Mudik menjadi salah satu tradisi yang lekat dengan Hari Raya Lebaran. (Sumber gambar: Alex Jumper/Unsplash)

6 Ide Kegiatan Seru Mengisi Waktu saat Perjalanan Mudik

24 March 2024   |   10:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Perjalanan mudik biasanya memakan waktu berjam-jam hingga berhari-hari yang bisa ditempuh dengan berbagai moda transportasi, mulai dari mobil pribadi, bus, kereta api, kapal laut hingga pesawat. Tak jarang perjalanan mudik juga kerap menghadapi kemacetan.

Alhasil, perjalanan mudik kerap membuat orang-orang merasa bosan hingga kelelahan. Namun, sebenarnya ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan agar perjalanan mudik tidak terasa membosankan. Dengan melakukan beberapa kegiatan yang seru, perjalanan mudik pun bisa menjadi menyenangkan dan tidak terasa terlalu melelahkan.

Baca juga: Daftar Tarif Tol Trans Jawa saat Periode Mudik Lebaran 2024, Ada Diskon Dari Jasa Marga?

Berikut adalah 6 ide kegiatan seru untuk mengisi waktu saat perjalanan mudik.


1. Mengobrol dan bertukar cerita

Kegiatan sederhana yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan selama perjalanan mudik adalah mengobrol atau bertukar cerita. Mulailah percakapan yang seru dan menarik, seperti cerita tentang pengalaman perjalanan sebelumnya, rencana liburan selanjutnya, atau hal-hal lucu yang terjadi selama perjalanan.

Berbagi cerita dengan keluarga atau sanak saudara bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu selama mudik sekaligus mempererat hubungan antarsesama.


2. Mendengarkan musik

Musik adalah teman setia dalam setiap perjalanan. Musik telah menjadi bagian dari hidup yang menemani setiap suasana. Maka tak heran, musik mampu membangkitkan suasana serta menghilangkan rasa bosan termasuk saat dalam perjalanan mudik.

Sebelum mudik, kalian bisa memilih lagu-lagu dan membuat playlist yang akan diputar selama perjalanan mudik. Pilihlah lagu-lagu bernuansa ceria yang bisa membangkitkan mood dan suasana menjadi lebih baik. Lagu-lagu lawas juga bisa menjadi pilihan jika mudik bersama orang tua. Kamu dan orang tua bisa mendengarkan musik sambil bernyanyi bersama.
 

v

Kegiatan sederhana yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan selama perjalanan mudik adalah mengobrol atau bertukar cerita. (Sumber gambar: Brian Erickson/Unsplash)

3. Menonton film atau YouTube

Ada banyak film dan serial yang bisa menjadi pilihan tontonan untuk hiburan selama dalam perjalanan mudik. Biasanya orang-orang membutuhkan waktu berjam-jam untuk menyelesaikan film atau drama serial favorit, sehingga perjalanan mudik menjadi waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan seru satu ini.

Selain film dan serial, kalian juga bisa menonton acara-acara YouTube favorit selama perjalanan mudik. Untuk antisipasi kuota habis atau sinyal yang tidak mendukung selama perjalanan mudik, kalian bisa mengunduh (download) terlebih dahulu film, serial, ataupun video YouTube agar bisa ditonton secara offline.


4. Bermain gim

Kegiatan seru lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan saat mudik ialah bermain gim. Saat hari-hari biasa mungkin waktu kalian terbatas untuk bermain gim lantaran harus menjalankan rutinitas tugas dan pekerjaan. Oleh karena itu, perjalanan mudik bisa menjadi waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan mengisi waktu luang satu ini.

Ada banyak jenis gim yang bisa kalian mainkan mulai dari gim sederhana seperti Sudoku atau teka-teki silang hingga gim yang lebih seru seperti permainan petualangan atau balapan. Agar lebih seru, pilih gim yang bisa dimainkan oleh beberapa orang, sehingga kalian bisa berbagi keseruan dengan keluarga atau saudara selama dalam perjalahan mudik.


5. Membaca buku

Membaca buku bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu yang panjang saat perjalanan mudik. Siapkan buku bacaan favorit kalian sebelum mudik, seperti novel, komik, majalah ataupun buku non-fiksi. Kini juga sudah banyak buku digital yang bisa diakses menggunakan gawai ataupun tablet. 

Jika tidak suka membaca buku fisik atau digital (ebook), buku-buku audio bisa menjadi pilihan. Dengan begitu, semua anggota keluarga dan saudara juga bisa turut menikmati kisah seru yang dibawakan oleh buku audio favorit kalian sambil menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan.


6. Mendengarkan podcast

Konten audio seru lainnya yang bisa dinikmati untuk hiburan selama perjalanan mudik yakni podcast atau siniar. Kini, banyak konten podcast seru yang bisa menjadi pilihan dengan beragam topik, mulai dari cerita sehari-hari, kisah horor, serta obrolan soal buku, film, politik, kesehatan, dan lainnya.

Selain menjadi hiburan, obrolan yang tersaji dalam konten-konten podcast tentunya bisa menjadi pemantik diskusi kalian bersama anggota keluarga atau saudara saat perjalanan mudik. Dengan begitu, suasana mudik pun menjadi lebih menyenangkan dan tidak terasa membosankan.

Baca juga: 5 Tip Sewa Mobil untuk Mudik, Jangan Asal Pilih

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Apa Arti Mokel? Istilah yang Populer saat Ramadan

BERIKUTNYA

5 Inspirasi Warna Gorden Terbaik untuk Menyambut Lebaran 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: