Hagia Sophia di Turki jadi salah satu destinasi wisata tujuan wisatawan muslim dunia (Sumber gambar: Unsplash/Lewis-J Goetz)

Hypereport: Negara-negara Populer Tujuan Wisatawan Muslim Dunia

08 April 2024   |   09:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Seiring pertumbuhan jumlah perjalanan wisatawan beragama Islam, kebutuhan akan destinasi liburan yang ramah terhadap muslim juga mengalami peningkatan. Berbagai negara pun berusaha memenuhi hal tersebut guna menarik minat para pelancong muslim dari seluruh dunia. 

Data survei Mastercard-CrescentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2023 menunjukkan bahwa populasi muslim di dunia pada 2022 mencapai 2 miliar orang dan akan mengalami peningkatan menjadi 2,3 miliar pada 2030. Mereka hidup di lebih dari 200 negara, dengan 48 negara di antaranya menunjukkan populasi mencapai lebih dari 50 persen.

Sementara itu, pasar perjalanan muslim juga telah menunjukkan ketahanan dan pertumbuhan yang kuat terlepas dari tantangan global. Setelah mengalami penurunan akibat pandemi COVID-19, sektor ini kini berada pada lintasan pemulihan yang menjanjikan. 

Baca juga laporan terkait:  Pada 2022, kedatangan internasional wisatawan muslim mencapai 110 juta, atau sekitar 68 persen dari jumlah pra-pandemi 2019. Kondisi ini menunjukkan rebound yang kuat serta menunjukkan kemauan dan kemampuan wisatawan beragama Islam untuk melanjutkan perjalanan internasional jika kondisinya memungkinkan.

Tren pertumbuhan akan terus berlanjut, dengan proyeksi pada penghujung 2023 mencapai 140 juta atau mencapai 87 peren dari 2019, semakin memperkuat proses pemulihan. Pada 2024, wisatawan muslim diproyeksi akan pulih dengan total kedatangan Muslim mencapai 160 juta.

“Kembalinya ke tingkat pra-pandemi ini menandakan pemulihan dan kebangkitan pasar perjalanan Muslim,” demikian pernyataan yang tertera dalam laporan tersebut. 
 

Pasar perjalanan wisatawan muslim juga bakal kian positif pada 2028. Survei itu menunjukkan bahwa akan ada 230 juta para traveler beragam Islam di seluruh dunia, dengan pengeluaran wisatawan mencapai US$225 miliar pada tahun yang sama. Jumlah itu menggarisbawahi signifikansi ekonomi dari segmen pasar ini, dan potensinya untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan industri perjalanan global. 

Dengan data-data hasil survei itu, wisatawan muslim menjadi pasar potensial bagi banyak destinasi wisata di berbagai negara. Tidak heran jika sejumlah negara mencoba meraihnya dengan membuat destinasi wisata mereka ramah terhadap traveler beragama Islam.

Berdasarkan data GMTI 2023, berikut daftar negara populer yang jadi tujuan destinasi wisata muslim di dunia. Apa saja? Yuk simak. 
 

1. Indonesia 

Masjid Istiqlal di Indonesia (Sumber gambar: Unsplash/Mosquegrapher)

Masjid Istiqlal di Indonesia (Sumber gambar: Unsplash/Mosquegrapher)

Indonesia menjadi negara yang menempati posisi pertama tujuan destinasi wisatawan beragama Islam di dunia. Negara yang terletak di garis khatulistiwa dan sebagai salah satu pemilik populasi muslim besar di dunia ini memiliki skor 73 di daftar GMTI 2023.

Negara ini memulai di posisi 6 pada 2015, dan bergerak dengan cepat sehingga bisa meraih peringkat pertama pada 2019 bersama dengan Malaysia. Setelah sempat mengalami penurunan ranking, Merah Putih kembali berada di urutan pertama.

Sebagai negara dengan penduduk mayoritas Islam, Indonesia menunjukkan daya tariknya yang tangguh bagi pelancong musilm di dunia. Wisatawan di Indonesia bersama dengan Malaysia dan Turki dapat dengan mudah menemukan makanan halal, akses yang muda ke tempat salat, akomodasi ramah muslim, serta warisan dan pengalaman yang menawan.

Destinasi yang tersedia juga tidak hanya memenuhi persyaratan agama dan budaya, tetapi juga meningkatkan pengalaman perjalanan wisatawan muslim secara keseluruhan, serta menumbuhkan rasa keramahan dan penghargaan. 
 

2. Malaysia

Malaysia juga menjadi negara dengan destinasi wisatawan muslim nomor satu di dunia bersama dengan Indonesia. Laporan ini menuliskan bahwa posis negeri jiran itu dalam Global Muslim Travel Index tidak tergoyahkan selama bertahun-tahun. Kondisi ini menunjukkan bahwa Malaysia puny daya pikat yang kuat bagi wisatawan muslim. 

Malaysia bersama Indonesia dan Turki menjadi negara yang memiliki kategori layanan ramah muslim teratas dengan pemenuhan kebutuhan servis di titik yang signifikan seperti restoran, hotel, dan bandara. 
 

3. Arab Saudi

Peringkat selanjutnya dalam Global Muslim Travel Index (GMTI) ditempati oleh Arab Saudi dengan skor 72. Arab Saudi menunjukkan daya tariknya kepada wisatawan muslim sehingga mereka mau datang ke negara ini.

Arab Saudi bersama dengan dua negara lainnya menjadi negara yang paling mudah diakses untuk 30 pasar outbond muslim teratas. Kondisi ini dapat terjadi lantaran lokasinya yang strategis terhadap pasar utama dan statusnya sebagai hub penerbangan yang signifikan. 
 

4. United Arab Emirates (UAE)

Di posisi empat negara yang menjadi tujuan wisatawan muslim di dunia adalah United Arab Emirates (UAE) yang memiliki skor 71. Tidak jauh berbeda dengan Arab Saudi, negara ini juga menjadi destinasi yang paling mudah diakses untuk 30 pasar outbond muslim teratas.

United Arab Emirates menjadi yang teratas bersama Arab Saudi terkait dengan komitmen dalam menyediakan lingkungan yang aman dan aman bagi para wisatawan muslim di dunia yang hendak berwisata. 


5. Turki 

Turki menjadi negara yang tercatat berada di posisi lima dengan skor 70 Negara ini masuk dalam daftar 10 negara yang memiliki komunikasi efektif dan meningatkan kesadaran pemangku kepentingan mengembangkan infrastruktur dan menciptakan lingkungan ramah wisatawan muslim. 

Baca juga: 10 Masjid Terbesar di Dunia: Istiqlal Jakarta Masuk Daftar
 

6. Qatar 

Museum of Islamic Art Doha Qatar (Sumber gambar: Unsplash/John Simmons)

Museum of Islamic Art Doha Qatar (Sumber gambar: Unsplash/John Simmons)

Dengan skor 69, Qatar berada di peringkat enam sebagai negara dengan tujuan wisatawan muslim dalam Global Muslim Travel Index 2023. Negara ini bersama Arab Saudi dan UAE merupakan negara yang paling mudah di akses bagi para wisatawan muslim.

Akses jadi  faktor penting dalam memfasilitasi pengembangan pariwisata, yang mencakup elemen-elemen penting seperti konektivitas udara dan darat, persyaratan visa, dan infrastruktur transportasi di berbagai destinasi tujuan. 
 

7. Iran

Iran berhasil menjadi negara yang paling diminati oleh para wisatawan beragama Islam dengan skor 66. Negara ini masuk dalam top 10 dalam hal servis bersama dengan Indonesia, Malaysia, Turki, dan sebagainya.

Langkah negara memastikan titik kontak layanan yang optimal sangat penting dalam memberikan sambutan yang hangat dan mempertahankan wisatawan Muslim di setiap tujuan.

Kategori layanan menilai keberadaan layanan ramah muslim yang penting dan titik kontak utama di tempat tujuan. Jadi, negara ini berupaya memenuhi kebutuhan wisatawan berbasis agama muslim di titik kontak yang signifikan, termasuk restoran, hotel, dan bandara. 
 

8. Yordania

Dengan nilai 66 secara keseluruhan, Jordan atau Yordania bertengger bersama dengan Iran sebagai salah satu destinasi wisata bagi para traveler muslim.

Negara ini berhasil masuk dalam 10 besar kategori akses dan komunikasi dalam penilaian Global Muslim Travel Index 2023. Dengan komunikasi yang baik, para pelaku industri pariwisata di negara ini mampu mendorong para pembuat kebijakan mengembangkan infrastruktur yang ramah bagi pelancong muslim. 
 

9. Bahrain

Posisi selanjutnya dalam daftar negara yang menjadi destinasi wisata bagi para pelancong muslim adalah Bahrain. Dengan skor 65, Bahrain masuk dalam 10 besar negara dalam kategori lingkungan yang nyaman, keamanan, dan kemudahan bagi traveler muslim serta mempraktikan keyakinan saat bepergian, seperti pembatasan aturan berpakaian dan perlindungan terhadap kejahatan ras. 
 

10. Mesir

Mesir menjadi negara yang melengkapi daftar 10 besar Global Muslim Travel Index 2023, dengan skor yang sama dengan Bahrain. Negara ini jadi salah satu yang berhasil naik peringkat cukup tinggi. Sebelumnya, Mesir berada di posisi belasan. Negeri Piramida itu masuk dalam daftar top 3 bersama Malaysia dan Indonesia dalam kategori komunikasi dan punya banyak situs warisan Islam dunia. 

Baca juga: Dari Timur Tengah Hingga China, Ini 6 Masjid Tertua di Dunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Fakta-fakta Menarik Bandara Internasional Dhoho Kediri, Usung Desain Arsitektur Budaya Lokal

BERIKUTNYA

Hypereport: Sejarah Wisata Halal Dunia & Indonesia, Pariwisata Ramah Pelancong Muslim

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: