Ilustrasi rental mobil (Sumber gambar: Unsplash/Simon Tartarotti)

5 Tip Sewa Mobil untuk Mudik, Jangan Asal Pilih

22 March 2024   |   21:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Selain menggunakan transportasi umum, masyarakat kerap menyewa mobil untuk melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman dan merayakan Idulfitri bersama keluarga. Ada beberapa alasan yang membuat orang memilih sewa mobil untuk mudik lebaran. Salah satunya adalah kemudahan dalam mobilitas.

Saat merayakan Hari Raya Idulfitri, kegiatan yang umum dilakukan adalah mengunjungi kerabat di kampung halaman. Dengan menggunakan mobil sewa, mobilitas akan lebih leluasa dibandingkan dengan transportasi umum. Tidak hanya itu, transportasi umum di daerah yang kadang masih tidak maksimal juga kerap menyulitkan ketika harus bepergian.  

Baca juga: Cek Rute, Syarat, dan Cara Daftar Mudik Gratis Polri 2024

Kemudian, keputusan menyewa mobil untuk pulang kampung juga dapat menjadi pertimbangan karena kalian tidak perlu memikirkan perawatan saat kendaraan dipakai jarak jauh. 

Sebelum menyewa kendaraan, Genhype perlu memperhatikan banyak hal. Salah satunya adalah kondisi mobil yang akan digunakan bersama anak dan istri. Ini menjadi penting lantaran kondisi yang tidak fit dapat berdampak fatal atau merugikan dalam perjalanan.

Berikut tip menyewa kendaraan untuk pulang ke kampung halaman versi Hypeabis.id. 
 

1. Pilih penyedia jasa terpercaya 

Langkah pertama sebelum menyewa kendaraan untuk pulang ke kampung halaman adalah memilih penyedia jasa rental mobil yang dapat dipercaya. Jadi, pastikan kalian melakukan riset terlebih dahulu tentang perusahaan yang menyediakan layanan tersebut.

Kalian bisa mencari informasi melalui mesin pencarian Google dan menelusuri rekam jejaknya. Tidak hanya itu, tidak ada salahnya untuk bertanya-tanya mengenai banyak hal, seperti asuransi dan perawatan kendaraan yang dilakukan. 
 

2. Survei harga

Survei harga merupakan langkah lain yang harus dilakukan oleh Genhype ketika hendak menyewa kendaraan. Kalian dapat melakukan perbandingan antara satu penyedia jasa dengan penyedia lainnya.

Saat melakukan survei, pastikan juga layanan-layanan yang disediakan oleh perusahaan rental mobil. Jangan sampai harga yang harus dibayar tidak sesuai dengan layanan yang didapat, sehingga kalian merugi. 
 

3. Cari mobil sesuai kebutuhan 

Perusahaan penyedia jasa sewa mobil biasanya memiliki beragam jenis mobil, dari sport utility vehicle (SUV), multi purpose vehicle (MPV), sedan, dan sebagainya. Setiap jenis mobil memiliki keunggulan masing-masing.

SUV dengan ground clearance yang tinggi dapat diandalkan dengan kondisi jalan yang mungkin tidak baik. Sementara di jalan yang standar, MPV dapat menjadi pilihan. Adapun, sedan sebaiknya dioperasikan di jalanan yang mulus.

Tidak hanya itu, jumlah keluarga yang ikut mudik juga harus menjadi pertimbangan. Saat ini, tersedia kendaraan dengan ukuran 5 tempat duduk atau 7 tempat duduk. Selain itu, barang bawaan juga perlu diperhatikan. 
 

4. Periksa perawatan kendaraan 

Setelah mengetahui jenis kendaraan yang hendak disewa, Genhype perlu menanyakan ke perusahaan penyedia jasa kendaraan terkait perawatan mobil tersebut. Biasanya, kendaraan yang menjalani perawatan di bengkel resmi akan memperoleh kartu perawatan.

Dari informasi itu, Genhype bisa mengetahui kapan terakhir kali kendaraan yang akan dibawa mudik memperoleh pemeriksaan. Mobil yang tidak pernah mendapatkan perawatan sebaiknya tidak disewa karena akan berbahaya. 
 

5. Cari kendaraan yang dikuasai

Saat ini, kendaraan yang ada di pasar Indonesia terdiri dari transmisi manual dan otomatis. Genhype sebaiknya memilih mobil dengan transmisi yang biasa digunakan. Kalian tidak perlu memaksakan kan mobil dengan transmisi manual jika terbiasa membawa kendaraan transmisi otomatis. Langkah ini guna menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk yang dapat terjadi.

Baca juga: Bisa Jadi Alat Bukti Kecelakaan, Begini Cara Memilih Dash Cam Mobil

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Joko Anwar Bebaskan Lisensi Logo Judul & Poster Film Siksa Kubur untuk UMKM

BERIKUTNYA

Jebolan Indonesian Idol Anggis Devaki Rilis Single Baru Kisah Tanpa Dirimu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: