Bunga matahari (Sumber foto: Unsplash/Travis Leery)

Rekomendasi 6 Bunga yang Punya Makna Mendalam, Jangan Salah Pilih

18 October 2023   |   21:00 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Bunga merupakan salah satu tumbuhan yang digunakan saat berbagai event penting. Oleh karena itu, sebelum memberikan bunga kepada orang lain, tentu kalian harus mengetahui terlebih dahulu terkait  makna dari bunga itu sendiri.

Makna yang terkandung dalam suatu bunga, biasanya menjadi sumber inspirasi yang digunakan sebagian orang untuk mencari tanaman hias yang cocok dibudidaya. Selain itu, bunga yang memiliki simbol mendalam juga dapat diberikan kepada orang terdekat.

Baca juga: 4 Cara Merawat Anggrek Bulan supaya Bunganya Mekar dengan Indah

Lantas apa saja bunga yang memiliki makna dan cocok ditanam di halaman rumah? Dilansir dari situs Easy Flowers berikut bunga yang memiliki makna dan cocok dibudidayakan.


1. Aster

 

Aster (Sumber foto - Unsplash - Bernd Dittrich)

Aster (Sumber foto - Unsplash - Bernd Dittrich)

Bunga aster memiliki makna sebagai sebuah rasa cinta yang mendalam kepada seseorang. Tidak hanya itu, bunga yang sering dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah ini juga melambangkan keanggunan, kelembutan, keyakinan, kebahagiaan, optimisme, dan makna spiritual.
 

2. Camelia

 

Bunga Camelia (Sumber foto - Unsplash - Nadne Marfurt)

Bunga Camelia (Sumber foto - Unsplash - Nadne Marfurt)

Bagi Genhype yang sedang berada di perantauan atau sedang menjalani hubungan jarak jauh dengan kekasih, dapat menggunakan bunga camelia sebagai simbol kerinduan.  Selain itu, bunga yang memiliki makna kekaguman terhadap seseorang ini, juga cocok untuk menghias pekarangan rumah. Hal ini karena bunga Camelia memiliki kembang yang berlapis dengan banyak varian warna.


3. Gloxinia

 

Gloxinia  (Sumber foto: Wikimedia Common)

Gloxinia (Sumber foto: Wikimedia Common)

Bunga ini memiliki bunga dengan warna-warna yang menambah keindahannya.  Selain itu, bunga yang satu ini dapat disimpan dalam ruangan untuk menambah nilai estetika.  Tidak hanya itu, bunga gloxinia juga dapat diberikan kepada seseorang yang kalian cintai. Hal ini karena gloxinia melambangkan cinta pada pandangan pertama.


4. Tulip

 

Tulip (Sumber foto: Unsplash/Alexa Accuardi)

Tulip (Sumber foto: Unsplash/Alexa Accuardi)

Bunga tulip merupakan salah satu tanaman yang melambangkan negara Belanda. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari makna yang terkandung dalam bunga yang satu ini. Tulip banyak dicari masyarakat karena memiliki simbol kepercayaan, seorang kekasih yang sempurna, cinta. Selain itu, tulip putih melambangkan kesucian, permintaan maaf, penyesalan, serta rasa simpati pada suatu hal.


5. Bunga Matahari 

 

Bunga matahari (Sumber foto: Unsplash/Michelle Francisca Lee)

Bunga matahari (Sumber foto: Unsplash/Michelle Francisca Lee)

Bunga matahari merupakan satu dari banyaknya bunga yang dapat kalian temukan dengan muda di Indonesia. Selain bentuknya yang menyerupai matahari, bunga yang satu ini termasuk tanaman unik karena akan bergerak mengikuti arah matahari. Tanaman yang satu ini cocok untuk menghias halaman rumah, hal ini karena bunga matahari memberikan makna  kebahagiaan, kegembiraan, dan juga keceriaan dalam sebuah relasi bersama orang lain termasuk anggota keluarga. 
 

6. Anggrek

  

(Sumbe foto)

Anggrek (Sumbe foto: Unsplash/Jessica Knowlden)

Salah satu bunga yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia ialah anggrek. Tanaman yang satu ini, banyak kita jumpai di beberapa tempat misalnya rumah, taman, ataupun di hutan.  Selain warnanya yang indah, tanaman hias  yang  satu ini, juga memiliki makna mendalam diantaranya simbol rasa cinta kepada seseorang, kecantikan, kebijaksanaan, dan kedewasaan. 

Demikian beberapa bunga yang memiliki makna mendalam dan juga cocok untuk dibudidayakan di rumah. Selain itu, beberapa tanaman hias di atas juga dapat diberikan kepada orang terdekat sebagai hadiah.

Baca juga: Enggak Hanya Cantik, 4 Bunga Ini Ternyata Aman untuk Dikonsumsi

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Profil Iwan Yusuf, Seniman yang Haus Bereksplorasi dengan Ragam Media

BERIKUTNYA

Daftar Pemain Film Killers of the Flower Moon, Ada Leonardo DiCaprio & Robert De Niro

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: