Ilustrasi ruang tamu. (Sumber gambar: Spacejoy/Unsplash)

5 Inspirasi Warna Gorden Terbaik untuk Menyambut Lebaran 2024

24 March 2024   |   11:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Merapikan rumah menjadi salah satu hal yang kerap dilakukan untuk menyambut Hari Raya Lebaran. Untuk menyambut Idulfitri, masyarakat biasanya akan membersihkan, merapikan, menata ulang interior, hingga merenovasi rumah.

Hunian yang rapi tentu akan menciptakan suasana yang indah saat bersilaturahmi pada hari yang suci. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menata desain interior rumah untuk menyambut Lebaran, salah satunya adalah mengganti gorden.

Baca juga: Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Membeli Gorden

Mengutip dari situs Gorden Bandung, gorden atau yang dikenal juga sebagai tirai atau korden, adalah sejenis penutup jendela yang terbuat dari kain atau bahan lainnya.

Gorden memiliki sejumlah fungsi penting dalam penggunaannya di rumah atau ruangan lainnya. Selain mengatur pencahayaan dan memberikan privasi, gorden juga berperan dalam aspek estetika, pengendalian suhu, pengurangan bunyi, perlindungan terhadap debu dan kotoran, perlindungan terhadap serangga, serta sebagai pembatas ruangan.

Lantaran memiliki peranan penting dalam desain interior ruangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih gorden yang tepat. Menukil dari laman Homes & Gardens, sebelum memilih gorden, penting untuk menentukan terlebih dahulu suasana apa yang ingin diciptakan di sebuah ruangan. Hal ini akan berkaitan dengan warna gorden yang nantinya tepat untuk menjadi pilihan.

Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti intensitas cahaya pada ruangan, warna dinding, material atau bahan gorden, hingga jumlah jendela pada ruangan. Setelah mempertimbangkan beberapa hal tersebut, penting untuk memilih warna gorden yang tepat untuk interior rumah.

Warna gorden yang tepat dapat menunjang desain interior serta menciptakan suasana ruangan yang menarik secara visual. Sebagai inspirasi, berikut adalah beberapa rekomendasi warna gorden terbaik untuk menyambut Lebaran 2024 dilansir dari Satin and Slate Interiors.


1. Warna Netral

Gorden dengan warna-warna netral yang timeless alias tidak lekang oleh waktu dan serbaguna, menjadikannya pilihan tepat untuk hampir semua ruangan. Warna-warna seperti krem, gading, dan abu-abu muda memberikan latar belakang netral serta mampu melengkapi berbagai skema warna dan memungkinkan menunjang elemen desain lainnya pada ruangan.

Selain itu, gorden dengan warna netral juga memberikan sentuhan elegan dan canggih pada beberapa ruangan seperti ruang tamu, kamar tidur, dan ruang makan. Termasuk, dapat menciptakan rasa tenang dan keseimbangan sekaligus mudah dipadukan dengan gaya dan tema yang berbeda dari elemen interior yang lainnya.
 

Ilustrasi penggunaan gorden bernuansa biru. (Sumber gambar: Homelane/Pexels)

Ilustrasi penggunaan gorden bernuansa biru. (Sumber gambar: Homelane/Pexels)

2. Nuansa Biru

Warna biru dikenal karena sifatnya yang menenangkan, menjadikannya pilihan ideal untuk ruangan yang mengutamakan relaksasi, seperti kamar tidur, kamar mandi, dan ruang baca. Gorden dengan nuansa biru muda, seperti biru langit atau aqua pastel dapat membangkitkan rasa tenang dan tenteram pada ruangan.

Sementara warna biru yang lebih dalam seperti biru laut atau nila menambah kedalaman dan kecanggihan pada suatu ruangan. Selain itu, pertimbangkan untuk memadukan tirai biru dengan dinding putih atau krem untuk menciptakan suasana bak di pantai atau spa yang menenangkan.


3. Warna-warna Alam

Gorden dengan warna-warna alam bisa menjadi pilihan untuk menciptakan suasana nyaman pada ruangan. Warna-warna seperti terakota, hijau zaitun, dan coklat hangat menciptakan koneksi dengan alam serta menghadirkan rasa hangat dan nyaman pada ruangan.

Selain itu, gorden berwarna tanah cocok digunakan di ruang keluarga, ruang makan, dan kantor rumah. Untuk meningkatkan kesan bersahaja, padukan gorden ini dengan bahan alami seperti furnitur kayu, aksen rotan, dan elemen tumbuhan.
 

v

Ilustrasi penggunaan gorden berwarna netral. (Sumber gambar: Vecislavas/Pexels)

4. Warna-warna Energik

Jika Genhype ingin memberikan kesan berani dan menambahkan sentuhan cerah pada interior rumah, pertimbangkan gorden dengan warna-warna energik. Warna-warna seperti kuning mustard, merah cerah, atau hijau zamrud dapat menciptakan suasana cerah dan penuh optimisme yang cocok digunakan pada ruangan seperti ruang belajar, ruang bermain, atau dapur.

Oleh karena itu, gunakan gorden berwarna cerah sebagai aksen pada dinding netral atau berwarna terang untuk menciptakan titik fokus yang mencolok secara visual. Usahakan untuk menyeimbangkan warna gorden dengan memasukkan aksesori dan perabotan pelengkap lainnya pada ruangan.


5. Warna Monokrom

Untuk tampilan ruangan yang anggun dan abadi, gorden berwarna monokrom atau hitam putih adalah pilihan yang tepat. Kontras antara kedua warna ini dapat menambah kesan dramatis sekaligus keanggunan pada ruangan.

Gorden hitam dapat menciptakan kesan mewah dan dapat dipadukan dengan desain modern atau kontemporer. Sebaliknya, gorden putih bisa memberikan kesan lapang dan cerah pada ruangan, sehingga cocok untuk interior tradisional atau desain Skandinavia. Agar tidak terlalu monoton, cobalah memilih gorden dengan pola atau tekstur untuk menambah kedalaman dan daya tarik visual pada ruangan.

Baca juga: Cek Jenis-Jenis Gorden untuk Memperindah Tampilan Rumah

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

6 Ide Kegiatan Seru Mengisi Waktu saat Perjalanan Mudik

BERIKUTNYA

Sinopsis Serial 3 Body Problem di Netflix, Kisah Epik Ilmuwan Selamatkan Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: