Mandela Catalogue (Sumber: youtube.com/@AlexxKister)

4 Serial Horor Analog yang Populer di YouTube: Ada Local58 dan The Walten Files

18 March 2024   |   16:09 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Film horor merupakan genre paling dinamis menciptakan terobosan dan menginspirasi para sinefil untuk bereksperimen menciptakan karya berkualitas. Salah satunya adalah ramainya analog horror, sebuah subgenre horor yang menggunakan grafik jadul, pesan subliminal, serta estetika vintage khas teknologi VHS.

Belakangan ini, banyak kanal YouTuber yang mulai memproduksi karya elemen-elemen dari subgenre tersebut, dengan cerita dan gaya produksi yang tidak kalah dengan film layar lebar. Menurut Collider, analog horror adalah subgenre yang diceritakan dalam film pendek dan video di internet, serta mulai merambah media lain seperti  game dan film layar lebar.

Subgenre horor ini memanfaatkan gaya dan estetika media analog kuno, seperti VHS dan kaset. Sebagian besar karya yang menjadi faktor pemicu banyaknya penggemar horor menikmati analog horror adalah kemampuannya untuk mengaburkan batas antara fiksi dan kenyataan.

Baca juga: Review Film Exhuma: Horor Okultisme & Sejarah Traumatis Korea-Jepang

Horor ini mengambil banyak inspirasi dari subgenre horor lainnya, yaitu Found Footage Horror. Salah satu film yang merintis subgenre ini adalah The Blair Witch Project yang dirilis pada 1999. Film Found Footage ini telah meletakkan beberapa fondasi penting yang dapat digunakan untuk produksi film analog horror.

Penggunaan kamera genggam dan improvisasi dari para aktor, alur cerita yang lumayan realistis menjadi beberapa elemen yang digunakan untuk membumbui elemen-elemen ketegangan dari analog horror, yang menciptakan suasana dan gambaran bahwa semua ini terjadi secara nyata. 

Dengan perkembangan komunitas serta karya dari subgenre ini yang kian meningkat, Genhype pasti penasaran dengan pengalaman menonton subgenre horor yang berbeda ini. Oleh karena itu, berikut adalah 4 serial analog horror yang populer di YouTube dan dapat ditonton gratis.


1. Local58


Local 58 adalah kanal YouTube yang menyajikan serial analog horror karya Kris Straub sebagai menjadi pionir dalam genrenya. Dalam serial ini, penonton akan disajikan berbagai cuplikan dari saluran televisi akses publik fiksi yang berlokasi di Mason County, Virginia Barat, bernama Local 58, dengan tanda panggilan WCLV-TV.

Setiap video dalam serial ini menunjukan cuplikan yang ditemukan dengan estetika VHS, Disajikan secara realistis seolah-olah Local 58 adalah saluran televisi nyata. Layaknya saluran televisi lainya, Local 58 mempertontonkan berbagai program acara seperti  laporan cuaca, pertunjukan anak-anak, dan pengumuman layanan masyarakat.

Namun ada beberapa cuplikan yang sangat aneh, seperti rekaman rahasia pemerintahan Amerika Serikat untuk skenario invasi dari negara lain, video menghipnotis serta mengendalikan psikis, hingga rekaman dasbor menunjukkan makhluk misterius. 

Tentunya ini menciptakan berbagai konspirasi di antara para penontonnya tentang apa tujuan dan hubungan dari cuplikan-cuplikan tersebut. Beberapa pengguna berspekulasi bahwa arsip rekaman Local 58 sebenarnya berhasil dibobol dan disebarluaskan ke publik sebagai bukti nyata dunia supranatural.

Adapun dengan berkembangan berbagai spekulasi dan teori bahwa rekaman-rekaman Local 58 sengaja dibeberkan ke publik, kanal ini terus mendapatkan penggemar baru dan semuanya menciptakan teori-teori tersendiri.


2. Mandela Catalogue



Bagaimana rasanya jika kalian melihat sebuah makhluk yang mirip dengan diri kalian? Itulah perasaan horor yang ingin dicapai oleh serial analog horor Mandela Catalogue. Diciptakan oleh Alex Kister, Mandela Catalogue berlatarkan di wilayah fiksi Mandela County, Wisconsin, yang diserang oleh makhluk yang dapat berubah bentuk yang dikenal sebagai Alternate.

Makhluk ini dapat bermutasi untuk menyerupai seorang manusia. Doppelgänger adalah varian yang paling mirip dengan manusia, tapi mereka dapat berevolusi untuk mengubah wajah dan membengkokkan tubuh hingga membuat berbagai penampilan yang menakutkan.

Fenomena dan aktivitas para Alternate dipelajari oleh The United States of Department of Temporal Phenomena, organisasi fiktif yang bertanggung jawab untuk memastikan semua warga Mandela County mengetahui sifat dan cara menangani para Alternate. 

Baca juga: Ini Kata Tia Hasibuan & Joko Anwar Soal Tolok Ukur Baru Genre Horor di Film Siksa Kubur

Organisasi ini memperingatkan masyarakat daerah Mandela dengan merilis beberapa kaset VHS, sehingga mereka dapat belajar bagaimana melawan Alternate, meskipun peluang untuk bertahan hidup dari serangan mereka sangat kecil kemungkinannya.

Ceritanya pun penuh teka-teki. Meskipun terlihat ingin membantu masyarakat Mandela County, otoritas fiksi AS justru melarang polisi, pemadam kebakaran, dan layanan medis untuk membantu orang yang melaporkan pertemuan dengan Alternate.

Hal itu menunjukkan seberapa bahayanya sifat para Alternate dan konsep horor ini yang dapat membuat manusia tidak saling percaya satu sama lain. Selain itu, Mandela Catalogue menghunakkan beberapa elemen simbolisme dan menciptakan teori-teori di antara para penggemarnya.


3. The Walten Files


Terinspirasi dari game horor Five Nights At Freddy's, Waltern Files adalah serial horor analog yang menceritakan suasana gelap di sekitar restoran anak-anak, Bon's Burgers dan perusahaan induknya, Bunny Smiles Inc. Serial ini disajikan dalam bentuk kaset VHS buatan 1970 dan 1980-an, yang berisi aksi live-action dan animasi 2D.

Terdapat beberapa karakter dari restoran Bon's Burgers yang memiliki lima animatronik yaitu, Bon, Sha, Boozoo, Banny, dan Billy yang juga dikenal sebagai Showstoppers. Awalnya mereka terlihat sangat biasa saja. Terkadang terdapat beberapa instansi di mana ada detail yang sekejap menghilang, namun terkait dengan kehilangan Jack Walten, salah satu penemu restoran tersebut. 

Melalui rekaman video-video dalam serial ini, penonton akan pelan-pelan mengetahui kenapa Jack Walten menghilang, serta mengapa dia menjadi salah satu figur penting dalam cerita ini.

Selain itu penonton akan mulai mengetahui sejarah dan rahasia di balik didirikanya Bon's Burgers, sebuah restoran yang seharusnya membawa kebahagiaan bagi pengunjungnya, tapi malah membawa kegelapan. 


4. Gemini Home Entertainment


Gemini Home Entertainment adalah serial horo analog yang diterbitkan di YouTube dan dibuat oleh Remy Abode. Sama seperti horor analog lain, serial ini memiliki estetika VHS, mengusung konsep home entertainment videos, dengan 16 episode dengan format-format berbeda, seperti video instruksional, iklan, dan konten informatif.

Namun setiap episodenya memiliki perspektif yang berbeda, sehingga penonton mendapatkan gambar yang lebih besar terhadap narasi dari serial ini. Gemini Home Entertainment berasal dari realitas paralel, di mana bumi dihadapkan dengan ancaman invasi oleh alien dari planet bernama Iris. 

Baca juga: 5 Fakta The Watchers, Film Horor Terbaru Warner Bros Siap Tayang Juni 2024

Tujuan mereka adalah untuk mengubah bumi agar serupa dengan planet asal mereka. Rekaman yang ada dalam Gemini Home Entertainment adalah bukti bahwa masyarakat yang menonton tidak sendiri dan selalu diawasi.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Begini Cara Transaksi QR Code di Luar Negeri Setelah Integrasi Pembayaran Jepang & Negara Asean

BERIKUTNYA

Tutup Gerai di Amerika sampai Eropa, The Body Shop Tetap Beroperasi di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: