Ilustrasi bunga tulip (Sumber gambar: Tetiana/Pexels)

Capai Ratusan Ribu Dollar, Cek 5 Bunga Termahal di Dunia

30 June 2024   |   10:15 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Selain menjadi simbol keindahan, bunga juga menjadi objek jual-beli yang memiliki nilai fantastis. Kelangkaan hingga kecantikan berbagai jenis bunga membuatnya memiliki harga jual yang tinggi. Apalagi, beberapa bunga yang dinilai unik terkadang memiliki proses budidaya yang rumit.

Tak heran, beberapa bunga tercatat memiliki harga jual yang tinggi. Penasaran? Yuk simak bunga-bunga termahal di dunia berikut:
 

1. Shenzhen Nongke Orchid

 

Shenzhen Nongke Orchid (Sumber gambar:  /shedevrum.ai)

Shenzhen Nongke Orchid (Sumber gambar: /shedevrum.ai)

Sejarah dunia pernah mencatat Shenzhen Nongke Orchid sebagai bunga termahal di dunia. Meski bukan bunga alami seperti kebanyakan bunga lainnya, Shenzhen Nongke Orchid memiliki kecantikan unik dan proses rekayasa genetika yang langka sehingga membuatnya menjadi bunga termahal yang pernah terjual di dunia.

Bunga anggrek berwarna hijau ini dibuat di China. Pada 2005, Shenzhen Nongke Orchid menjadi satu-satunya tanaman rekayasa genetika yang berhasil terjual seharga 1,68 juta yuan atau sekitar US$280.000.


2. Juliet Rose

 

Juliet Rose (Sumber gambar: David Austin)

Juliet Rose (Sumber gambar: David Austin)

Keindahan Juliet Rose juga tak kalah dari kecantikan bunga rekayasa. Bunga berwarna peach dengan kelopak yang besar ini menawarkan kesan eksotis yang membuatnya bernilai mahal. Juliet Rose adalah mawar istimewa yang dikembangkan oleh perusahaan Inggris yakni David Austin Roses.

Keistimewaan bunga ini terletak pada bentuknya lapisan kelopak yang besar dan warna yang lembut. Harganya bisa mencapai £3 juta atau sekitar US$5 juta karena kelangkaannnya yang membuat Juliet Rose menjadi salah satu varietas mawar termahal di dunia.
 

3. Tulip Semper Augustus

 

Tulip Semper Augustus (Sumber gambar: The Garden of Eaden)

Tulip Semper Augustus (Sumber gambar: The Garden of Eaden)

Siapa saja tentu mengagumi keindahan bunga tulip. Tulip merupakan salah satu bunga indah yang tak lekang oleh zaman. Salah satu jenis tulip, Tulip Semper Augustus merupakan  tulip klasik yang terkenal pada abad ke-17 di Belanda dan terus diminati.

Menariknya, tulip ini memiliki corak putih dengan aksen merah yang sangat memikat mata. Ironisnya, keindahan Sempre Augustus itulah yang menyebabkannya punah. Guratan-guratan warna pada kelopaknya disebabkan oleh rekasi virus yang melemahkan umbi dan batangnya, membuat tanaman menjadi kerdil dan menyebabkannya layu.


4. Gold of Kinabalu Orchid

 

Gold of Kinabalu Orchid (Sumber gambar: Flickr)

Gold of Kinabalu Orchid (Sumber gambar: Flickr)

Beberapa bunga indah terkadang hanya ditemukan di tempat tertentu saja. Sulitnya menjangkau bunga-bunga indah ini terkadang menjadi alasan mengapa sebuah bunga dinilai mahal. Misalnya, Gold of Kinabalu Orchid yang merupakan salah satu bunga langka yang hanya dapat ditemui di Gunung Kinabalu, Malaysia.

Keunikan dan keindahan Gold of Kinabalu Orchid yang mempesona membuatnya menjadi incaran kolektor bunga. Pada 2005, satu tangkai Gold of Kinabalu Orchid pernah terjual seharga US$6.000 yang menjadikan bunga ini masuk dalam daftar bunga termahal di dunia.


5. Saffron Crocus

Saffron Crocus masuk dalam salah satu jenis bunga mahal di dunia. Bunga  ini menghasilkan sari bunga yang menjadi bahan baku untuk saffron, salah satu bahan yang laris manis dalam industri kesehatan dan kecantikan.

 Proses panen safron yang sangat rumit dan memakan waktu menjadikan safron sebagai salah satu bahan dari bunga termahal di dunia. Harga safron bisa mencapai ribuan dolar per pound, menjadikannya sebagai komoditas bunga yang sangat berharga di pasar global.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Intip Keseruan Mokonya Show-Meet & Greet di Mal Ciputra Jakarta

BERIKUTNYA

Cerita Felix K Nesi Garap Naskah Monolog Di Tepi Sejarah Tokoh Francisca Casparina

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: