Gyudon (Sumber foto: Unsplash/Roman Bonaparte)

Resep Beef Bowl Sat Set Kurang Dari 20 Menit Ala Chef Martin Natadipraja

17 April 2024   |   15:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Apakah kalian setuju jika makanan berbahan dasar daging memiliki cita rasa yang tak terkalahkan? Dari hidangan khas Jepang seperti yakiniku dan teriyaki, hingga favorit banyak orang seperti beef bowl. Opsi-opsi makanan yang menggugah selera ini selalu menjadi pilihan yang populer di kalangan banyak orang. 

Beef bowl merupakan salah satu menu yang disukai oleh banyak orang dan kini bisa dengan mudah disajikan di rumah. Tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membelinya di restoran karena kalian bisa menyiapkannya sendiri dengan bahan-bahan yang ada di dapur. Terlebih lagi, harga bahan-bahan yang dibutuhkan pun juga terjangkau sehingga kalian dapat menikmatinya tanpa harus menguras kantong. 

Baca juga: Resep Salad Sayuran Rendah Lemak dan Kalori, Menu Sehat untuk Diet

Kalau kalian sedang mencari resep beef bowl yang sederhana, kalian bisa mengikuti resep dari Chef Martin melalui akun Instagram miliknya @martinpraja. Tidak memerlukan waktu yang lama, kalian bisa membuat hidangan ini tanpa harus terburu-buru. Bahannya pun juga mudah ditemukan.

Penasaran dengan resepnya? Simak artikel berikut. 
 
 

Bahan-bahan:

Marinasi daging

  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 pcs bawang putih parut
  • 2 jahe parut
  • 1/2 sdt black pepper
  • 1 sdt kaldu jamur
  • 2 sdm minyak
  • 500 gr daging slice (short plate)
  • 1/2 pcs bawang bombay

Nasi

  • Nasi putih
  • Biji wijen sangrai
  • Daun bawang


Cara membuat

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah iris tipis bawang bombay atau boleh juga disesuaikan dengan selera kalian. Pastikan juga potongannya merata agar bumbu dapat meresap dengan sempurna ketika dimasak.
  2. Kemudian, siapkan campuran saus untuk daging dengan mencampurkan kecap asin, kecap manis, bawang putih parut, jahe parut, sedikit lada hitam, dan kaldu jamur ke dalam mangkuk. Pastikan bumbunya tercampur secara merata agar memberikan cita rasa yang seimbang pada daging nantinya.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan dengan sedikit minyak dan pastikan apinya cukup besar agar daging bisa matang dengan cepat. Tumis daging hingga matang dengan api besar tersebut, sambil diperhatikan agar daging tidak terlalu matang.
  4. Tambahkan irisan bawang bombay dan campuran saus yang telah kalian siapkan sebelumnya ke dalam wajan. Pastikan semua bahan tercampur dengan baik dan aduk secara merata agar bumbu dapat meresap secara sempurna ke dalam daging sehingga dapat menghasilkan cita rasa yang lezat.
  5. Masak daging dan bumbu tersebut secara bersamaan hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Pastikan untuk terus mengaduk agar tidak ada bagian yang gosong atau tidak merata matangnya.
  6. Setelah matang, matikan api dan sajikan hidangan bersama dengan nasi hangat. 
  7. Agar daging semakin lezat, jangan lupa untuk menambahkan telur setengah matang di atas daging.
  8. Terakhir, taburkan biji wijen dan potongan daun bawang di atas hidangan daging dan telur untuk menambah aroma dan rasa yang semakin menggugah selera.

Selamat mencoba!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Sinopsis & Daftar Pemain Drakor Nothing Uncovered yang Tayang di Vidio

BERIKUTNYA

5 Drama Korea dengan Rating Tertinggi, Terbaru Ada Queen of Tears

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: