Ilustrasi bunga-bunga dalam vas. (Sumber gambar: Gizem Nur/Pexels)

10 Jenis Bunga yang Cocok untuk Dekorasi Rumah saat Lebaran

29 March 2024   |   17:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Merapikan rumah menjadi hal yang kerap dilakukan untuk menyambut Lebaran Idulfitri. Masyarakat biasanya akan membersihkan, merapikan, menata ulang interior, hingga merenovasi rumah. Hunian yang rapi tentu akan menciptakan suasana yang indah saat bersilaturahmi pada hari yang suci.

Sebagian besar masyarakat biasanya akan mendekorasi rumah untuk menyambut Hari Raya Lebaran. Salah satu elemen dekorasi yang kerap digunakan yakni bunga segar. Kehadiran bunga pada interior rumah bisa menambah estetika ruangan menjadi lebih indah. Selain itu, bunga juga bisa memberikan aroma harum pada ruangan sehingga membuat nyaman dan tenang para penghuninya.

Ada beberapa alasan mengapa bunga menjadi salah satu item dekorasi penting dalam perayaan Idulfitri. Mengutip dari situs Flower Advisor, bunga dapat menambahkan keindahan pada ruangan lantaran warna dan bentuknya yang cantik. Selain itu, warna cerah dan ceria pada bunga dapat menjadi simbol kebahagiaan dan sukacita dalam merayakan Lebaran.

Baca juga: 5 Inspirasi Warna Gorden Terbaik untuk Menyambut Lebaran 2024

Bunga juga memiliki aroma yang khas dan segar yang dapat membuat udara sekitar menjadi lebih sejuk, sehingga menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan dalam hunian. Tak ketinggalan, bunga juga dapat menjadi simbol rasa syukur atas keindahan alam sekaligus kesempatan untuk merayakan hari Lebaran yang spesial.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bunga sebagai dekorasi rumah. Menukil dari situs Orchid Florist, dalam memilih bunga, penting untuk menyesuaikannya dengan tema dekorasi ruangan secara keseluruhan, dan memperhatikan bentuk dan ukuran bunga.

Selain itu, pertimbangkan harga bunga, pilih bunga yang sesuai dengan selera serta pastikan untuk memilih jenis bunga yang dapat bertahan lama pada suhu ruang dan yang memiliki aroma harum. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah jenis bunga yang cocok dijadikan sebagai dekorasi Lebaran. 
 

1. Mawar

Bunga Mawar selalu menjadi favorit dalam berbagai acara, termasuk untuk dekorasi Lebaran. Bunga yang terdiri dari beragam warna seperti merah, putih, kuning, dan pink ini kerap dipercaya sebagai lambang kasih sayang dan keindahan. 

Namun, untuk Lebaran, biasanya mawar putih kerap menjadi pilihan lantaran memiliki simbol kelembutan, kemurnian, kesucian, dan kerendahan hati. Bunga Mawar biasanya dijadikan rangkaian bunga, dihias dalam vas atau ditempatkan dalam pot untuk diletakkan di berbagai sudut rumah. Aroma bunga mawar yang khas dapat menyebar ke seluruh sudut ruangan. 
 

2. Sedap Malam

Sedap malam boleh dibilang sebagai salah satu bunga yang paling umum hadir di rumah-rumah pada momen Lebaran. Selain tampilannya yang cantik, bunga yang memiliki nama latin Polianthes tuberosaini ini juga menghasilkan aroma manis yang kuat, sehingga cocok untuk memberikan suasana berbeda pada momen Lebaran. Letakkan bunga sedap malam di teras atau dalam rumah yang terpapar sinar matahari, karena bunga ini membutuhkan cahaya matahari untuk hidup.
 

Bunga Mawar. (Sumber gambar: Lynda Sanchez/Pexels)

Bunga Mawar. (Sumber gambar: Lynda Sanchez/Pexels)

3. Melati

Bunga melati dikenal memiliki aroma harum yang segar dan menyejukkan, sehingga sangat cocok untuk dekorasi Lebaran. Bahkan, aroma bunga melati dipercaya dapat meredakan rasa lelah dan stres.

Selain itu, bunga berukuran kecil ini juga melambangkan kemurnian, kesucian, dan keindahan. Bunga Melati bisa dijadikan hiasan meja, ditempatkan di vas, ataupun dijadikan rangkaian bunga. 
 

4. Calla Lily

Kecantikan bunga calla lily juga cocok untuk dijadikan dekorasi rumah saat Lebaran. Memiliki kelopak bunga berbentuk mangkuk dan batang yang ramping, bunga ini terlihat estetis dan cantik saat dipajang.

Perawatannya juga terbilang mudah, yakni cukup taruh bunga calla lily yang sudah dipotong pada vas yang berisikan air. Namun, jangan isi vas dengan air yang terlalu penuh, serta ganti air setiap hari agar bunga tetap segar. Letakkan bunga calla lily di tempat yang mendapatkan sinar matahari cukup agar tanaman dapat berkembang dan tidak layu. 
 

5. Peony

Bunga peony dikenal karena memiliki aroma yang manis mirip seperti bunga mawar. Bunga peony tersedia dalam berbagai warna termasuk pink, ungu, putih, kuning, oranye, dan merah. Meskipun semua bentuknya sama-sama indah, bunga peony berwarna putih dan merah muda atau pink biasanya memiliki aroma harum yang lebih kuat dibandingkan lainnya. 

Baca juga: 4 Tren Cat Tembok Rumah untuk Menyambut Lebaran 2024
 

Bunga Peony. (Sumber gambar: Alisa Anton/Unsplash)

Bunga Peony. (Sumber gambar: Alisa Anton/Unsplash)

6. Anggrek

Bunga anggrek bisa menjadi pilihan dekorasi rumah saat Lebaran. Caranya, tambahkan media tanam berupa pot yang sudah diisi tanah, kemudian masukkan tanaman anggrek ke dalam pot. Agar dekorasi anggrek lebih menarik, gunakan bentuk pot yang tepat sesuai panjang bunga anggrek.

Perhatikan suhu serta kelembaban ruangan jika ingin bunga anggrek dapat bertahan lama. Letakan anggrek di tempat yang mudah terkena sinar matahari, serta pastikan untuk membasahi pot dengan air secara rutin agar bunga tidak layu. Dengan perawatan yang tepat, anggrek bisa bertahan selama beberapa bulan. 
 

7. Peace Lily

Bunga peace lily terkenal karena kemampuannya dalam memurnikan udara. Bunga ini memiliki daun yang rimbun dan kelopak bunga berwarna putih yang dapat mempercantik ruangan pada rumah. Tempatkan tanaman peace lily dalam ruangan dengan intensitas cahaya sedang jika ingin menghasilkan lebih banyak bunga, atau dalam cahaya yang lebih redup jika menginginkan lebih banyak dedaunan.
 

Bunga Lavender. (Sumber gambar: Nichole Pearce/Unsplash)

Bunga Lavender. (Sumber gambar: Nichole Pearce/Unsplash)

8. Gerbera

Gerbera hadir dengan bunga-bunga kecil dalam jumlah yang banyak, sehingga tampak cantik sebagai pajangan dalam ruangan. Bunga ini cocok dijadikan dekorasi ruangan saat Lebaran lantaran dianggap sebagai simbol dari keindahan, ketulusan juga kemurnian. Selain cantik dan estetis, bunga gerbera juga memiliki kemampuan untuk menyerap racun dari polusi udara dan asap rokok. 
 

9. Lavender

Bunga lavender dapat dijadikan pilihan sebagai dekorasi rumah saat Lebaran. Warna bunga lavender yang ungu cerah bisa membuat ruangan menjadi lebih estetis dan indah. Selain itu, lavender juga memiliki aroma khas yang menenangkan sehingga membuat suasana menjadi lebih rileks. Jika ingin aromanya lebih kuat, kalian dapat meremas bunga lavender agar harumnya menyebar. 
 

10. Krisan

Krisan kerap menjadi pilihan sebagai hiasan rumah baik dalam bentuk bunga potong ataupun bunga hiasan dalam pot. Bunga krisan dikenal memiliki beragam warna dan bentuk yang indah sehingga membuat sudut ruangan rumah menjadi lebih cantik dan estetis.

Sebagai dekorasi dalam rumah, kalian dapat menyimpan bunga krisan dalam vas berisi air. Jangan lupa untuk mengganti airnya dan memotong tangkai bawah bunga sepanjang 1 sentimeter setiap hari. 

Baca juga: Rekomendasi 6 Bunga yang Punya Makna Mendalam, Jangan Salah Pilih

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Film Kinds of Kindness Rilis Trailer Perdana, Suguhkan Konsep Dongeng Triptych

BERIKUTNYA

Riset Preferensi Alokasi THR Lebaran 2024, Ikuti Tips Ini untuk Pengelolaan yang Bijak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: