Kue kering kerap tersedia di atas meja saat lebaran (Sumber gambar: Pexels/Nicole Michalou)

9 Cara Menyimpan Kue Kering Agar Tidak Melempem

22 March 2024   |   15:33 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kue kering selalu ada di atas meja dalam menyambut Hari Raya Idulfitri. Keberadaannya membuat perayaan hari kemenangan begitu meriah dan nikmat. Namun, tidak jarang camilan itu apek dan lembek lantaran cara penyimpanan yang tidak tepat.

Dengan begitu, Genhype perlu memperhatikan cara menyimpan kue kering agar dapat tetap renyah dan terhindar dari kondisi apek. Kue yang tetap renyah akan membuatnya begitu nikmat ketika masuk ke dalam mulut.

Lebih dari itu, perayaan hari kemenangan setelah berpuasa selama satu bulan juga dapat terasa meriah dengan kehadiran kue kering yang enak dan punya bentuk cantik di atas meja. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah cara menyimpan kue kering agar tidak melempem. 

Baca juga: 7 Cara Menyimpan Kue Kering Tetap Renyah


1. Simpan di tempat kedap udara

Salah satu penyebab kue kering menjadi apek dan melempem adalah udara yang masuk ke dalam tempat penyimpanan. Jadi, pastikan Genhype menyimpannya di tempat yang kedap udara. Saat ini, ada banyak stoples dengan tutupan yang membuat udara di dalamnya kedap. Selain membuat kue kering tetap renyah, penyimpanan yang kedap udara juga akan membuat aroma kue terjaga. 
 

2. Pastikan tempat penyimpanan bersih dan kering

Cara untuk membuat kue kering tidak apek dan melempem lainnya adalah dengan memastikan tempat penyimpanan bersih dan kering. Sifat basah air dan karakter kue kering memungkinkan camilan itu menjadi hancur atau lembek ketika disimpan di tempat basah.

Selain itu, wadah yang tidak bersih juga berpotensi membuat kue bau apek atau berjamur, karena bakteri dan kuman yang bercampur dengan kue. 
 

3. Simpan di kulkas 

Kulkas dapat menjadi pilihan untuk menyimpan kue kering dalam waktu yang lama agar tidak apek dan melempem. Suhu dingin kulkas dapat membuat pertumbuhan bakteri menjadi lambat dan tekstur kue juga jadi renyah ketika dikonsumsi.

Untuk mendapatkan hasil maksimal saat kue disimpan di dalam kulkas, Genhype harus menyimpannya di freezer dan wadah kedap udara. Kalian juga dapat membungkusnya menjadi satu per satu jika ingin dikonsumsi secara berkala. 
 

3. Letakan kue sesuai jenisnya 

Kesalahan banyak orang saat menyimpan kue kering adalah menjadikan satu jenis dengan jenis lain yang berbeda, termasuk kue basah. Langkah ini dapat membuat jenis kering menjadi tidak renyah lagi dan tidak jarang bau apek. Keputusan mencampur kue kering dengan kue basah juga dapat membuat aromanya mengalami perubahan, dan tidak lagi nikmat. 
 

4. Dinginkan sebelum dimasukkan ke wadah

Cara lain yang dapat menjadi pilihan agar kue kering tidak melempem dan bau apek adalah mendinginkannya terlebih dahulu sebelum dimasukkan dalam wadah yang kedap udara. Jadi, kue perlu diangin-anginkan sampai uap panas menghilang.

Kue yang masih panas dan memiliki uap mengepul dapat memicu kemunculan embun di tempat yang kedap udara. Embun itu membuat kue kering yang telah dipanggang menjadi basah. 
 

5. Memanfaatkan silica gel

Genhype juga dapat menggunakan silica gel food grade untuk membuat kue kering tidak melempem dan apek. Silica gel yang terbuat dari batu zeolit dan dikemas dalam kertas semipermeabel dapat menyerap kelembapan suhu di dalam wadah tanpa mengubah kondisi zatnya.

Tidak hanya itu, silica gel food grade juga dapat bermanfaat agar kue dapat lebih awet dan terhindar dari jamur atau bau, sehingga kualitas kue dapat terjaga untuk beberapa waktu. 

Baca juga: Rekomendasi Resep Kue Kering Lebaran, Ada Putri Salju hingga Kue Kacang
 

Ilustrasi menyimpan kue kering (Sumber gambar: Unsplash/Anna Peipina)

Ilustrasi menyimpan kue kering (Sumber gambar: Unsplash/Anna Peipina)

6. Menggunakan kertas roti

Kertas roti dapat menjadi pilihan Genhype untuk membuat kue kering di dalam wadah tidak mudah melempem. Fungsi kertas roti, selain untuk memisahkan kue agar tidak lengket antara satu dengan lain, juga dapat menyerap kelembapan.

Dengan begitu, kue kering tidak mudah melempem dan dapat tetap terasa renyah dalam waktu yang lebih lama. Tak hanya itu, kertas roti juga akan membuat tampilan kue terlihat cantik. 
 

7. Hindari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari langsung terhadap kue kering di dalam stoples adalah sesuatu yang harus dihindari agar camilan itu tidak melempem dan apek. Bukan tanpa alasan, sinar matahari dapat membuat proses oksidasi terjadi lebih cepat. Pastikan juga kue kering berada di tempat dengan suhu ruangan. 
 

8. Jangan letakan kue ber-topping cokelat di dekat kompor

Guna menghindari kondisi melempem, Genhype juga sebaiknya tidak meletakkan kue kering dengan topping cokelat atau isian gula di dekat kompor. Sebab panas kompor dapat membuatnya menjadi meleleh. Dengan begitu, kue yang punya sifat basah dari topping-nya akan leleh dan membuatnya jadi melempem. 
 

9. Pastikan kue matang sempurna 

Agar tidak cepat melempem dan bau apek, kue kering juga harus matang sempurna. Kue yang tidak matang secara utuh akan memiliki tingkat kelembapan yang tinggi, dengan adonan yang masih mentah. Kondisi ini dapat membuatnya menjadi mudah melempem.

Selain itu, bahan air atau basah seperti susu juga sebaiknya tidak terlalu banyak saat membuat adonan kue kering. Kelebihan susu atau air dalam membuat adonan juga berpotensi kue kering cepat melempem.

Baca juga: 3 Resep Kreasi Kue Kering Lebaran Tanpa Oven

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Inspirasi OOTD Hijab Syar'i ala Artis 2024, Tetap Modis & Trendi

BERIKUTNYA

Michael Keaton dan Winona Ryder Bertemu Kembali di Trailer Sekuel Beetlejuice

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: