Ilustrasi kue Lebaran. (Sumber gambar: Pexels/Cottonbro Studio)

7 Cara Menyimpan Kue Kering Tetap Renyah

09 April 2023   |   11:53 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Perayaan Idulfitri kurang lengkap rasanya tanpa menyajikan kue kering yang manis, gurih, renyah di luar, namun lembut di dalam. Nastar, kastangels, hingga semprit bisa menjadi teman teh hangat atau es sirup yang pas untuk menjamu keluarga maupun kerabat pada hari raya.

Mengingat perayaan Lebaran semakin dekat, ini menjadi waktu yang tepat untuk kamu menyiapkan ragam kue untuk disajikan nanti. Buat yang sibuk, kamu bisa mencicil membuat kue kering. Cukup pastikan penyimpanannya dilakukan dengan benar agar kue tidak melempem hingga jamuran.

Baca juga: 3 Resep Kreasi Kue Kering Lebaran Tanpa Oven

Kamu juga perlu mengetahui ciri khas dari kue Lebaran yang akan kamu buat. Nastar termasuk jenis kue kering yang lembab atau tidak garing walaupun telah melalui proses pemanggangan. Hal tersebut karena nastar menggunakan banyak butter dalam pembuatannya. Kue ini hanya bertahan 1-3 bulan saja.

Sementara kastangels, memiliki tekstur yang tetap kering dan renyah. Kue ini bisa bertahan sekitar 1-6 bulan. Buat kamu yang berencana menyiapkan banyak kue kering, simak kiat penyimpanannya agar tetap tahan lama. 


1. Dinginkan Kue

Sebelum menyimpan kue kering ke dalam wadah penyimpanan, kamu wajib mendinginkan kue yang baru saja dipanggang menggunakan oven. Biasanya kue yang baru dipanggang masih lembek dan rentan rusak. 

Dinginkan sampai uap panas di kue menghilang. Jika sudah dingin atau berada pada suhu ruang, susun kue di dalam wadah penyimpanan atau stoples. Uap panas dari kue juga akan membuat suhu di dalam toples menjadi lembap dan kue akan cepat rusak.


2. Pilih Stoples Kedap Udara

Wadah penyimpanan yang memiliki seal atau penutup khusus yang kedap udara akan menjaga kue kering tidak melempem. Seal kedap udara juga menjaga aroma di luar wadah agar tidak mudah masuk ke dalam toples. Dengan demikian, aroma asli kue kering tidak akan bercampur ataupun hilang.

Pilih stoples kue berbahan plastik atau kaca dengan karet pada bagian penutup atau penutup khusus tersebut. Jangan biarkan wadah terbuka terlalu lama dan pastikan benar-benar tertutup rapat jika sedang tidak dimakan.


3. Pastikan Stoples Bersih dan Kering

Selain mendinginkan kue hingga mencapai suhu ruang, kamu juga harus memastikan wadah penyimpanan dalam kondisi bersih dan kering. Bila perlu jemur di bawah sinar matahari setelah dilap dengan kain bersih, jika kamu baru mencuci stoples kue. 

Kondisi toples sangat berpengaruh dalam penyimpanan kue kering. Apabila kamu meletakkan kue kering di dalam wadah yang lembap, kue bukan hanya melempem namun cepat berjamur.
1
2


SEBELUMNYA

5 Tips Tampil Glow Up Saat Lebaran

BERIKUTNYA

Cek Empat Game Gratis dari Epic Games untuk Teman Ngabuburit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: