Persiapan penting saat mudik dengan kendaraan pribadi (Sumber gambar: pexels/ Nubia Navarro (nubikini))

Mau Mudik Dengan Kendaraan Pribadi? Perhatikan Persiapan Ini

24 March 2024   |   17:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu cara untuk pulang ke kampung halaman atau mudik pada masa lebaran adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk itu, sejumlah persiapan perlu menjadi perhatian bagi para pengemudi saat mengendarai kendaraan demi keselamatan dan keamanan.

Learning & Development Manager and Senior Instructor IDDC Sumantri mengatakan bahwa potensi kecelakaan bagi Genhype ketika mengemudi jarak jauh atau mudik cukup besar. Salah satu alasannya adalah banyak yang mengesampingkan rasa lelah.

Padahal, 1 dari 10 kecelakaan karena faktor kelelahan. Tidak hanya itu, masih banyak juga pengemudi yang sebenarnya belum kompeten. Namun, mereka sudah berani menyetir-bahkan dengan kecepatan tinggi sehingga menjadi penyebab kecelakaan.

Kecelakaan bukan hanya terjadi akibat kelalaian pengemudi sendiri, tetapi juga karena kelalaian orang lain yang juga menyetir. Selain itu, pengendara di Indonesia yang mengemudi berdasarkan pengalaman turun-temurun dan tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang cara mengemudi dan kendaraan yang dikendarai juga menjadi penyebab lainnya.

Baca juga:  Daftar Tarif Tol Trans Jawa saat Periode Mudik Lebaran 2024, Ada Diskon Dari Jasa Marga?

Jadi, Genhype perlu melakukan berbagai persiapan agar terhindar dari kecelakaan saat mengendarai mobil pribadi ketika pulang ke kampung halaman dan merayakan Hari Raya Idulfitri bersama dengan keluarga dan orang tua. Berikut persiapan yang harus dilakukan oleh pemudik saat mengendarai mobil ketika melakukan perjalanan mudik.

Persiapan kendaraan

1. Kondisi Ban

Persiapan pertama terkait dengan kendaraan adalah memastikan kondisi ban mobil yang akan digunakan oleh Genhype tidak botak. Jadi, kalian dapat menggantinya jika komponen yang langsung berhubungan dengan jalan itu menunjukkan tread war indicator atau indikator kausan ban sudah waktunya diganti.

2. Lakukan spooring

Langkah lainnya yang perlu dilakukan oleh Genhype adalah melakukan spooring atau menyelaraskan posisi roda mobil agar sesuai dengan pengaturan pabrik. Tujuan spooring mobil adalah agar tidak ada tarik menarik antara roda yang dapat berakibat ban lebih cepat aus.

Tidak hanya itu, persiapan ini juga dpat mencegah kendaraan tidak stabil, sehingga dapat lebih aman ketika menempuh perjalanan.

3. Pastikan kondisi oli

Genhype perlu memastikan bahwa oli mesin, rem, power steering, dan transmisi cukup untuk perjalanan jarak jauh dan pulang pergi. Kalian perlu menggantinya jika sudah mendekati waktu penggantian demi terhindar dari kejadian tidak diinginkan.

Baca juga:  Cek 5 Jalur Mudik Paling Ekstrem di Indonesia

4. Pastikan rem aman

Rem merupakan salah satu komponen penting lainnya dalam mobi karena memiliki fungsi untuk membuat kendaraan berhenti. Genhype harus mengganti kampas rem jika kondisinya sudah menipis demi keamanan berkendara.

Selain itu,  kalian juga perlu melakukan pemeriksaan viskositas minyak rem (kadar air yg terkandung dalam minyak rem) dengan menggunakan alat ukur. Minyak rem yang memiliki kadar air berlebih akan berbahaya karena dapat mempengaruhi kerja rem dan akan menyebabkan brake fading, yaitu penurunan fungsi rem akibat panas yang dihasilkan gesekan, yang selama ini orang bilang rem blong 

Persiapan Pengemudi

1. Pastikan pengemudi dalam kondisi sehat

Selain persiapan terkait dengan kendaraan, Genhype yang mengendarai mobil juga perlu melakukan persiapan. Sebelum menyetir mobil untuk menempuh jarak jauh, kalian harus dalam kondisi sehat. Selain itu, puasa juga bukan halangan untuk mengemudi selama kalian dalam kondisi sehat.

2. Pastikan cukup istirahat sebelum berangkat

Genhype juga perlu memastikan cukup istirahat sebelum berangkat sebagai bagian dari persiapan berkendara jarak jauh. Bukan tanpa alasan, kebanyakaan kecelakaan terjadi karena pengemudi mengesampingkan rasa lelah.

3. Sediakan perlengkapan pribadi, uang tunai secukupnya

Persiapan lain yang perlu menjadi perhatian adalah perlengkapan pribadi dan uang tunai secukupnya untuk mengatasi berbagai kemungkinan ketika berada di daerah yang tidak terdapat anjungan tunai mandiri.

4. Pastikan kartu uang elektronik cukup terisi 

Selain jalan arteri, pemudik juga kerap menggunakan jalan tol atau bebas hambatan untuk menuju kampung halaman. Pada saat ini, gerbang tol di seluruh Indonesia sudah menggunakan metode pembayaran non tunai. Jadi, pastikan kartu uang elektronik terisi dengan cukup agar tidak mengalami kendala saat keluar pintu tol.

5. Siapkan journey plan

Persiapan lain yang harus menjadi perhatian Genhype dalam melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024 adalah rencana perjalanan atau journey plan agar menyenangkan.

Baca juga:  5 Tip Sewa Mobil untuk Mudik, Jangan Asal Pilih

Saat kalian membuat perencanaan, langkah pertama adalah menentukan jalur yang akan dilalui. Jadi, pilihlah jalur yang paling cepat sampai, bukan yang terdekat. Kalian bisa menggunakan aplikasi sebaga petunjuk.

Kemudian, Genhype perlu memilih waktu keberangkatan yang tepat agar tidak terjeba kemacetan karena banyak pemudik memilih waktu yang sama.

Selain itu, cari tempat istirahat setiap 4 jam jika lancar dan perkirakan dengan pilihan jalur yang telah ditentukan. Kalian perlu memastikan berhenti untuk beristirahat setiap 4 jam dan tidak menuggu sampai tubuh terasa lelah karena dapat menyebabkan fatique dan sangat berbahaya bagi diri sendiri serta keluarga yang ada dalam mobil.

Baca juga: 6 Ide Kegiatan Seru Mengisi Waktu saat Perjalanan Mudik

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

5 Destinasi Wisata Religi di Yogyakarta

BERIKUTNYA

Yuk Mudik Gratis dengan Kapal Perang TNI AL, Cek Syarat, Rute, Cara Pendaftarannya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: