Masjid-masjid lama adalah salah satu destinasi wisata religi di Yogyakarta (Sumber gambar: pexels/ David McEachan)

5 Destinasi Wisata Religi di Yogyakarta

24 March 2024   |   17:02 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu aktivitas yang kerap menjadi pilihan bagi masyarakat ketika pulang ke kampung halaman adalah berwisata. Selain wisata alam, pilihan yang juga cocok untuk menghabiskan liburan pada saat Lebaran adalah berkunjung ke kampung halaman adalah destinasi wisata religi.

Bagi Genhype yang mudik ke Yogyakarta, kalian dapat menikmati berbagai macam wisata religi yang tidak boleh dilewatkan. Di tempat-tempat tersebut, Genhype dapat menikmati berbagai macam hal, seperti arsitektur bangunan yang masih bertahan.

Tidak hanya itu, Genhype juga dapat menambah pengetahuan mengingat destinasi tersebut biasanya memiliki nilai sejarah yang panjang dan menginspirasi bagi siapa saja.

Baca juga:  5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Lintas Jalur Mudik Selatan Jawa

Destinasi wisata religi yang ada di Yogyakata sangat beragam, dari masjid sampai makam ulama yang telah menyebarkan Islam di kota ini. Berikut tujuan wisata religi tersebut:

1. Masjid Gede Mataram Kotagede

Tujuan wisata religi yang pertama dan wajib masuk dalam daftar liburan Genhype berada di Dusun Sayangan, Desa Jagalan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Provinsi D.I. Yogyakarta, yakni Masjid Gede Mataram Kotagede.

Dalam laman Pemprov Yogyakarta, salah satu cagar budaya ini sudah berusia ratusan tahun. Bangunan yang dibangun pada 1578-1587 ini merupakan saksi bisu perkembangan Islam di Yogyakarta.

Selain memiliki arsitektur yang menawan seperti atap berbentuk tajug, masjid ini juga mempunyai cerita toleransi yang sangat tinggi mengingat pada saat itu pembangunannya melibatkan banyak masyarakat yang masih beragama Hindu dan Budha.

2. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman merupakan tujuan wisata religi lain yang ada di Yogyakarta. Dengan usianya yang telah mencapai ratusan tahun, bangunan ini menyimpan nilai sejarah yang tidak boleh dilewatkan.

Dalam laman resminya, Masjid Gedhe Kauman dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I, Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat, dan Kyai Wiryokusumo-sebagai arsitekturnya.

Pada saat itu, Masjid Gedhe Kauman adalah tempat ibadah bagi keluarga raja dan juga kelengkapan sebagai kerajaan Islam. Bangunan ini terletak di Alun-Alun Keraton, Jl. Kauman, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

3. Masjid Babadan

Saat ke Bantul, Yogyakarta, Gehype juga harus mengunjungi Masjid Babadan. Banguan ibadah umat muslim tersebut adalah salah satu Masjid Pathok Nagoro yang pernah ada pada 1774.

Meskipun yang berdiri sekarang adalah bangunan baru pada 1988, bentuk masjid tersebut meniru bangunan lama. Tempat ibadah yang pada saat ini bernama Masjid Ad-Darojat itu pernah pindah tempat pada saat penjajahan Jepang.

4. Masjid Wonokromo

Sama dengan Masjid Babadan, tempat ibadah umat muslim ini juga merupakan Masjid Pathok Nagoro. Terletak di Desa Wonokromo, Pleret, Bantul, tempat ibadah ini juga memiliki peran sebagai pusat penyebaran agama Islam dan aktivitas keagamaan bagi masyarakat.

Masjid yang pertama kali dibuat dari bambu, anyaman bambu, dan alang-alang itu didirikan oleh Kyai Haji Muhammad Fakih atau yang juga disebut Kyai Welit. Pembangunan itu atas perintah Sultan Hamengku Buwono I.

5. Masjid Mlangi

Masjid Mlangi yang terletak di Sleman, Provinsi D.I. Yogyakarta, juga tidak boleh luput dari Genhype untuk berwisata religi. Masjid yang dikenal dengan sebutan Jami Mlangi ini sudah berdiri sejak 1723.

Pembangunan bangunan ibadah ini merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada kakak Pangeran Mangkubumi atas jasanya menyiarkan agama di daerah tersebut, yakni Kyai Nur Iman.

Genhype yang datang ke tempat ini juga dapat menemukan makam Pangeran Bei dan Pangeran Prabuningrat yang berada di sekitar masjid.

Baca juga:  Cek 5 Situs Warisan Dunia di Arab Saudi Untuk Wisata Religi

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Cara Menyangrai Tepung Terigu Agar Kue Kering Renyah & Tahan Lama

BERIKUTNYA

Mau Mudik Dengan Kendaraan Pribadi? Perhatikan Persiapan Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: