Drama, Jangan Sampai Ketuker!

12 May 2021   |   07:39 WIB

Kalian suka nonton drama Asia, terutama yang drama Korea atau drama Jepang? Seringkali keduanya emang mirip banget sampai susah bedain mana drama yang dari Korea sama mana yang dari Jepang.

Secara fisik bangsa Korea dan Jepang memang tak berbeda jauh. Sama halnya antara Indonesia dengan Malaysia. Selain itu dari gaya berbusana pun, antara Jepang dan Korea hampir memiliki persamaan, yang menampilkan simpel dan minimalis.  

Namun perlu kalian tahu, kedua drama ini ada bedanya. Mulai dari episode, ciri drama, hingga adegannya. 
Sebelum mulai pilih tontonan mana aja yang mau kalian tonton, simak nih bedanya K-drama dan J-drama di bawah ini!

1. Jumlah episode
Kalo kalian perhatikan di beberapa drama Jepang maupun Korea, jumlah episode rata-rata yang ditentukan oleh para staf drama biasanya beda. J-drama atau dorama rata-rata tayang sebanyak 10-12 episode, sedangkan K-drama atau deurama rata-rata tayang sebanyak 16-20 episode.

2. Ciri Khas Drama
Drama Korea (drakor) umumnya punya jalan cerita yang menarik karena tensi ceritanya yang intens, sedangkan drama Jepang punya jalan cerita yang penuh aksi dan tidak banyak tensi dalam ceritanya. Meski begitu, drama Jepang biasanya punya jalan cerita yang lebih cepat mengingat jumlah episodenya yang lebih singkat.

3. Adaptasi Komik
Kalau soal adaptasi, drama Jepang memang merupakan pendahulunya. Umumnya, ada beberapa drama Jepang yang melakukan adaptasi dari komik atau manga. Sebut saja Itazura na Kiss yang diadaptasi dari manga shojo (manga yang target pasarnya untuk perempuan muda) berjudul sama.

Sementara itu, drakor melakukan adaptasinya lebih belakangan meski kini udah mulai banyak drama Korea yang diadaptasi dari komik manhwa atau komik digital atau webtoon, misalnya Sweet Home yang diadaptasi dari webtoon.

4. Adegan Intim
Nah kalau adegan seperti pelukan bahkan adegan berciuman yang biasanya muncul di drama beraliran romansa biasanya lebih ketat kalau di drama Korea, tapi kalau di drama Jepang lebih longgar. Bahkan, ada beberapa drama Jepang yang memiliki rating 18 tahun ke atas karena ada beberapa adegan dalam dramanya yang lebih intim.

5. Kesan Umum dalam Drama
Drama Korea yang sering populer, terutama drama romansa, umumnya memiliki kesan bahwa kisah cinta pasangan di dalamnya merupakan kisah cinta yang sempurna dan dianalogikan seperti dongeng.
Beda lagi dengan drama Jepang yang lebih realistis dan berfokus pada plot cerita dengan bumbu-bumbu romansa yang minim.

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Sudah Siap Lebaran Virtual? Simak Kiat Dekorasi Rumah ini Dulu Yuk

BERIKUTNYA

Generasi Muda Perlu Tahu Gaya Hidup Sustainable itu Penting

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: