Bunga mawar sebagai salah satu bunga yang dapat dijadikan bahan herbal. (Sumber gambar: Pixabay)

Enggak Hanya Cantik, 4 Bunga Ini Ternyata Aman untuk Dikonsumsi

26 July 2023   |   08:30 WIB
Image
Eben Ezer Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Bunga merupakan salah satu komponen alami dari alam yang banyak dijumpai di mana pun. Warna dan karisma bunga bisa memikat makhluk yang berada didekatnya. Selain dianggap menjadi simbol keindahan dan estetika, ada beberapa jenis bunga yang aman dijadikan bahan untuk dikonsumsi. 

Tentunya, tidak seluruh bunga-bungaan yang ada dapat dikonsumsi. Namun, berikut informasi mengenai beberapa jenis bunga yang aman untuk dikonsumsi dan mengandung zat-zat bermanfaat bagi tubuh. Simak yuk! 

Baca juga: Bukan Cuma Edelweis, Ini 5 Jenis Bunga Perlambang Cinta
 

1. Bunga Mawar

(Sumber gambar: Unsplash/Ivan Jevtic)

(Sumber gambar: Unsplash/Ivan Jevtic)

Bunga yang sering dikaitkan dengan sisi romantisme dan percintaan ini punya bagian yang aman untuk dikonsumsi yaitu Mahkota bunga mawar. Biasanya mahkota bunga mawar ini diletakkan pada salad sayur, teh, dan air rebusan alami.

Salah satu studi dari Jurnal Poltekkes Semarang menyatakan bahwa bunga mawar dapat menyebabkan perasaan rileks karena aromanya. Dalam jurnal tersebut juga disebutkan jika semakin harum sebuah bunga mawar, semakin enak rasanya untuk segera dikonsumsi. 
 

2. Bunga Kembang Sepatu

Bunga kembang sepatu yang punya ciri-ciri khas mahkota lebar ini sangat familiar bagi masyarakat di Indonesia dan bisa ditemukan di banyak tempat. Selain dapat berfungsi sebagai hiasan di halaman rumah, bunga kembang sepatu juga bisa diolah untuk bahan pengobatan herbal. 
 

3. Bunga Lavender 

Lavender (Sumber gambar: Unsplash/Annie Spratt)

Lavender (Sumber gambar: Unsplash/Annie Spratt)

Lavender biasanya sering ditemui dijadikan menjadi sebuah sumber pewangi herbal dalam produk pengusir nyamuk. Akan tetapi, nyatanya bunga ini tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk wewangian tapi juga makanan herbal.  

Lavender dapat digunakan sebagai penyampur bahan makanan serta air rebusan herbal. Lavender sangat berguna bagi kesehatan dan karena sifat herbalnya pula Lavender juga dijadikan sebagai wangi-wangian yang bersifat aromaterapi dan terkenal hingga ke mancanegara. 
 

4. Bunga Telang

Bunga telang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, bunga telang ini memiliki zat antioksidan yang berguna untuk kelembaban kulit.

Bunga telang juga biasa digunakan sebagai pewarna alami teh dan umumnya tidak memiliki rasa yang khas. Bunga ini memiliki ciri khas yang membedakannya dengan bunga jenis lainnya yakni mempunyai warna biru keungu-unguan.

Baca juga: Butuh Healing? Kunjungi 8 Taman Bunga di Indonesia yang Cantik nan Estetik Ini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Jadi Musisi Paling Senior, Bimbo Siap Suguhkan Pertunjukan Spesial di Synchronize Fest 2023

BERIKUTNYA

Ini Tipe Boneka Barbie yang Paling Laris di Dunia, Diakui Guinness World Records

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: