Ilustrasi ruang tamu. (Sumber gambar: Spacejoy/Unsplash)

4 Tren Cat Tembok Rumah untuk Menyambut Lebaran 2024

19 March 2024   |   12:41 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Merapikan rumah menjadi salah satu hal yang kerap dilakukan untuk menyambut Hari Raya Lebaran. Untuk menyambut Idulfitri, masyarakat biasanya akan membersihkan, merapikan, menata ulang interior, hingga merenovasi rumah. Hunian yang rapi tentu akan menciptakan suasana yang indah saat bersilaturahmi pada hari yang suci.

Dalam merenovasi rumah, tentunya diperlukan cat dinding sebagai salah satu elemen penataan desain interior yang paling penting. Selain dari segi kualitas, pemilihan cat dinding juga harus dipertimbangkan dari segi warnanya. Warna cat dinding yang tepat bisa menunjang penampilan interior rumah secara keseluruhan.

Hampir setiap tahunnya, tren warna cat untuk Ramadan dan Lebaran akan hadir sebagai inspirasi. Tahun ini, warna-warna cat hadir menjadi pilihan untuk menciptakan ruang yang tenang, damai, dan mendukung refleksi spiritual. Berikut adalah empat tren warna cat utama untuk Lebaran 2024 seperti dilansir dari laman Nippon Paint

Baca juga: Rekomendasi 8 Warna Cat Trendi 2024 Untuk Kamar Tidur
 

1. Find Calm 

Warna-warna Find Calm dihadirkan untuk menciptakan rasa aman dan tenang di tengah kehidupan sehari-hari yang berjalan terlalu sibuk. Ada tiga referensi palet warna dalam Find Calm yakni Light Touch, Super Warm, dan Delicate Nature.
 

Light Touch. (Sumber gambar: Nippon Paint)

Light Touch. (Sumber gambar: Nippon Paint)

Untuk Light Touch, terdapat pilihan warna seperti White Lilac dipadukan dengan Burnt Ashes serta Suited Up yang bisa menciptakan sensasi kesegaran dan kehangatan, sehingga meningkatkan spirit di rumah. Selain menciptakan suasana yang menenangkan, warna-warna tersebut juga bisa membuat hunian tampak versatile.

Sementara Super Warm, menawarkan tampilan layering lembut dan hangat dari warna Red Earth, Sapling, dan Reserved White yang harmoni membuat suasana rumah menjadi tenang. 
 

Super Warm (Sumber gambar: Nippon Paint)

Super Warm & Delicate Nature (Sumber gambar: Nippon Paint)

Adapun, Delicate Nature menawarkan warna-warna seperti Desert Dusk, Reserved White, dan Sandcastle untuk menunjang desain interior Jepang dan Skandinavian yang identik dengan aksen kayu, batu, dan anyaman sehingga membawa kesan bersih dan nyaman dalam ruangan yang terbatas. 
 

2. Find Freedom

Find Freedom menawarkan referensi warna-warna cerah dan ceria yang memancarkan unsur kekinian dan segar. Hal itu terangkum dalam tiga inspirasi palet warna yakni Pop Life, Fresh Harmony, dan Soft Expression.
 

Pop Life. (Sumber gambar: Nippon Paint)

Pop Life. (Sumber gambar: Nippon Paint)

Pengaplikasian palet Pop Life bisa hadir dengan warna putih hangat dari Fairy Wings sebagai backdrop yang dikombinasikan dengan warna lilac dari Night Dress, dan Sunkissed Tomato. Penambahan aksen ini membuat statement warna semakin kuat dengan colour block dan aksen dari furnitur.
 

 

Fresh Harmony & Soft Expression. (Sumber gambar: Nippon Paint)

Fresh Harmony & Soft Expression. (Sumber gambar: Nippon Paint)

Sementara untuk Fresh Harmony, bisa mengombinasikan warna hijau dan kuning dalam harmoni Limeburst, Cool Wonder, dan Golden Yellow. Warna-warna cerah dan segar ini bisa diaplikasikan untuk kamar tidur, ruang kerja, hingga dapur. Adapun, Soft Expression berupa kombinasi warna Hijau Merchant’s Venice, Mauve Dignity, dan warna lilac Night Dress untuk menciptakan ruangan yang ceria sekaligus hangat. 
 

3. Find Renewal

Find Renewal menyuguhkan warna-warna hijau kebiruan dari alam bahari yang memberikan nuansa pembaharuan. Warna-warna ini diharapkan bisa menjadi personal yang lebih positif, mendapat peluang baru, dan menjadi lebih baik dari yang sebelumnya. Hal tersebut terangkum dalam palet warna Sand and Shell, Out To Sea, dan Shore Lines.
 

Out To Sea. (Sumber gambar: Nippon Paint)

Out To Sea. (Sumber gambar: Nippon Paint)

Kreasi warna Sand and Shell terinspirasi dari lembutnya pasir dan warna kerang laut dengan sentuhan merah muda pada warna Knitted Fleece, serta sentuhan pasir lembut dari warna Just an Inkling, dan kesempurnaan warna dari Simply white. Semua bersatu menghasilkan ruangan yang tenang dan damai. 

Sementara kreasi warna Out To Sea terinspirasi dari keindahan dalam laut di samudera biru. Cerahnya Glazed Ceramic, nuansa yang mendalam dan meneduhkan dari Peninsular, dan warna Turquoise Reflection datang bersamaan untuk berkolaborasi membawa spektrum warna biru dan spirit keindahan dalam laut yang menginspirasi.
 

Sand and Shell. (Sumber gambar: Nippon Paint)

Sand and Shell. (Sumber gambar: Nippon Paint)

Adapun, kreasi warna Shore Lines menawarkan harmonisasi warna alam dengan sempurna yang terinspirasi dari warna natural biru laut dan warna pasir yang netral. Warna Blue Button, Staring into space, dan Just an Inkling menambahkan sentuhan dari hangatnya warna pasir ke dalam rumah. 
 

4. Find Balance

Find Balance hadir untuk menciptakan kesan elegan dalam ruangan lewat pilihan warna yang seimbang, sehingga memberikan kenyamanan dan energi positif dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu diwujudkan dalam tiga kreasi warna yakni Monochrome Moment, Timeless Tones, dan Natural Elegance.
 

Monochrome Moment. (Sumber gambar: Nippon Paint)

Monochrome Moment. (Sumber gambar: Nippon Paint)

Seperti namanya, kreasi Monochrome Moment terinspirasi dari monokrom sebagai warna dasar yang tak lekang oleh waktu. Penggunaan warna abu-abu bisa dipadukan dengan sedikit warna putih dari Silver Miner, serta Graycloth dan Lavender Hedge yang dapat menciptakan suasana elegan dan glamor.
 

Timeless Stone (Sumber gambar: Nippon Paint)

Timeless Stone & Natural Elegance (Sumber gambar: Nippon Paint)

Sementara Timeless Tones menciptakan warna yang tak lekang oleh waktu dari warna Earthling dan Fountain Blue yang membuat tampilan indah dan cantik di setiap ruangan. Sementara itu, putih lembut dari warna Pearl Shell menambahkan kesan bersih, suasana modern dalam desain klasik dengan sentuhan warna yang abadi pada rumah.

Adapun, kreasi warna Natural Elegance merupakan harmonisasi natural warna antara biru dan kuning yang menciptakan hasil akhir yang mewah sekaligus lembut dari warna Woven Slats, Water Chestnut dengan aksen elegan warna dari Fountain Blue.

Baca juga: 8 Tren Desain Interior Dapur 2024, Aplikasi Warna Alam hingga Pola Herringbone

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

7 Rekomendasi Game Lokal Seru, Bisa Jadi Teman Ngabuburit

BERIKUTNYA

Memanjakan Lidah dengan Kuliner Khas Nusantara di Smriti

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: