Calon penumpang menuju peron (sumber gambar: PT KAI)

Berencana Mudik? Ini Tiket KA Lebaran yang Sudah Bisa Dipesan

31 March 2022   |   21:29 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, bagi kalian yang ingin pulang ke kampung halaman dan merayakan Lebaran bersama orang tua dan keluarga, kini tiket kereta api untuk angkutan Lebaran sudah bisa dipesan. PT KAI menerapkan kebijakan penjualan tiket KA Jarak Jauh mulai H-30 sebelum keberangkatan.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menuturkan, mulai per 1 April 2022, KAI menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan sehingga masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk perjalanan pada 1 April - 16 Mei 2022 dan seterusnya.
 
VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, perubahan dilakukan untuk memberikan ruang bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa angkutan lebaran. 
 
KAI, lanjutnya, menetapkan masa Angkutan Lebaran yaitu H-10 s.d H+10 Lebaran atau pada 22 April-13 Mei 2022. Pada periode tersebut, ujarnya, perusahaan memprogramkan perjalanan KA rata - rata 401 KA per hari dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata per hari sebanyak 216.608 tempat duduk KA Jarak Jauh dan KA Lokal.

"Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100 persen dan untuk KA Lokal yaitu 70 persen," katanya. 
 
KAI telah menjual 155.672 tiket KA Jarak Jauh untuk keberangkatan periode 22 - 30 April atau 15 persen dari total tiket yang disediakan sampai dengan 31 Maret.

KA-KA favorit masyarakat pada periode tersebut yaitu KA Airlangga relasi Pasar Senen - Surabaya Pasarturi pp, Bengawan relasi Pasar Senen - Purwosari pp, Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen - Surabaya Gubeng pp, Taksaka relasi Gambir - Yogyakarta pp, dan lainnya. 

Adapun tanggal keberangkatan favorit masyarakat yaitu 30 April, 29 April, dan 28 April.

"Tiket KA pada masa angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia. Masyarakat dapat segera memesan tiket untuk keberangkatan angkutan lebaran melalui berbagai channel penjualan yang tersedia," katanya. 

Dia menuturkan, perusahaan telah melakukan berbagai kesiapan baik pada sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia dalam rangka persiapan angkutan Lebaran. 

KAI bersama Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan stakeholder lainnya telah melaksanakan kegiatan ramp check atau inspeksi keselamatan Standar Pelayanan Minimum di seluruh wilayah operasi kereta api. Para petugas KAI, ujarnya, juga terus dipersiapkan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api.



Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Ibu Hamil & Menyusui Tetap Bisa Berpuasa, Ini Anjuran Dokter

BERIKUTNYA

7 Tip Menjaga Kesehatan Kulit selama Berpuasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: