Ilustrasi perjalanan mudik. (Sumber gambar: Unsplash/ Caleb Whiting)

5 Kiat Hilangkan Rasa Kantuk untuk Mudik Aman

20 April 2022   |   18:49 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Setelah diberlakukannya pelonggaran terkait perjalanan jauh, mudik kembali menjadi rutinitas masyarkat kala menyambut Hari Raya Idulfitri setelah dua tahun pembatasan sosial membuat kondisinya tidak mungkin untuk bersilaturahim ke kampung halaman.

Namun, setelah lama tidak melakukan perjalanan jauh, tentu banyak persiapan fisik yang perlu dilakukan termasuk mengatasi rasa kantuk yang dapat membahayakan bahkan berakibat fatal. 

Rasa kantuk ini bisa timbul akibat getaran halus ketika mobil sedang melaju, terlebih jika waktu mengemudi lebih dari 30 menit. Mengutip Carsome, berikut ini kiat untuk menghilangkan rasa kantuk agar tetap aman berkendara.


1. Tidur cukup

Kurangnya waktu tidur tentu berdampak pada aktivitas sehari-hari, termasuk berkendara. Menurut riset AAA Foundation for Traffic Safety, kurangnya tidur saat mengemudikan mobil dapat memunculkan risiko yang sama saat mengemudi dalam keadaan mabuk. Untuk itu, pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup sebelum mengemudi, terutama jika ingin menempuh perjalanan jarak yang jauh.


2. Mendengarkan musik  

Musik dengan irama dan ketukan yang kencang sering kali membuat suasana menjadi lebih ceria dan bahkan membuat kita lebih bersemangat. Jenis musik ini juga dapat membantu kamu mencegah kantuk saat berkendara. Apalagi jika liriknya easy listening dan bisa kamu nyanyikan sepanjang perjalanan.


3. Perhatikan konsumsi makanan dan minuman

Saat berkendara dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi dan tidak makan dengan porsi yang terlalu besar sebelum perjalanan agar terhindar dari rasa kantuk. Selama bulan puasa, bisa dipertimbangkan melakukan perjalanan di pagi hari setelah Subuh.


4. Hindari mengemudi sendirian

Jika ada keluarga atau teman di dalam mobil saat kamu mengemudi, ajaklah mereka berbincang-bincang santai. Dengan begitu, rasa kantuk saat mengemudi akan berangsur-angsur berkurang.


5. Menepi jika mengantuk

Apabila ngantuk tidak tertahankan, ada baiknya kamu menepi sejenak untuk beristirahat. Selain dapat membantu mengembalikan energi dan fokus, beristirahat sejenak dengan memejamkan mata juga dapat menghindarkan kamu dari hal-hal fatal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ini Loh Kelebihan & Kekurangan Kamera Digital

BERIKUTNYA

Siap-Siap, Bakal Banyak Promo di Hari Belanja Brand Lokal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: