Mudik gratis dengan kapal perang (Sumber gambar: tangkapan layar unggahan akun twitter Kementerian Pertahanan Indonesia )

Yuk Mudik Gratis dengan Kapal Perang TNI AL, Cek Syarat, Rute, Cara Pendaftarannya!

24 March 2024   |   19:28 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Genhype yang belum pernah merasakan naik kapal perang dan ingin mencobanya bisa mengikuti program mudik gratis yang diadakan oleh TNI pada masa libur lebaran tahun ini. TNI Angkatan Laut Indonesia telah menyiapkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) menjelang Hari Raya Idulfitri untuk masyarakat.

Kabar itu disampaikan oleh akun media sosial twitter Kementerian Pertahanan Indonesia @Kemhan_RI. Dalam unggahannya, Genhype yang ingin merasakan sensasi mudik dengan kapal perang dapat melakukan pendaftaran di 3 kota.

Pertama adalah di Jakarta, yakni Mako Kolinlamil yang berada di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kedua di Mako Lanal Semarang, Tawangsari, Semarang. Ketiga adalah di Mako Lantamal V Surabaya, Surabaya.

Baca juga:  Mau Mudik Dengan Kendaraan Pribadi? Perhatikan Persiapan Ini

Untuk mengikuti mudik gratis dengan menggunakan kapal perang ini, Genhypa harus persyaratan dan ketentuan yang diterapkan. Pertama, kalian harus menyerahkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Kedua, Genhype juga harus menyerahkan fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Ketiga adalah kalian perlu menandatangani surat bersedia mematuhi peraturan dinas dalam KRI.

“Pemudik dilarang menggunakan sepeda motor listrik,” demikian tertulis.

Dalam unggahannya, Kementerian Pertahanan menuliskan bahwa Menteri Pertahanan Indonesia pada banyak kesempatan selalu mengingatkan bahwa prajurit TNI adalah anak kandung rakyat yang harus membantu kesulitan rakyat.

Kemudian, mudik gratis dengan menggunakan kapal perang itu juga khusus untuk penumpang angkutan dan pengendara sepeda motor.

Unggahan mudik gratis dengan menggunakan kapal perang itu telah dilihat oleh lebih dari 10.000 pengguna media sosial dengan lambang X itu. Selain itu, sebanyak 204 pengguna lainnya telah mengeklik simbol suka.

Kemudian, informasi dari Kementerian Pertahanan itu juga sudah dipos ulang oleh pengguna media sosial twitter lainnya sebanyak 54 kali. Akun Kementerian Pertahanan ini baru mempos informasi mudik gratis dengan kapal perang pada hari ini, Minggu, 24 Maret 2024.  

Program mudik gratis itu mendapatkan berbagai reaksi dari para pengguna media sosial twitter lainnya. Salah satu pengguna media sosial mengungkapkan ingin naik kapal perang. Namun, dirinya tidak mudik pada tahun ini.

Selain itu, pengguna media sosial lainnya menuliskan mudik naik kapal perang akan menjadi pengalaman seru. Namun, dia tidak dapat memanfaatkannya karena bukan orang Semarang atau Surabaya.

Sementara itu, pengguna twitter ketiga menyesalkan bahwa program mudik gratis dengan kapal perang tidak ada pada tahun lalu. Berikut rute perjalanan mudik gratis dengan kapal perang:

Keberangkatan

Dari Jakarta       
5 April 2024

Semarang           
 6 April 2024

Tiba di Surabaya
7 April 2024

Kembali

Dari Surabaya
13 April 2024

Semarang
14 April 2024

Tiba di Jakarta
15 April 2024

Hotline pendaftaran:

Jakarta: 081804747000 atau 081292183187
Semarang : 088983397807
Surabaya : 085732009976 atau 081333079663

Baca juga: 6 Ide Kegiatan Seru Mengisi Waktu saat Perjalanan Mudik

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Mau Mudik Dengan Kendaraan Pribadi? Perhatikan Persiapan Ini

BERIKUTNYA

3 Langkah yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Magang di Luar Negeri

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: